Saturday, 22 Jun 2024

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Buah Pepaya?

3 minutes reading
Sunday, 22 Jan 2023 03:26 0 311 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya sudah tidak asing dengan buah Pepaya dengan memiliki harga yang murah namun kandungan nutrisinya yang penting untuk kesehatan, lalu apakah bolehkah penderita diabetes makan buah Pepaya? Untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Buah Pepaya merupakan salah satu buah buni dengan memiliki kulit yang tipis dan berwarna kuning atau oranye jika sudah matang, untuk rasa, bentuk dan juga ukuran yang bervariasi dan buah Pepaya ini yang berongga pada bagian dalamnya yang berwarna oranye hingga kemerahan.

Dimana buah Pepaya ini yang tergolong ke dalam tanaman buah monokotil yang dimana untuk proses pertumbuhannya yang tanpa cabang, memanjang keatas dengan memiliki mahkota daunnya yang tidak terlalu rimbun.

Sudah banyak orang juga yang mengkonsumsi buah Pepaya ini karena rasanya yang enak dan lezat, namun ternyata jika mengkonsumsi buah Pepaya yang secara rutin bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Hal ini dikarenakan buah Pepaya  yang kaya akan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sehingga membuat banyak manfaatnya untuk kesehatan, lalu bolehkah penderita diabetes makan buah Pepaya?

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Buah Pepaya?

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Buah Pepaya?

Buah Pepaya yang mengandung banyak kandungan nutrisi didalamnya yaitu seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, lemak, protein, kalori, serat, karbohidrat, asam folat, dan juga antioksidan.

Dengan beragam kandungan gizi didalam buah Pepaya yang terdapat banyak manfaatnya yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsinya secara rutin, dan buah Pepaya ini baik dan aman untuk penderita diabetes dengan mengkonsumsi satu cangkir buah Pepaya yang segar mengandung sekitar 11 gram gula dan indeks glikemik sekitar 60.

Walaupun buah Pepaya ini yang rasanya manis namun untuk kandungan gula dan juga indeks glikemik rendah, dimana kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi phyto yang akan membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung untuk penderita diabetes dan juga melindungi pada hati.

Kondisi diabetes sendiri yang merupakan kondisi tubuh yang tidak bisa memproses glukosa di dalam darah, biasanya untuk penderita diabetes dokter yang akan memberikan obat sampai dengan suntikan insulin untuk membantu mengontrol gula darah.

Selain itu juga menyarankan untuk menjaga asupan makanan yang teratur dan terutama makanan yang mengandung gula, hal yang paling menariknya untuk penderita diabetes ini yang bisa mengkonsumsi buah-buahan yang manis namun memiliki kadar gula dan indeks glikemik (GI) yang rendah maksimal sekitar 60.

Buah Pepaya selain baik dan aman dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes namun buah Pepaya juga yang memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan lainnya, diantaranya membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah terjadinya radang sendi, dan mengurangi nyeri haid untuk wanita.

Selain itu juga buah Pepaya yang akan membantu untuk mencegah gejala penuaan, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung, mengurangi stres ,mengurangi penyakit kanker, membantu pencernaan, membuat mata menjadi lebih sehat, dan juga melindungi hati dan indeks glikemik rendah untuk diabetes.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai bolehkah penderita diabetes makan buah Pepaya jawabannya boleh-boleh saja dan ini aman untuk penderita diabetes dan pastikan mengkonsumsinya sesuai porsi yang baik, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.