Monday, 17 Jun 2024

Cara Makan Buah Untuk Diet

6 minutes reading
Sunday, 20 Aug 2023 18:48 0 169 Muti Karya

Nesiaverse.com – Buah memang menjadi salah satu sumber makanan yang baik untuk diet, namun kamu harus mengetahui aturan makan yang benar. Sebagai salah satu asupan yang bagus bagi tubuh, buah kaya akan gizi dan vitamin hingga serat di dalamnya. Selain itu manfaat yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan adalah yang diincar oleh para pelaku diet. 

Untuk mendapatkan manfaat penurunan berat badan dengan mengkonsumsi buah, kamu harus memperhatikan aturan dan tata cara mengkonsumsi buah yang baik dan benar. Hal ini terkait dengan kandungan beberapa jenis buah, diantaranya ada kalori, setara serta glukosa di dalamnya. Jika dikonsumsi dengan cara yang sembarangan justru akan berbahaya. 

Cara Makan Buah Untuk Diet

Cara Makan Buah Untuk Diet

Buah- buahan memiliki banyak manfaat yang mampu menyehatkan tubuh, selain itu dapat membantu proses penurunan berat badan juga. Namun, ketika kamu sedang menjalani program diet, terdapat aturan mengkonsumsi buah untuk diet. Pada prosesnya sendiri kamu harus mengkonsumsinya secara tepat. Sehingga tidak akan berpengaruh pada kesehatan tubuh dan kamu harus memastikannya secara menyeluruh. 

Buah-buahan memang memberikan efek yang baik bagi tubuh berupa manfaat kesehatan. Namun jika mengkonsumsinya sembarangan justru dapat membuat program diet kamu gagal atau meningkatkan berat badan kamu dalam waktu yang singkat. Sehingga cara mengkonsumsi yang salah bisa menjadi boomerang bagi kamu yang tengah menjalani program diet. 

Diet buah merupakan salah satu trend yang sedang digemari saat ini, khususnya bagi seseorang yang tengah menjalani hidup vegan. Diet buah sendiri menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk kamu yang memiliki masalah berat badan berlebih hingga obesitas. Mengkonsumsi buah akan membuat kamu fokus lebih banyak dengan buah-buahan segar. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan dan nutrisi tubuh melalui makanan sehat. 

Tidak ada batasan buah yang harus dikonsumsi, namun kamu harus lebih selektif dalam memilih jenis buah-buahan yang kaya akan serat. Karena serat akan memberikan efek kenyang lebih lama sehingga kamu akan terhindar dari konsumsi makanan berat secara berlebihan. Kamu dapat mengkonsumsi buah alpukat, buah pisang, buah apel juga. Selain itu konsumsilah buah yang memiliki kadar gula yang rendah di dalamnya. 

Berikut beberapa buah yang cocok dikonsumsi untuk diet dna aturan makan yang tepat ketika kamu menjalani program penurunan berat badan. 

Jeruk Bali

Jeruk bali merupakan salah satu jenis buah-buahan yang berasal dari persilangan pamelo dan jeruk. Jeruk bali sendiri baik untuk kamu konsumsi selama masa diet untuk membantu penurunan berat badan. Dalam setengah jeruk bali terdapat kandungan kalori sebanyak 39 kkal. Namun didalamnya memiliki kandungan 65% dari asupan harian referensi atau RDI untuk vitamin C juga. 

Jeruk bali memiliki indeks glikemik emil atau GI yang sangat rendah, yang mana dapat melepaskan gula ke dalam aliran darah secara lambat. Selain itu jika kamu mengkonsumsinya secara langsung, jeruk bali bisa dijadikan salad atau hidangan menyegarkan lainnya. 

Dalam sebuah penelitian, terdapat 85 orang yang memiliki berat badan berlebih , semuanya mengonsumsi jeruk bali dalam berbagai olahan diantaranya jus jeruk bali tanpa gula. Mereka mengkonsumsinya sebelum menyantap makanan berat selama 12 minggu. Dan hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa mengkonsumsi jeruk bali ini dapat membantu menurunkan berat badan hingga 7,1% dari berat badan. Kamu dapat mengkonsumsinya dengan aturan mengolahnya tanpa gula dan jumlah yang dikonsumsi tidak melebihi jumlah nutrisi harian dan kalori harian. 

Apel

Berikutnya ada buah apel yang memiliki kandungan kalori yang sangat rendah namun disertai serat yang sangat tinggi di dalamnya. Dalam satu buah apel setara dengan 223 gram yang mana didalamnya terdapat 116 kalori dan kandungan serat sebanyak 5,4 gram. Para peneliti juga membuktikan bahwa buah satu ini sangat cocok dikonsumsi saat kamu menjalani program diet apapun. 

Karena dengan mengkonsumsi buah apel kamu akan merasa kenyang lebih lama. Dalam sebuah penelitian ditemukan terdapat 3 orang wanita yang mengkonsumsi buah apel, pir dan kue gandum. Ketiganya memiliki nilai kalori yang sama per harinya selama 10 minggu. Wanita yang mengonsumsi apel ini berhasil kehilangan 2 pon atau setara dengan 0,91 kg. Wanita yang mengonsumsi buah pir, mengalami turun berat badan hingga 1,6 pon atau setara dengan 0,84 kg. Sementara wanita yang mengonsumsi kue gandum tidak mengalami penurunan berat badan sama sekali. 

Sehingga dalam penelitian ini terbukti bahwa buah apel sangat cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Aturannya sama dengan mengkonsumsi buah jeruk bali. Kamu dapat mengkonsumsi 1 buah apel di pagi hari dan malam hari 1 buah. Tidak mengubahnya dalam bentuk jus atau olahan lainnya, namun memakannya secara alami saja. 

Beri

Berikutnya adalah buah beri yang bermanfaat untuk meningkatkan tenaga dan memiliki jumlah nutrisi tinggi namun rendah kalori. Kamu dapat mengonsumsi 74 gram buah beri atau jus beri sekitar setengah gelas setiap harinya. Dalam ukuran tersebut buah beri hanya memiliki kandungan 42 kalori dan 12 % RDI di dalamnya sama dengan vitamin C. Sementara untuk vitamin K sebanyak 18%. 

Buah stroberi termasuk kelas beri, hanya saja memiliki jumlah kalori yang lebih sedikit, yaitu 50 kalori dari 152 gram stroberi atau setara dengan satu cangkir. Kamu akan mendapatkan 150% RDI dan vitamin C, sementara 30% untuk kandungan mineral di dalamnya. 

Buah beri memiliki manfaat untuk membuat seseorang kenyang lebih lama. Dalam sebuah penelitian juga ditemukan bahwa terdapat fakta jika buah beri dijadikan cemilan maka ia akan makan lebih lama dalam waktu tertentu. Kamu dapat mengkonsumsinya dengan cara mengolahnya sebagai cemilan, dicampur smoothies hingga dimasukan ke salad buah. 

Markisa

Markisa merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari amerika selatan. Buah satu ini memiliki kulit luar yang keras dengan warna ungu maupun kuning. Buah markisa cocok dikonsumsi untuk mendukung program diet kamu. Pasalnya buah markisa memiliki kandungan yang baik buat program diet kamu, selain kaya serat kandungan vitamin A, vitamin C serta zat besi dan potasium dibutuhkan oleh tubuh. 

Biji markisa juga memiliki kandungan piceatannol yang cocok untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem insulin pada seseorang yang memiliki kelebihan berat badan. Kamu bisa mengkonsumsinya sebagai makanan penutup, konsumsilah 1 hingga 2 buah setiap harinya. 

Melon

Terakhir ada buah melon, yang mana buah satu ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Karenanya buah melon cocok untuk menemani program diet kamu. Buah melon juga memiliki jumlah kalori 61 kkal dalam 160 gram buah melon. Sifatnya yang kaya akan potasium disertai vitamin C dan beta karoten cocok untuk menutrisi tubuh dan membantu diet kamu. Kamu harus membatasi konsumsi buah melon per harinya. Sehingga tidak mengkonsumsi lebih daripada jumlah kalori dan nutrisi harian kamu. 

Itulah cara makan buah untuk diet, kamu dianjurkan untuk mengkonsumsinya dalam bentuk alami dan menghindari konsumsi buah bersamaan gula dan perasa lainnya. Sehingga nutrisi dan vitamin yang kamu dapatkan bernilai utuh bagi tubuh.