Saturday, 22 Jun 2024

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kol Rebus?

4 minutes reading
Wednesday, 18 Jan 2023 01:55 0 455 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Sayuran kol ini yang terkadang memiliki cita rasa agak manis sehingga banyak orang yang menyukai sayuran yang satu ini bahkan banyak orang yang mengolah sayuran ini untuk olahan masakan, namun apakah bolehkah ibu hamil makan kol rebus? Untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Kol merupakan salah satu jenis sayuran yang termasuk ke dalam genus sayuran Brassica yaitu meliputi kale, kembang kol dan juga brokoli, kol hadir dalam berbagai bentuk dan juga warna seperti warna hijau, putih, merah dan juga ungu.

Sayuran kol ini yang telah di tanam di seluruh dunia sehingga sangat mudah ditemukan baik itu di pasar maupun di penjual sayuran, selain itu juga ternyata sayuran kol memiliki harga yang murah dilengkapi dengan segudang manfaat untuk kesehatan dan bahkan untuk ibu hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kol Rebus?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kol Rebus?

Kehamilan yang merupakan fase yang sangat rentan untuk seorang ibu, dalam masa kehamilan yang biasanya ibu hamil perlu menjauhi beberapa makanan yang tertentu dan juga mematuhi dokter kandungan untuk memakan makanan yang sehat untuk dedek bayi dan ibu hamilnya.

Namun jika lalai dan tidak menghiraukannya maka ini bisa membahayakan dua nyawa sekaligus sehingga dengan begitu perlu diperhatikan, mungkin ada yang bertanya bolehkah ibu hamil makan kol rebus? Jawabannya boleh saja dan aman hal ini karena sayuran kol yang akan akan nutrisi didalamnya dan juga menawarkan manfaat untuk kesehatan.

Selain di rebus sayuran kol juga bisa kamu masak dengan olahan lainnya dan ini lebih aman, daripada dengan memakan kol mentah hal ini dikarenakan untuk meminimalkan risiko keracunan pada makanan.

Untuk ibu hamil dengan mengkonsumsi kol yang terdapat banyak manfaatnya yang bisa kamu rasakan yaitu diantaranya sebagai berikut:

Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Kesehatan Tulang

Dengan memakan kol pada saat hamil yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan juga kesehatan tulang, hal ini dikarenakan kol yang mengandung vitamin C dan vitamin K yang berperan untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga tulang menjadi kuat.

Mencegah Diabetes Gestasional

Kol mengandung serat yang tinggi yang bermanfaat untuk mengelola kadar gula darah dan juga menurunkan  terjadinya resiko diabetes gestasional yang biasanya sering dialami oleh para ibu hamil, sehingga untuk menghindari hal tersebut bisa dengan mengkonsumsi kol dalam menu makan.

Menurunkan Bengkak Kehamilan

Memakan kol yang bermanfaat untuk membantu mengeluarkan kelebihan cairan didalam tubuh dan hal ini yang akan membantu untuk mengurangi pembengkakan selama kehamilan atau setelah kehamilan, untuk caranya yaitu membungkus kol pada bagian yang bengkak dan ganti dengan yang baru dengan mengulangi dua kali dalam sehari yang akan membantu meringankan rasa sakit dan juga ketidaknyamanan.

Baik untuk Sistem Pencernaan

Untuk ibu hamil yang makan kol yang bermanfaat untuk membantu dalam mengatur pergerakan usus dan juga pencernaan hal ini karenakan kol yang mengandung serat makanan dengan jumlah yang cukup tinggi, biasanya masalah umum kehamilan yaitu salah satunya konstipasi dan masalah ini yang bisa diatasi atau diredakan dengan memakan kol.

Mengontrol Tekanan Darah

Sayuran kol yang kaya mineral dan elektrolit seperti kalsium, magnesium, kalium, fosfor  dan zat besi yang memiliki peran penting untuk ibu hamil yaitu membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung tetap normal.

Rendah Kalori

Kol termasuk ke dalam makanan yang rendah kalori yang akan membantu mengatur dan menjaga berat badan selama kehamilan, sehingga dengan memakan sayuran kol ini ibu hamil tidak perlu khawatir dengan berat badan pada saat hamil.

Menurunkan Anemia

Pada saat hamil yang kekurangan zat besi yang bisa mengakibatkan terjadinya risiko anemia, sehingga dengan begitu untuk ibu hamil yang mengkonsumsi kol yang kaya akan zat besi di dalamnya yang akan mengantisipasi dan menurunkan terjadinya resiko anemia pada saat hamil.

Membantu Meningkatkan Kesehatan DNA

Sayuran kol yang merupakan sumber asam folat yang memiliki peran penting untuk membangun DNA bayi dalam kandungan, dengan memakan kol pada saat kehamilan yang akan membantu melindungi bayi tetap sehat dan menurunkan kelainan bawaan seperti cacat tabung saraf.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai bolehkah ibu hamil makan kol rebus yaitu aman dan bisa namun hindari memakan kol yang masih mentah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.