Thursday, 18 Jul 2024

10 Buah yang Mengandung Asam Folat Terbanyak

6 minutes reading
Saturday, 26 Aug 2023 18:58 0 231 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Dengan mengkonsumsi berbagai buah mengandung asam folat menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai cemilan sehat baik untuk kesehatan, pada artikel kali ini kita akan membahas dengan beberapa buah yang mengandung asam folat terbanyak atau tinggi asam folat didalamnya.

Untuk buah yang mengandung asam folat terbanyak termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh semua orang baik untuk anak kecil hingga orang dewasa dan bahkan termasuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Hal ini dikarenakan dalam masa kehamilan dan juga menyusui kandungan asam folat atau vitamin B9 ini yang memiliki peran penting untuk kesehatan, terutama untuk membantu mencegah risiko terjadinya cacat lahir pada saraf dan juga otak bayi.

Bahkan selain itu juga untuk siapapun yang mengkonsumsi buah yang mengandung asam folat selain ibu hamil dan ibu menyusui yang akan memberikan manfaat, beragam manfaatnya yang bisa didapatkan yaitu seperti:

  • Membantu dalam menjaga fungsi sel dalam tubuh
  • Membentuk sel darah merah dan DNA
  • Mengurangi resiko pikun atau demensia
  • Mencegah penyakit kanker
  • Meningkatkan kesehatan mental, serta
  • Menjaga kesehatan kulit.

Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja buah yang mengandung asam folat terbanyak, untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Buah yang Mengandung Asam Folat Terbanyak

Buah yang Mengandung Asam Folat Terbanyak

Dimana menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) pada tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan RI yang menyatakan bahwa untuk kebutuhan asam folat harian pada setiap orang yang bisa berbeda-beda tergantung dengan usianya yaitu:

  • Bayi yang berusia 0 hingga 11 bulan asupan asam folat sekitar 80 mcg
  • Anak usia 1 hingga 9 bulan sekitar 160 hingga 300 mcg
  • Anak berusia 10 tahun keatas dan orang dewasa sekitar 400 mcg
  • Ibu hamil sekitar 600 mcg
  • Ibu menyusui sekitar 500 mcg

Adapun untuk beberapa buah yang mengandung asam folat terbanyak yaitu sebagai berikut:

Buah Bit

Buah yang Mengandung Asam Folat Terbanyak

Untuk buah yang mengandung asam folat terbanyak yang satu ini lebih identik sebagai salah satu makanan dianjurkan untuk bumil dan busui, karena selain bisa mengurangi gejala morning sickness namun buah Bit juga yang akan membantu mengurangi risiko cacat lahir pada janin.

Selain itu juga buah Bit yang dapat mengontrol tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh, serta melancarkan pencernaan, buah Bit juga yang mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin B, vitamin C, zinc, kalium, fosfor, zat besi dan juga kalsium.

Buah Kiwi

Buah yang Mengandung Asam Folat Terbanyak

Buah Kiwi selain mengandung vitamin C yang tinggi didalamnya namun buah ini juga termasuk ke dalam buah yang mengandung asam folat terbanyak, dimana buah Kiwi yang mampu memenuhi kebutuhan asam folat tubuh sekitar 7%.

Buah Kiwi ini yang bisa dijadikan cemilan sehat di sore hari dengan memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan, selain itu juga buah Kiwi yang bermanfaat untuk janin, dan juga membantu menjaga kondisi tubuh agar tetap prima.

Buah Alpukat

Buah yang Mengandung Asam Folat Terbanyak

Mungkin kebanyakan orang yang mengetahui bahwa buah Alpukat ini memiliki kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi, namun ternyata buah Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung asam folat terbanyak di dalamnya.

Bisa mengkonsumsi buah Alpukat dengan dimakan secara langsung dan bisa juga diolah menjadi hidangan yang lezat seperti puding, jus, avocado toast, dan lainnya, Alpukat tidak hanya tinggi asam folat namun mengandung nutrisi lainnya berupa vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium, lutein, magnesium dan kalsium.

Buah Mangga

Buah Mangga merupakan salah satu buah yang digemari oleh banyak orang dan ternyata buah Mangga juga termasuk ke dalam salah satu buah yang mengandung asam folat terbanyak, buah Mangga yang bisa menjadi alternatif untuk dijadikan cemilan sehat.

Diketahui bahwa dalam satu buah Mangga ini yang memiliki kandungan asam folat sekitar 38%, bahkan selain itu juga buah Mangga yang dikenal sebagai buah yang tinggi akan vitamin C dan buah Mangga yang bermanfaat untuk mencegah anemia yang kerap menyerang ibu hamil.

Buah Strawberry

Buah Strawberry yang memiliki rasa manis dan asam ini yang ternyata termasuk ke dalam salah satu buah yang mengandung asam folat terbanyak, dimana buah Strawberry juga yang menyimpan berbagai manfaat yang sangat penting untuk kesehatan terutama bumil dan busui.

Beragam manfaat tersebut seperti mencegah anemia, mengontrol gula darah, mencegah cacat lahir hingga mencegah dehidrasi, selain itu terdapat nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, serat, zinc, karbohidrat, kalium, fosfor, natrium, kalsium dan magnesium.

Buah Pepaya

Buah Pepaya yang memiliki tekstur lembut dengan memiliki kandungan asam folat yang tinggi didalamnya bahkan selain itu juga terdapat beragam nutrisi lainnya seperti kalium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, karbohidrat, protein, kalsium dan juga magnesium.

Dimana buah Pepaya yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti membantu mencegah sembelit atau konstipasi, membantu mengurangi risiko penyakit jantung, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, dan mendukung perkembangan janin.

Buah Melon

Selanjutnya untuk buah yang mengandung asam folat terbanyak yaitu ada buah Melon dengan memiliki rasa manis dan segar membuat buah ini disukai oleh banyak orang, buah Melon memiliki berbagai manfaat seperti menjaga kadar gula darah, mencegah dehidrasi, melancarkan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh dan masih banyak lagi lainnya.

Buah Melon selain mengandung asam folat yang tinggi namun buah ini juga yang mengandung nutrisi lainnya yang tidak kalah pentingnya seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, protein, fosfor, zinc, kalsium, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium dan juga serat.

Buah Jeruk

Buah Jeruk selain tinggi akan vitamin C namun buah Jeruk juga yang mengandung asam folat yang tinggi dengan memiliki rasa yang segar dan manis, sehingga siapa saja menyukai buah Jeruk yang satu ini yang bisa dikonsumsi dengan cara di buah jus, smoothie atau olahan segar yang lainnya.

Dibalik rasanya yang segar buah Jeruk tidak hanya mengandung asam folat saja namun buah  ini juga yang ternyata mengandung banyak nutrisi lainnya di dalamnya yang tidak kalah pentingnya seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, kalium, protein, karbohidrat, zinc, zat besi, kalsium, magnesium dan juga fosfor.

Buah Pisang

Buah Pisang selain membantu memberikan efek kenyang dengan memiliki rasa yang manis sehingga siapa saja menyukai buah ini, ternyata selain itu juga buah Pisang ini termasuk ke dalam buah yang mengandung asam folat terbanyak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat tersebut seperti menjaga kesehatan jantung, sumber energi, mencegah kerusakan sel tubuh, melancarkan pencernaan dan mengurangi rasa mual, selain mengandung asam folat terdapat juga beberapa nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, karbohidrat, zinc, zat besi, kalsium, serat, natrium, magnesium, fosfor dan kalium.

Buah Tomat

Untuk buah yang mengandung asam folat terbanyak terakhir ada buah Tomat yang cocok dikonsumsi oleh bumil dan busui, dimana buah Tomat ini yang kerap dikira sayuran bermanfaat untuk menjaga ibu serta janin dalam kandungan, mencegah sembelit atau konstipasi pada bumil.

Buah Tomat selain tinggi akan kandungan asam folat didalamnya namun buah Tomat juga yang mengandung berbagai nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, protein, kalium, dan juga serat.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa jenis buah yang mengandung asam folat terbanyak yang dapat kamu ketahui dan bisa dijadikan sebagai cemilan sehat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.