Monday, 17 Jun 2024

Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

3 minutes reading
Monday, 21 Nov 2022 02:55 0 312 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Motor matic yang merupakan salah satu jenis motor dengan memiliki peminat yang paling banyak bahkan sudah banyak orang yang beralih untuk menggunakan motor matic, nah jika kamu menggunakan motor matic tentunya perlu mengetahui dengan cara menghaluskan suara mesin motor matic.

Dengan peminatnya yang tinggi dalam menggunakan motor matic yang dipengaruhi dengan cara penggunaannya yang dapat dibilang lebih praktis dan juga mudah, untuk pengguna motor matic juga yang beragam dimulai laki-laki maupun perempuan dari anak muda hingga orang tua.

Motor matic juga sama dengan motor yang lainnya yang terkadang mengalami masalah atau kendala seperti suara mesin yang menjadi kasar atau yang lainnya, hal ini tentu saja dipengaruhi dengan intensitas pada perawatan motor matic tersebut.

Sehingga dengan begitu untuk cara menghaluskan suara mesin motor matic ini yang perlu diketahui untuk kamu yang menggunakan motor matic, untuk itu bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

Hampir semua orang memiliki motor matic karena penggunaannya yang mudah dan ringkas digunakan untuk mobilitas sehari-hari, tetapi jika terlalu sering menggunakan motor tersebut yang terkadang suara mesin pada motor matic ini yang terdengar lebih kasar.

Sehingga untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa dengan mencoba beberapa cara menghaluskan suara mesin motor matic yaitu sebagai berikut.

Mengganti Oli Secara Rutin

Cara untuk menghaluskan suara mesin motor matic yang bisa kamu coba lakukan yaitu dengan mengganti oli mesin motor yang secara rutin, pada dasarnya dalam jarak tempuh 2.000 km membuat oli yang mulai kurang dengan tingkat kekentalan oli dan sebaiknya dalam jarak tempuh sudah mencapai 2.000 km sebaiknya untuk melakukan pergantian oli.

Dengan melakukan ganti oli secara rutin yang bisa membantu mesin agar selalu prima dan bekerja dengan optimal sehingga mesin motor, dalam mengganti oli jangan sampai memilih oli sembarangan dan pastikan kamu selalu menggunakan oli yang berkualitas.

Mengganti Oli Gardan

Selain oli matic yang harus kamu  ganti ternyata oli gardan juga perlu kamu ganti juga secara berkala, dimana untuk mengganti oli gardan ini pada setiap interval 8.000 km atau dapat juga dengan patokan dalam dua kali penggantian oli mesin.

Dengan melakukan pergantian oli gardan ini yang tentunya akan berdampak baik untuk sistem motor sehingga dapat bekerja menjadi lebih optimal dan tentunya nyaman pada saat digunakan motor maticnya.

Melakukan Servis Secara Rutin

Cara menghaluskan suara mesin motor matic selanjutnya yaitu dengan melakukan service yang secara rutin dimana dengan melakukan service secara rutin  yang dapat mencegah kerusakan pada sistem motor, hal ini karena yang selalu di cek sehingga pada saat terdapat kerusakan yang akan langsung diketahui.

Dapat dengan mengikuti buku petunjuk manual yang telah diberikan pada saat membeli motor matic dimana service ini yang melakukan pengecekan pada beberapa elemen motor matic yang rutin, sehingga pada saat ada komponen yang rusak maka bisa langsung diganti dengan yang baru dan kerusakan ini nantinya tidak merambat pada onderdil lainnya.

Mengganti Parts Secara Rutin

Untuk cara menghaluskan suara mesin motor matic yang terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melakukan penggantian parts yang secara rutin atau berkala, dimana pada setiap komponen yang tentunya sudah ada umur pemakaiannya.

Sehingga dengan begitu disarankan untuk melakukan pergantian pada setiap komponen yang terdapat di dalam motor matic ini secara rutin, dengan melakukan hal ini yang tentunya agar mesin atau gardan pada motor matic selalu terjaga dan juga untuk mengurangi gesekan atau muncul suara kasar.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara menghaluskan suara mesin motor matic yang perlu kamu ketahui dan bisa kau coba lakukan dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.