Saturday, 22 Jun 2024

Cara Makan Terong Belanda Yang Benar dan Enak

3 minutes reading
Monday, 21 Nov 2022 18:08 0 915 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Terong Belanda yang kaya akan manfaat didalamnya yang sehat untuk kesehatan tubuh,dan mungkin untuk kamu yang ingin mencoba mengkonsumsinya maka kamu bisa dengan mengetahui beberapa cara makan Terong Belanda yang dapat dicoba.

Terong Belanda atau Solanum betaceum ini merupakan salah satu jenis tanaman anggota terung-terungan yang berasal dari Amerika Amerika Selatan, dimana untuk Terong Belanda ini yang memiliki rasa yang manis dan asam dengan memiliki warna kulit oranye hingga dengan merah yang kecoklatan jika sudah matang.

Cara Makan Terong Belanda Yang Benar dan Enak

Cara Makan Terong Belanda Yang Benar dan Enak

Dengan memiliki warna kulit yang oranye hingga merah yang dikarenakan buah ini yang mengandung senyawa antosianin yaitu berperan sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas yang masuk di dalam tubuh, dengan memiliki kandungan gizi dalam 100 gram terong belanda yaitu:

  • 1,32 – 1, 48 gram vitamin A
  • 19,7 – 57, 8 gram vitamin C
  • 1,4 – 6 gram serat
  • 0,4 – 0,9 gram zat besi
  • 81 – 87 gram air
  • 3,9 – 11,3 gram kalsium
  • 0,05 – 1, 28 gram lemak
  • 1,5 – 2, 5 gram protein

Kandungan gizi di dalam buah Terong Belanda ini yaitu diantaranya ada vitamin A (Beta karoten) dengan antioksidan yang dapat memelihara kesehatan mata, mineral kalium yang dapat memelihara kesehatan jantung dan tulang, untuk vitamin C (Asam Askorbat) yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Adapun untuk cara makan Terong Belanda yang bisa kamu coba diantaranya sebagai berikut:

Menjadi Smoothie

Cara makan Terong Belanda yaitu dengan menjadikan smoothie dan cara yang satu ini yang lebih simple dan tentunya menyehatkan untuk tubuh, dimana kamu bisa dengan mencampurkannya dengan buah yang lainnya da ditambah dengan madu, yoghurt dan juga es saat diblender agar lebih segar.

Menjadi Topping Yoghurt

Cara makan Terong Belanda yang selanjutnya yaitu dengan dijadikan sebagai topping yoghurt dimana untuk cara ini yang xukup tricky namun worth the risk, dimana Terong Belanda yang memiliki rasa yang asam maka bisa dipanggang dengan madu agar memiliki rasa yang variatif sebelum dijadikan topping yoghurt.

Menjadi Chutney Terong Belanda

Untuk makanan chutney sendiri yang merupakan makanan berasal dari India dimana makanan ini yang mirip dengan sambal peda yang terbuat dari buah-buahan, cara makan Terong Belanda kamu bisa dengan membuat chutney Terong Belanda yang akan memberikan cita rasa yang sangat khas dan kamu bisa menyajikan chutney ini dengan roti maryam atau roti canai.

Menjadi Isian Sandwich

Kamu bisa menjadikan Terong Belanda ini menjadi salah satu isian dari sandwich dengan memiliki rasa yang sedikit asam sehingga dapat memberikan rasa yang segar pada sandwich tersebut, dan cara makan Terong Belanda ini sangat cocok untuk kamu yang bosan dengan topping sandwich yang hanya itu-itu saja.

Dijadikan Bolu Terong Belanda

Dijadikan sebagai bolu Terong Belanda ini yang menjadi salah satu alternatif untuk kamu yang bosan dengan membuat bolu yang rasanya hanya itu-itu saja, dimana untuk cara membuatnya yang hampir mirip dengan cara membuat banana cake atau carrot cake.

Menjadi Fruit Tart

Cara makan Terong Belanda yaitu dengan dibuat menjadi fruit tart yang cenderung rasa asam yang berkurang dan sangat cocok menjadi salah satu bahan kue yang dapat menambahkan kaya rasa pada kue, dan cara ini bisa dicoba untuk kamu yang tidak terlalu suka dengan rasa asam dengan rasa manis dari kue tersebut yang berpadu sempurna dengan rasa buah Terong Belanda.

Puding Terong Belanda

Cara makan Terong Belanda yaitu menjadikannya sebagai olahan hidangan penutup yaitu dengan dijadikan puding Terong Belanda, dimana hidangan ini yang sangat cocok untuk kamu yang suka dengan rasa manis dan asam sehingga membuat rasa hidangan yang sangat menggugah selera.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara makan Terong Belanda yang bisa kamu coba dibuat dirumah dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.