Monday, 17 Jun 2024

Cara Makan Buah Alpukat yang Benar

5 minutes reading
Monday, 12 Dec 2022 22:12 0 378 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Alpukat yang menjadi salah satu buah yang sangat populer dengan memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan, untuk bisa mendapatkan manfaat dari buah ini tentu saja kamu perlu mengetahui dengan cara makan buah Alpukat yang benar.

Alpukat atau Persea Americana ini yang merupakan buah lokal yang telah dikembangkan di Indonesia dengan memiliki kandungan lemak yang tinggi di dalamnya yaitu sekitar 20 kali lebih tinggi, dimana buah ini yang dikenalkan ke Indonesia yaitu tahun 1920 – 1930 oleh Hindia Belanda.

Belanda pada saat ini membawa buah Alpukat ke Indonesia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan lemak masyarakat yang berada atau tinggal di pegunungan, dimana buah Alpukat ini yang termasuk ke dalam jenis buah yang banyak digemari oleh banyak orang karena memiliki perpaduan antara rasa dan juga nutrisinya.

Dimana buah ini yang tidak hanya mempunyai kandungan lemak yang sangat baik untuk tubuh namun buah Alpukat juga yang mempunyai kandungan vitamin lainnya yang sangat bermanfaat, yaitu vitamin E, vitamin B5, vitamin B6  dan juga vitamin K.

Untuk bisa mendapatkan semua manfaat di dalam buah Alpukat secara maksimal maka kamu perlu mengetahui cara makan buah Alpukat yang benar, nah untuk mengetahui hal tersebut kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Cara Makan Buah Alpukat yang Benar

Cara Makan Buah Alpukat yang Benar

Sebenarnya untuk cara makan buah Alpukat yang benar agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal kamu bisa dengan mengkonsumsinya secara langsung tanpa tambahan bahan lainnya seperti gula atau susu, namun jika kurang suka maka kamu bisa dengan menambahkan madu untuk menambah rasanya.

Tetapi selain itu juga terdapat beberapa cara makan buah Alpukat yang benar yang lainnya yang dapat kamu coba lakukan, namun sebelum ke makan buah Alpukat ini tentu saja kamu harus memilih buah Alpukat yang tepat yaitu yang matang tidak busuk dan juga tidak yang dikarbit yang dipaksa untuk matang.

Setelah kamu memilih buah Alpukat yang bagus dan tepat maka untuk cara makan buah Alpukat yang benar yaitu mengkonsumsi buah Alpukat tanpa ada bagian buah yang terbuang dengan tahap yang sesuai dengan aturan yang telah berlaku.

Ternyata masih banyak masyarakat yang masih awam belum mengetahui dan memahami dengan cara makan buah Alpukat yang benar, sehingga pada saat dikonsumsi ternyata buah Alpukat ini yang memiliki cita rasanya yang menjadi kurang.

Terdapat tiga cara yang bisa kamu coba untuk menghasilkan cita rasa Alpukat yang enak tanpa adanya rasa pahit atau menyebabkan mual pada akhir makan, untuk berikut caranya.

Jus Alpukat

Cara makan buah Alpukat yang benar yang pertama yaitu diolah menjadi minuman jus yang bermanfaat untuk membantu dalam menjaga dan juga memelihara kesehatan pada tubuh, pastikan memilih buah Alpukat yang sudah matang dengan memiliki ciri-ciri warna kulit yang kehitaman dan pada saat digoyangkan akan terasa biji nya yang tidak menyatu dengan kulit.

Adapun untuk cara membuatnya yaitu:

  • Terlebih dahulu cuci buah Alpukat dengan menggunakan air mengalir hingga bersih.
  • Kemudian keringkan tangan dan potong buah Alpukat menjadi dua bagian.
  • Buang biji Alpukat dan ambil daging buah Alpukat secara perlahan dan tidak sampai pada daging yang terdekat dengan kulit untuk menghindari rasa pahit.
  • Kemudian taburi buah Alpukat dengan garam sedikit lalu haluskan menggunakan bahu sendok beberapa kali.
  • Kemudian masukkan ke dalam blender dan tambah susu bubuk secukupnya bisa satu sendok makan, pastikan bukan susu kental manis.
  • Lalu blender hingga halus.
  • Jika sudah halus bisa memindahkan jus Alpukat ke dalam gelas.
  • Untuk menambahkan cita rasa agar menjadi segar bisa dengan menambahkan beberapa tetes air perasan lemon atau madu.

Dijadikan Es Campur atau Sop Buah

Salah satu cara makan buah Alpukat yang benar dan tepat yaitu dengan dijadikan es campur atau sop buah, hal ini menjadi salah satu olahan yang banyak disukai oleh semua kalangan dengan memiliki cita rasa yang lezat dan tentunya bisa bikin kenyang.

Adapun untuk caranya yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu silahkan cuci buah Alpukat dengan menggunakan air mengalir sampai bersih.
  • Lalu potong buah Alpukat menjadi dua bagian.
  • Kemudian keruk daging buah Alpukat dengan menggunakan sendok yang khusus dengan bentuk yang berbeda atau menggunakan sendok biasa sesuai dengan selera.
  • Kemudian letakan kerokan isi buah ALpukat ke dalam mangkuk,
  • Lalu tambahkan es batu lalu siram dengan air matang dan siram sedikit santan kental dan tambahkan madu atau gula merah yang telah dihaluskan dan yang diambil sarinya.
  • Disarankan tidak menambahkan susu kental manis dan juga menggunakan gula pasir, karena kedua bahan ini yang bisa mengurangi atau merusak manfaat dari nutrisi yang terdapat di dalam buah Alpukat.
  • Tambah juga rumput laut dan juga menambahkan buah yang lainnya seperti buah strawberry, pepaya dan juga nangka yang akan menambahkan cita rasa lebih bernutrisi, segar dan juga lezat.
  • Siap disajikan.

Dibuat Menyerupai Bubur

Untuk cara makan buah Alpukat yang benar yang terakhir yaitu dijadikan sebagai salah satu makan yang menyerupai bubur dengan menambahkan sedikit bahan alami yang lainnya, hal ini bertujuan agar meningkatkan cita rasanya yang semakin enak.

Untuk cara makan buah Alpukat dengan menggunakan cara ini yang bisa dikatakan salah satu cara yang paling sederhana, caranya sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu cuci buah Alpukat hingga bersih.
  • Lalu potong buah Alpukat menjadi dua bagian.
  • Lalu ambil daging buah Alpukat dengan menggunakan sendok secara perlahan dan masukkan kedalam mangkuk atau gelas.
  • Kemudian masukkan atau taburi dengan madu murni secukupnya atau bisa juga dengan menambahkan susu bubuk atau sesuai selera.
  • Lumatkan semua bahan dengan menggunakan punggung sendok.
  • Jika sudah lembut sudah siap disajikan, dan makanan ini bisa diberikan untuk balita dengan porsi secukupnya.
  • Sedangkan untuk dewasa makanan ini bisa disimpan ke dalam lemari es terlebih dahulu sekitar 10 sampai 15 menit, dengan makanan ini dalam keadaan dingin yang akan menambah cita rasa dan juga mudah mengenyangkan.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara makan buah Alpukat yang benar yang dapat kamu coba dan lakukan dengan mudah di rumah dan pastikan untuk tidak menggunakan susu kental manis, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.