Thursday, 18 Jul 2024

10 Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

6 minutes reading
Friday, 21 Jul 2023 19:20 0 248 Muti Karya

Nesiaverse.com – Jika kamu adalah penderita asam urat, maka kamu harus mengetahui pantangan sayuran yang tidak boleh dimakan. Semua sayuran memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, namun ada beberapa jenis makanan yang harus kamu hindari jika kamu adalah penderita asam urat. Karena tidak semua sayuran dapat dikonsumsi penderita asam urat. Jika salah mengkonsumsinya dapat memicu kambuhnya penyakit asam uratnya.

Asam urat atau gout adalah merupakan kondisi peradangan pada area sendi, hal ini disebabkan karena tingginya kadar asam urat di dalam darah. Sehingga terjadilah penumpukan pada sendi yang dapat memicu timbulnya rasa nyeri berlebihan. Karena asam urat sendiri berkaitan dengan darah, maka kamu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi, salah satunya sayuran.

Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

10 Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Gejala asam urat kerap kali menyiksa penderitanya ketika kambuh. Maka, seperti yang sebelumnya kami bahas bahwa asam urat sendiri berkaitan dengan darah. Dengan demikian kamu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi, salah satunya adalah sayuran. Sebab, ada beberapa jenis sayuran yang pantang dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat karena bisa menyebabkan dampak yang lebih parah lagi. 

Sebelum membahas mengenai jenis sayuran yang tidak boleh dikonsumsi, sebelumnya kamu harus mengenal lebih dekat mengenai asam urat. Bila dilansir dari Mayo Clinic, singkatnya asam urat ini diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin di dalam makanan untuk masuk dan diserap oleh tubuh. Namun, ketika jumlah purin yang masuk terlalu banyak, disini ginjal tidak mampu bekerja secara efektif untuk mengeluarkan jumlah asam urat yang berlebih.

Karena kendala ginjal yang tidak mampu mengeluarkan asam urat, maka terjadilah penumpukan asam urat pada bagian tubuh, umumnya di persendian. Penumpukan asam urat ini akan mengkristal seiring waktu dan menyebabkan peradangan sehingga timbul rasa nyeri yang luar biasa. 

Berikut kamu sudah merangkum beberapa jenis sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat, karena memiliki dampak memperburuk kondisi asam urat dari segi peradangannya.

Kembang Kol

Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Kembang kol adalah sayuran yang memiliki kandungan yang padat akan nutrisi namun memiliki kadar garam dan bebas lemak. Kemang kol sendiri merupakan sumber folat dan vitamin C yang baik untuk tubuh. Meskipun begitu kembang kol masuk daftar sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, apalagi dalam porsi yang besar.

Hal ini dapat memicu jumlah purin yang berlebihan ke dalam tubuh, sehingga ginjal tidak bisa mengeluarkannya, disinilah asam urat akan terjadi. Maka, hindari konsumsi kembang kol dalam jumlah besar dan jagalah tubuhmu dari kambuhnya asam urat yang menimbulkan rasa nyeri. 

Bayam

Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Sayuran hijau satu ini adalah sayuran yang kaya akan vitamin A, vitamin C disertai zat besi, folat dan kadar serat yang sama tingginya. Namun, sayuran sehat ini tidak bisa dikonsumsi penderita asam urat. Hal tersebut dikarenakan bayam memiliki kandungan purin, meskipun dalam jumlah sedang jika dikonsumsi dalam jumlah besar akan memberikan dampak pada penderita asam urat. 

Maka, kamu bisa mengganti konsumsi bayam dengan sayuran lainnya sebagai alternatif, yaitu selada romaine, salad yang bisa digunakan sebagai topping sandwich, karena kedua tidak memiliki kandungan purin seperti bayam. Dengan menghindari konsumsi bayam, kamu akan terhindar dari resiko kambuhnya asam urat.

Kacang Hijau

Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Kacang hijau masuk deretan sayuran yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Hal ini dikarenakan kacang hijau memiliki jumlah purin sedang di dalamnya. Sehingga tidak baik untuk dikonsumsi penderita asam urat. Memiliki kandungan vitamin yang tinggi, kacang hijau memang baik untuk dikonsumsi. Hanya saja jika kamu penderita asam urat sebaiknya menghindari kacang hijau. 

Sebagai alternatif pengganti kacang hijau, kamu bisa mengkonsumsi sayuran lainnya mulai dari mengkonsumsi wortel, zucchini hingga seledri. Mereka memiliki kandungan vitamin, serat dan folat yang sama baiknya, sehingga dapat mengganti posisi kacang hijau untuk kebutuhan dan nutrisi tubuh penderita asam urat. 

Jamur

Jamur merupakan salah satu sayuran yang bisa diolah menjadi sup maupun sebagai topping pizza. Jamur masuk ke golongan sayuran yang memiliki kadar kalori yang rendah, namun kaya akan nutrisi. Nutrisi dalam jamur meliputi niasin, tembaga hingga riboflavin.

Sayangnya, jamur tidak direkomendasikan bagi penderita asam urat, karena mampu memicu peningkatan jumlah purin dalam tubuh yang akan mengancam asam urat kambuh. Kamu dapat mengkonsumsi alternatif dari jamur, yaitu bisa menggantinya dengan paprika. 

Brokoli

Sama dengan bayam, sayuran hijau satu ini tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Pasalnya brokoli memiliki kandungan purin sedang, meskipun dapat dikonsumsi secara amat dengan meminimalkan prosinya. Tapi, alangkah baiknya tetap berhati-hati dan sebaiknya untuk menghindarinya. Meskipun kadar purin di dalamnya kecil, jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan gejala asam urat juga. Maka, sebaiknya hindari saja brokoli, jika kamu masih ragu untuk menjaga porsinya yang sedikit. 

Kacang Polong

Kacang polong masuk ke dalam kelompok yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat. Hal ini dikarenakan kacang polong memiliki kadar purin yang dapat memancing gejala asam urat. Kacang polong bisa dijumpai sebagai bagian dari bahan tumis sayuran.

Jika kamu masih ingin mengkonsumsi kacang polong maka perhatikan jumlah yang bisa kamu konsumsi, iaitu hanya 85 gram saja. Kemudian kamu hanya boleh mengkonsumsinya seminggu sekali. Tentunya kamu tidak bisa menikmatinya dengan baik bukan? maka, lebih baik mencari alternatif seperti mengkonsumsi zucchini maupun wortel. 

Asparagus

Asparagus termasuk makanan yang dapat memicu gejala asam urat. Maka, sayuran satu ini baiknya untuk dihindari dan tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat. Terdapat batasan dalam mengkonsumsi asparagus, sama halnya dengan kacang polong yaitu hanya 85 gram dalam sehari makan. Kamu juga tidak boleh mengkonsumsinya lebih dari 5 kali dalam satu minggu. 

Daripada mengonsumsi makanan yang mengancam gejala asam urat, alangkah baiknya kamu memfokuskan pada makanan yang dapat mengatasi gejala asam urat sehingga dapat meredakan gejala asam urat loh.

Berikut beberapa rekomendasi sayuran yang dapat kamu konsumsi selaku penderita asam urat dengan aman, tanpa takut memicu gejalanya. 

Tomat

Tomat merupakan salah satu sayuran yang memiliki kadar purin yang sangat rendah, sehingga akan aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Kamu juga dapat mengkombinasikan tomat dengan terung untuk dijadikan tumis sayur atau olahan lainnya. Tomat kaya akan vitamin dan mineral, sehingga aman untuk kamu konsumsi juga, karena tidak akan memicu gejala asam urat. 

Kentang

Sayuran yang kaya akan vitamin C ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Hal ini dikarenakan kentang justru dapat mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Sehingga kami merekomendasikan sayuran kentang untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat. 

Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan purin yang paling rendah di antara sayuran lainnya. Dengan kadar purin yang rendah di dalamnya, membuat ubi direkomendasikan sebagai salah satu sayuran yang baik untuk penderita asam urat. Maka, kamu akan aman mengonsumsi sayuran satu ini.

Demikian pembahasan mengenai jenis sayuran yang tidak boleh dimakan bagi penderita asam urat. Dengan menghindari jenis sayuran tersebut, kamu akan terhindar dari gejala asam urat yang menyiksa, karena dapat menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Konsumsilah sayuran yang menjadi alternatif pantangan tersebut untuk mendapatkan nutrisi, vitamin yang bahkan jauh lebih banyak.