Saturday, 22 Jun 2024

Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Halus

5 minutes reading
Monday, 21 Nov 2022 02:53 0 359 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Cara merawat mesin motor agar tetap halus memang menjadi salah satu hal yang perlu diketahui, sehingga dengan begitu jika kamu salah satu orang yang ingin tahu dengan caranya maka bisa dengan menyimak ulasan dibawah ini.

Mengenai cara merawat mesin motor agar tetap halus yang pada dasarnya hal ini tidak perlu dilakukan jika kamu memang selalu melakukan servis yang secara berkala, apa lagi untuk kamu yang masih menggunakan motor baru yang biasanya hal ini yang akan terdapat di dalam buku panduan manualnya.

Tetapi jika kamu yang sudah menggunakan motor yang keluaran lawas yang biasanya tidak semua orang yang selalu memperhatikan mengenai perawatan motor tersebut, bahkan terkadang sampai kondisi motor yang terbengkalai dan sampai menimbulkan bunyi yang berisik.

Sehingga dengan begitu cara merawat mesin motor agar tetap halus ini yang menjadi salah satu hal yang penting juga agar mesin pada motor tersebut nyaman pada saat digunakan, untuk mengetahui cara bisa simak artikel dibawah ini.

Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Halus

Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Halus

Membahas mengenai motor pastinya setiap pemilik motor ingin motor yang mereka gunakan selalu terawat dan mesinnya tetap halus serta pada saat digunakan yang terasa nyaman, tetapi jika motor yang kita gunakan sudah semakin lama pastinya kinerja dari mesin tersebut yang akan menurun karena sudah sering digunakan.

Selain itu bahkan mungkin terdapat beberapa komponen atau spare part yang mulai aus atau rusak, sehingga agar mesin motor tetap halus dan nyaman digunakan kunci utamanya yaitu dalam merawat mesin motor tersebut.

Cara merawat mesin motor agar tetap halus tentu saja perlu kita ketahui sangat penting salah satu caranya yaitu dengan mengontrol perawatan secara rutin melakukan service motor, untuk merawat motor sendiri sebenarnya bisa dikatakan sangat mudah dilakukan tetapi hal ini yang memang memerlukan waktu yang konsisten dan juga perlu dijaga untuk durasi perawatannya.

Untuk selalu dapat menjaga mesin motor tetap prima dan berfungsi dengan baik kamu bisa dengan mencoba menerapkan beberapa cara merawat mesin motor agar tetap halus, adapun caranya yaitu sebagai berikut.

Rutin Mengganti Oli

Cara merawat mesin motor agar tetap halus yang paling sederhana kamu bisa kamu terapkan dan lakukan yaitu dengan mengganti oli mesin motor yang secara rutin, pada dasarnya dalam durasi pemakaian atau jarak tempuh yang tertentu yang akan membuat oli yang mulai kurang dalam tingkat kekentalan oli tersebut.

Sehingga dengan melakukan ganti oli yang secara rutin yang dapat membantu mesin agar selalu bekerja dengan optimal sehingga mesin motor tetap prima, dalam mengganti oli pastikan selalu menggunakan oli yang berkualitas dan jangan sampai memilih oli sembarangan.

Jika terdapat bunyi kasar pada mesin motor yang dapat ditimbulkan karena adanya setelan katup atau klep yang longgar, sehingga dengan begitu hal ini yang perlu di service untuk menyetelkan kembali agar menjadi tepat dengan membawa motor tersebut ke bengkel yang berpengalaman.

Dimana katup sendiri yang memiliki peran sebagai mengatur keluar masuknya gas dari pembakaran, sehingga katup ini yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam performa mesin agar tetap optimal dan jika klep ini yang posisinya kurang pas maka akan menimbulkan bunyi pada saat menyalakan motor.

Mengecek Busi serta Kabel Coil Secara Rutin

Jika suara motor yang bising atau muncul bunyi yang terkadang hal ini disebabkan karena terdapat arus listrik yang disalurkannya tidak optimal, sehingga dengan begitu hal ini yang bisa berdampak pada sistem pembakaran untuk menghidupkan mesin motor tersebut.

Busi yang menjadi salah satu elemen yang sangat penting di dalam sistem pembakaran karena elemen ini yang akan memercikkan api yang menjadi sumber pembakaran bahan bakar bensin, sehingga dengan begitu kamu bisa dengan mengganti busi dengan yang baru jika sudah aus serta mengecek kabel coil agar aliran listrik yang dapat berjalan dengan optimal.

Mengontrol Kondisi Rantai Serta Gear Motor

Jika kamu sering menggunakan motor dengan kondisi jalan yang tertentu yang membuat tingkat kekenduran pada mesin motor yang sangat berpengaruh dengan kinerja mesin motor tersebut, sehingga jika dibiarkan dan semakin parah hal ini yang dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen di dalam nya.

Salah satunya pada rantai yang kotor dan kering bisa menyebabkan korosi atau berkarat dan ini tentu saja dapat berbahaya pada menggunakan motor tersebut, untuk menghindari hal tersebut terjadi maka kamu bisa dengan mengecek dan melumasi rantai motor yang secara rutin serta jika gear sudah terlihat lancip maka sebaiknya untuk menggantinya.

Mengganti Sparepart yang Asli

Jika motor yang kamu gunakan sudah tua maka hal ini yang memerlukan perawatan yang serius dan salah satunya dengan penggantian onderdil agar kinerja mesin yang tetap optimal, pastikan kamu mengganti sparepart yang asli atau original.

Hal ini agar usia pemakaiannya yang menjadi lebih awet dan juga dapat meminimalisir mengenai kerusakan yang terjadi selanjutnya, walaupun untuk sparepart yang original bisa dikatakan sedikit mahal namun untuk sparepart yang asli akan lebih terjamin dan sesuai dengan type motor tersebut.

Melakukan Service Secara Berkala

Cara merawat mesin motor agar tetap halus yang terakhir kamu bisa dengan melakukan service yang secara berkala jika motor yang kamu miliki tergolong keluaran yang terbaru, dengan melakukan service berkala yang dapat mencegah kerusakan pada sistem motor.

Kamu juga bisa dengan mengikuti buku petunjuk manual servis maka dalam melakukan pengecekan pada beberapa elemen motor yang akan lebih rutin sehingga pada saat ada komponen yang rusak maka bisa langsung diganti dengan yang baru dan kerusakan tersebut nantinya tidak merambat pada onderdil lainnya.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara merawat mesin motor agar tetap halus yang dapat kamu coba dan lakukan dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.