Monday, 17 Jun 2024

Cara Diet Untuk Penderita Maag

7 minutes reading
Thursday, 27 Jul 2023 22:15 0 165 Muti Karya

Nesiaverse.com – Siapa bilang penderita maag tidak boleh melakukan diet? karena faktanya ada cara diet khusus untuk penderita maag. Tentunya diet ini sangat sehat dan aman untuk dilakukan penderita maag sekalipun. Bahkan dapat meredakan penyakit maagnya yang kerap kali kambuh. Maka, layak bagi kamu untuk mencobanya. 

Diet merupakan salah satu aktivitas atau kegiatan yang pada dasarnya adalah mengubah pola makan dan jenis menu makanan yang dikonsumsinya. Tujuan utamanya adalah untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, dengan melakukan diet sendiri seseorang dapat mengurangi bobot atau berat badannya. Ada berbagai macam metode diet yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi kesehatan kamu, begitupun bagi penderita maag. Kamu harus memilih pola diet yang tepat.

Cara Diet Untuk Penderita Maag

Cara Diet Untuk Penderita Maag

Setiap orang pastinya menginginkan bentuk badan yang bagus dan berat badan yang ideal. Sehingga tidak jarang dari mereka melakukan berbagai macam diet. Nah, bagi para penderita maag atau penyakit gastritis banyak yang merasa ragu untuk melakukan program diet. Hal ini karena adanya ketakutan yang justru dapat memicu potensi gejala asam lambung menjadi kambuh atau bahkan memperburuk penyakitnya tersebut. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena diet bukanlah berhenti makan, kamu hanya perlu mengubah pola makan mulai dari jam, porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi. Tujuan utama dalam melakukan diet adalah untuk kesehatan, turun berat badan merupakan salah satu tujuan lainnya. 

Maka, usahakan bagi penderita maag tidak melakukan diet dengan sembarangan metode. Pahami kondisi tubuh terlebih dahulu. Maag bisa kambuh karena berbagai macam faktor, namun faktor pemicu yang sering kali terjadi adalah jawal makan yang tidak beraturan dan telat, jenis makanan yang menjadi pantangan penderita maag. 

Dengan mengetahui pemicunya, maka kamu bisa menarik kesimpulan, bahwa bagi penderita maag, melakukan diet justru menjadi peluang untuk mengatur pola dan jam makan yang lebih baik. Bahkan jika dilakukan dengan baik selain kesehatan tubuh yang meningkat, kamu akan mendapatkan berat badan yang turun juga. Maka, kamu tidak perlu ragu, cukup perhatikan beberapa hal dan tips yang akan kami bahas. 

Berikut beberapa cara diet untuk penderita maag beserta tipsnya yang sudah kamu rangkum.

Ubah Jam Makan, Makanlah Dengan Jadwal Yang Teratur

Tips dan cara pertama yang bisa kamu lakukan selaku penderita maag yang akan melakukan program diet adalah mengatur jadwal makan. Jadwal makan yang teratur akan membantu lambung untuk menyesuaikan diri, sehingga dapat mengantisipasi kapan tubuh akan mendapatkan makanan. Sehingga dengan begitu asam lambung akan dikeluarkan pada waktu yang tepat dengan jadwal makan. 

Kebiasan makan tepat waktu ini sangat baik bagi kesehatan lambung, maka kamu layak mencoba program diet untuk mengobati sakit maag kamu. Dengan jadwal yang teratur kamu akan menjalani pola hidup yang lebih baik, sehingga nutrisi harian akan terpenuhi juga. Makanlah sesuai jadwal dan jam yang sudah ditentukan. 

Melakukan Prinsip Small Frequent Feeding

Small Frequent Feeding merupakan prinsip dimana seseorang dapat mengkonsumsi makanan dalam jumlah kecil namun frekuensinya yang sering. Dengan melakukan prinsip Small Frequent Feeding ini, nantinya tdiak akan terjadi gejala asam lambung yang berlebihans ebagi pemicu maag. 

Frekuensi makanans eseornagd alam 1 hari adalah 3 kali makan besar disertai 2 kali selingan seperti camilan. Namun, jika memang niat awal kamu diet untuk menurunkan berat badan maka kamu harus memperhatikan jumlah kalori saja, jangan memotong frekuensi makannya. 

Jumlah kalori harian kamu cukup dikurangi, sehingga kamu tidak mengkonsumsi kalori harian secara berlebihan. Selain itu akan terjadi pembakaran kalori dalam tubuh yang membuat berat badan kamu akan turun juga. Dalam melakukan program diet kamu harus memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. 

Hindari Konsumsi Makanan Yang Bersifat Asam

Karena kamu adalah penderita maag, makan makanan yang bersifat asam merupakan musuh utama kamu. Makanan yang bersifat asam ini dapat memicu asam lambung naik, sehingga terjadilah maag. Bahkan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan iritasi atau peradangan pada lambung.

Kamu harus menghindari buah-buahan citrus, misalnya nanas, jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali. Buah-buahan tersebut akan memicu asam lambung dan maag kamu naik dengan cepat. Sehingga nantinya program diet kamu terancam gagal. Jadi, berhati-hatilah dalam mengonsumsi makanan, baik makanan berat maupun camilan semasa diet. 

Hindari Pantangan Penderita Maag

Salah satu penyebab maag kambuh sebagian besar karena makanan yang dikonsumsi. Selain makanan yang bersifat asam, kamu juga harus menghindari pantangan makanan bagi penderita maag. Misalnya, coklat, makanan pedas dan makanan berminyak. Jenis makanan tersebut harus kamu hindari.

Selain itu, bagi penderita maag kamu dilarang mengkonsumsi makanan yang dapat memproduksi gas pada tubuh, misalnya kubis, nangka, kol dan sawi. Hal ini dapat memicu asam lambung kamu naik dan menimbulkan berbagai gejala yang tidak mengenakkan lainnya. Kemudian perhatikanlah jumlahnya atau porsi makanan kamu, sehingga tidak akan menimbulkan gejala maag. 

Konsumsi Makanan Rendah Lemak

Saat menjalani diet, penderita maag dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang rendah lemak. Dengan begitu akan membantu lambung bekerja dengan baik selama program diet. Kamu bisa mendapatkan asupan makanan rendah lemak dengan mengkonsumsi daging ayam. Namun, daging yang bisa kamu konsumsi adalah bagian dada dan tanpa kulit.

Selain itu, kamu juga dapat mengkonsumsi ikan selain rendah lemak ikan juga memiliki kandungan omega 3 bagi kebutuhan nutrisi kamu. Dalam mengonsumsi makanan selama diet, perhatikanlah cara pengolahan menunya, pastikan cara pengolahannya dilakukan dengan sehat, seperti dipanggang, dikukus atau ditumis. 

Hindari Minuman Berkafein

Kopi merupakan minuman yang dianggap dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, bagi kamu penderita maag, kopi harus kamu hindari. Hal ini dikarenakan kopi memiliki kandungan kafein di dalamnya. Yang mana dapat memicu maag kamu kambuh. Meskipun kopi dapat mendukung penurunan berat badan kamu dengan singkat.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa mengkonsumsi teh hijau. Teh hijau memiliki sifat anti inflamasi sehingga akan menghindari lambung dari peradangan dan iritasi. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan baik. Maka, kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi teh hijau dibandingkan dengan minuman berkafein.

Minuman Beralkohol

Salah satu jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi bagi penderita maag adalah minuman beralkohol. Minuman beralkohol hanya akan memicu asam lambung naik, dan mampu memperburuk kondisi kamu. Hindarilah minuman keras ini, alih-alih mengonsumsi minuman beralkohol kamu dianjurkan untuk memenuhi cairan dari air putih sebanyak 2 liter per harinya. Air putih sangat aman dikonsumsi, selain itu dapat membantu menurunkan berat badan juga. 

Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Dalam melakukan program diet, kamu dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, khususnya bagi kamu penderita maag. Hal ini dikarenakan kandungan serat dapat membantu untuk mengurangi gejala yang memicu kambuhnya maag. Selain itu dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat kamu akan mengalami efek kenyang lebih lama. 

Sehingga mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat dapat membantu program diet kamu. Makanan berserat bisa kamu dapatkan dari berbagai macam jenis makanan, tidak selalu sayuran saja. Kamu bisa mengkonsumsi oatmeal, buah-buahan, kacang-kacangan dan roti gandum. Konsumsilah makanan tersebut dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan yah. 

Hindari Aktivitas Merokok

Rokok merupakan salah satu pemicu maag kambuh, hal ini dikarenakan rokok akan memicu produksi asam dan gas berlebih dalam lambung, maka kamu harus berhenti dan mengkonsumsi rokok. Selain memperburuk kondisi paru-paru, mengkonsumsi rokok dapat memicu gejala maag bahkan dapat membawa kamu mengalami komplikasi yang kronis. 

Berolahraga Dengan Rutin

Olahraga merupakan salah satu kunci diet yang sehat. Dengan melakukan olahraga secara rutin, hal ini akan mendukung program diet kamu dengan baik. Kamu bisa melakukan olahraga ringan dirumah, seperti aerobik, senam atau kegiatan olahraga seperti yoga dan lainnya. Frekuensi olahraga yang baik adalah minimal 3 kali dalam seminggu. Minimal kamu berolahraga selama 1 jam sehari. 

Olahraga ketika menjalani program diet sangatlah baik dilakukan, karena badan akan terasa lebih bugar. Pembakaran kalori juga akan terjadi ketika kamu berolahraga, dengan demikian program diet kamu akan berjalan dengan lancar. Selain kesehatan kamu akan mendapatkan penurunan berat badan secara spesifik. 

Itulah beberapa cara dan tips dalam melakukan program diet untuk penderita maag. Sehingga kamu tidak hanya mendapatkan berat badan yang berkurang, namun kamu juga dapat memulai pola hidup yang baik, yang dapat meredakan gejala maag kamu. Bahkan dalam beberapa kasus dapat mengobati maag dan gejalanya di masa yang mendatang.