Thursday, 18 Jul 2024

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin Motor Kasar Saat di Gas

5 minutes reading
Monday, 21 Nov 2022 15:43 0 338 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Dimana pada saat kita menggunakan motor namun merasa tidak nyaman dengan suara mesin motor yang dihasilkannya yang kasar, jika kamu salah satu orang yang sedang mengalami hal tersebut maka kamu bisa dengan menggunakan cara mengatasi suara mesin motor kasar saat di gas.

Motor yang merupakan salah satu kendaraan yang memiliki fungsi yang sangat penting dimana bisa dijadikan sebagai kendaraan pribadi untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, sehingga tidak heran dimana hampir semua orang sudah mempunyai motor.

Agar motor tersebut yang bekerja dengan baik dan optimal sehingga pada setiap pemiliknya yang harus merawat motor tersebut dengan baik, hal ini bertujuan agar motor dapat digunakan lebih awet dan tahan lama.

Namun jika tidak dirawat dengan baik motor tersebut dimana nantinya kemungkinan yang akan terjadi berbagai masalah pada sistem motor tersebut, satu persatu masalah akan bermunculan salah satu masalahnya yaitu suara mesin motor kasar saat di gas dan ini akan mempengaruhi performa  pada motor tersebut.

Dimana untuk suara mesin motor pada saat digunakan terdengar kasar pada saat digas tentu saja hal ini kurang nyaman didengar, jika hal ini  terjadi tentu saja tidak lain hal ini yang menandakan jika terdapat sesuatu komponen ada yang salah pada motor tersebut.

Jika hal ini tidak segera diatasi tentu saja dikhawatirkan jika kerusakan pada motor yang semakin parah, sehingga dengan begitu untuk kamu yang mengalami hal tersebut yang perlu langsung mengatasinya agar motor dapat bekerja dengan optimal.

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin Motor Kasar Saat di Gas

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin Motor Kasar Saat di Gas

Adapun untuk cara mengatasi suara mesin motor kasar saat di gas kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sehingga dengan begitu bisa mengetahui cara mengatasinya, dengan begitu berikut beberapa penyebabnya yang mungkin kamu bisa coba lakukan yaitu sebagai berikut

Oli Mesin yang Berkurang

Dimana jika suara mesin yang terdengar kasar hal ini yang kemungkinan besar masalahnya yang terdapat pada volume oli mesin motor berkurang, dimana oli mesin yang menjadi salah satu komponen yang sangat penting yaitu berfungsi sebagai cairan untuk melapisi pada setiap komponen di dalam motor.

Hal ini yang bertujuan untuk mencegah adanya pergeseran langsung dengan komponen dan juga menjaga kestabilan pada kondisi suhu udara dalam mesin, jika volumenya yang berkurang dan ini akan menimbulkan gesekan yang keras pada saat dihidupkan dan terdengar suara kasar dan untuk cara mengatasi suara mesin motor kasar saat di gas ini kamu bisa dengan menambahkan atau mengganti oli dengan yang baru.

Timing Chain yang Kendor atau Tidak Presisi

Penyebab dari suara mesin motor kasar saat di gas yang bisa diakibatkan karena timing chain yang kendor atau tidak presisi, dimana komponen inti yang berfungsi untuk penghubung antara poros nok dengan poros engkol dan untuk mengatasinya kamu bisa dengan mengecek bagian timing chain dan jika memang ini penyebabnya maka kamu bisa memasangkan timing chain agar bisa kembali presisi dan kamu bisa dengan membawa motor ke bengkel jika tidak bisa melakukannya sendiri.

Baut Mesin yang Kendor

Dengan baut mesin yang kendor atau terlepas yang ternyata dapat menyebabkan suara mesin motor kasar saat di gas selain pada bagian mesin baut kendor juga yang sering terjadi pada bagian braket dan juga cover body, jika memang ini penyebabnya maka cara mengatasinya kamu bisa mengencangkan kembali baut mesin tersebut dengan menggunakan kunci namun jika tidak bisa maka bisa dengan membawanya ke bengkel.

Kompresi yang Bocor

Suara mesin motor kasar saat di gas yang bisa disebabkan karena kompresi yang bocor dimana selain dapat mengakibatkan tenaga motor yang menjadi hilang akibat pembakarannya yang kurang sempurna yang bisa menyebabkan mesin motor tersebut yang terdengar kasar dan disertai dengan keluar asap dari knalpot.

Jika memang suara mesin motor kasar saat di gas yang disebabkan karena kompresi yang bocor sehingga kamu bisa mengatasi masalah ini dengan membawa motor ke bengkel untuk ditangani oleh ahlinya, jika hal ini tidak cepat-cepat diatasi yang dapat menyebabkan komponen yang terdapat di dalam motor tersebut yang akan ikut rusak.

Piston yang Bermasalah

Suara mesin motor kasar saat di gas yang dapat disebabkan karena komponen piston di dalam motor tersebut yang bermasalah dan masalah ini yang terjadi karena kondisi motor yang kurang terawat yang paling utama yaitu pada bagian mesin, untuk mengatasinya kamu bisa dengan mencoba memeriksa 4 poin yang diatas jika semua normal namun hal ini terjadi maka bisa jadi masalahnya pada piston dan jika memang iya maka kau bisa dengan membawa motor ke bengkel untuk ditangani.

Usia Motor yang sudah Lama

Penyebab dari suara mesin motor kasar saat di gas yang bisa disebabkan karena usia motor yang sudah lama sehingga membuat performa motor yang menjadi berkurang, dimana hal ini yang bisa disebabkan dengan banyaknya komponen pada motor yang mulai aus dan perlu diganti dengan yang baru.

Sehingga untuk cara mengatasi suara mesin motor kasar saat di gas ini kau bisa dengan melakukan mengganti beberapa komponen dan sistem motor yang diganti, dengan service yang secara rutin dan ini sangat efektif untuk menjaga kondisi pada mesin motor dan juga komponen yang lainnya tetap performa baik dan lebih awet.

Mungkin hanya itu saja beberapa penyebabnya dan juga cara mengatasi suara mesin motor kasar saat di gas yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membawanya ke bengkel untuk ditangani dengan ahlinya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.