Monday, 17 Jun 2024

Cara Membakar Kalori Tanpa Olahraga

6 minutes reading
Wednesday, 9 Aug 2023 02:37 0 154 Muti Karya

Nesiaverse.com – Umumnya, cara membakar lemak dan kalori tubuh adalah dengan olahraga, kemudian adakah cara membakar kalori tanpa harus melakukan kegiatan olahraga? mengingat membakar kalori sendiri dapat dilakukan dengan melakukan olahraga dan penyesuaian aktivitas fisik yang membuat tubuh melakukan banyak gerakan, sehingga memicu pembakaran kalori. 

Namun, kamu dapat tetap membakar kalori tanpa harus melakukan kegiatan olahraga berat uga. Meskipun begitu tubuh kamu akan tetap sehat dan bugar dibuatnya. Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan cara membakar kalori dengan cepat. Namun tidak memiliki waktu untuk berolahraga berat maka penting untuk mengetahui cara untuk membakar kalori tanpa olahraga. 

Cara Membakar Kalori Tanpa Olahraga

Cara Membakar Kalori Tanpa Olahraga

Memiliki tubuh ideal merupakan impian banyak orang. Namun, mungkinkah mendapatkan badan ideal dengan proses pembakaran kalori yang cepat tanpa harus melakukan kegiatan atau aktivitas olahraga yang berat? mengingat pembakaran kalori tercepat terjadi karena olahraga yang baik dan rutin. Faktanya, kamu tetap bisa membakar kalori tubuh dengan melakukan kegiatan sederhana selain olahraga loh. 

Untuk membakar kalori di dalam tubuh tidak hanya dapat dilakukan dengan rutinitas dan kegiatan seperti olahraga berat saja. Pasalnya kamu dapat membakar kalori dengan berbagai cara lainnya yang terutang tidak kalah efektif dengan olahraga. Sehingga bagi kamu yang memiliki masalah mengenai waktu olahraga, aku tidak bisa melakukan olahraga berat untuk mendapatkan pembakaran kalori yang baik, kamu dapat melakukan alternatif lainnya. 

Pada dasarnya yang perlu kamu lakukan hanya membuat aktivitas fisik sehari-hari secara rutin, setidaknya selama 30 menit setiap harinya. Selain itu kamu bisa membaginya menjadi beberapa sesi, dengan durasi 10 hingga 15 menit setiap sesinya untuk mempermudah kamu melakukan kegiatan tersebut.

Berikut beberapa cara untuk membantu proses pembakaran kalori tanpa aktivitas olahraga berat yang bisa kamu coba dan praktekan.

Memasak

Kegiatan atau cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mendukung membakar kalori tanpa aktivitas olahraga, yaitu dengan memasak. Jika kamu melakukan kegiatan memasak dalam durasi 30 menit, maka akan membantu kamu membakar kalori sebanyak 75 hingga 111 kalori loh. Ketika kamu melakukan aktivitas memasak tanpa kamu sadari kamu sudah melakukan aktivitas fisik yang membakar kalori. Aktivitas fisik yang kamu lakukan adalah berdiri, memotong hingga mengangkut bahan makanan atau peralatan memasak. 

Selain kegiatan berjalan ketika kamu mengambil barang termasuk salah satu aktivitas yang dapat membantu kamu membakar kalori selama masak. Selain itu kegiatan mencuci piring yang umumnya dilakukan setelah aktivitas memasak selesai dapat membakar kalori dalam tubuh tanpa kamu sadari. Maka, memaksa merupakan salah satu aktivitas pembakar kalori yang efektif kamu lakukan secara rutin. 

Membersihkan Rumah

Selanjutnya, kamu dapat melakukan kegiatan membersihkan rumah. Kegiatan membersihkan rumah sendiri merupakan bagian dari olahraga ringan yang dapat kamu lakukan guna membakar kalori. Hal ini dikarenakan kamu akan bergerak dengan aktif, bahkan dalam proses pembersihkan rumah kamu dapat emmebar kalori mulai dari 150 hingga 222 kalori dengan durasi 30 menit lamanya. Kamu bisa melakukan kegiatan menyapu, mengepel hingga kegiatan membersihkan perkakas rumah lainya. 

Berjalan Kaki

Bagi kamu yang tidak memiliki waktu luang, kamu tetap bisa melakukan aktivitas yang membantu membakar kalori tanpa olahraga loh. Salah satu aktivitas yang dapat membantu membakar kalori adalah aktivitas berjalan kaki. Manfaat dari berjalan kaki setiap hari tidak hanya dapat membantu membakar kalori saja, namun juga kamu akan memperkuat otot dan tulang.

Gerakan berjalan kaki ini mampu membakar kalori sebanyak 200 kalori dalam jangka waktu 30 menit lamanya. Selain itu jumlah kalori yang terbakars endiri bergantung pada berat badan dan intensitas jalan kaki yang kamu lakukan setiap harinya. Dalams ebuah penelitian menunjukan bahwa jika kamu melakukan aktivitas jalan kaki selama 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu tidak hanya akan membakar kalori.

Namun, kamu juga akan mendapatkan manfaat untuk mengurangi gejala depresi atau stress hal ini bahkan amapu sebagai salah satu obat antidepresan juga. Bagi kamu yang memiliki gangguan kolesterol jahat, maka berjalan kaki akan membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh yang tinggi. Bagi kamu yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi dan diabetes 2 mampu menurunkannya. 

Naik Turun Tangga

Kegiatan atau aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan adalah naik turun tangga, kegiatan ini mampu membantu membakar kalori dalam tubuh. Aktivitas naik turun tangga sendiri akan membantu membakar kalori sekitar 3 hingga 5 kalori setiap menit kamu menaiki tangga secara perlahan. Selain itu jika kamu melakukan kegiatan naik turun tangga dengan intensitas yang cepat maka kamu dapat membakar 10 hingga 15 kali setiap menitnya. 

Mulanya kegiatan naik turun tangga ini akan terasa berat. Namun, jika kamu melakukan aktivitas ini secara perlahan dna santai maka akan mudah dilakukan kemudian hari. Bahkan jika kamu melakukannya secara rutin dan terbiasa, pembakaran kalori dalam tubuh akan terjadi lebih cepat lagi. 

Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selanjutnya, kamu bisa melakukan pembakaran kalori pada tubuh tanpa melakukan kegiatan olahraga, salah satunya dengan memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh. Dengan mengkonsumsi banyak air putih kemanapun kamu pergi akan membantu untuk membuang racun didalam tubuh.

Bahkan dengan mengkonsumsi air kamu akan menghidrasi kulit sehingga terhindar dari konsumsi makanan berlebihan dan membuat kamu cepat langsing juga. Konsumsilah air putih minimal 2 liter per harinya.Bahkan kamu dapat mengkonsumsi air lebih dari 2 liter, dan ini akan baik bagi tubuh untuk menghidrasi dan membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. 

Mengonsumsi Makanan Penangkal Lemak Perut

Berikutnya, kamu dapat mengatur jenis konsumsi makanan yang dapat membantu untuk menangkal lemak perut. Makanan ini bisa kamu konsumsi merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan protein, diantaranya ikan, biji-bijian sehingga sumber nabati seperti kacang dan minyak zaitun. 

Dalam sebuah penelitian juga dikatakan dengan mengkonsumsi buah blueberry secara rutin, dapat membantu untuk mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh dan meningkatkan pembakaran kalori. Maka, kamu dapat mencoba cara pengaturan jenis makanan yang dapat menangkal lemak pada perut tubuh. 

Hindari Stress

Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa stres dapat memicu produksi hormon kortisol, yang aman berkontribusi dalam proses penumpukan lemak dalam perut. Hormon tersebut dapat mempengaruhi distribusi lemak yang disimpan dan terpusat di bagian perut seseorang. Sehingga dengan menghindari stress kamu akan terhindar dari aktifnya hormon tersebut. 

Dengan begitu mudah bagi kamu untuk membakar kalori dengan melakukan aktivitas lainnya. Kamu dapat melakukan aktivitas seperti imitasi dan kegiataan yang merefresh otak kamu dan membuat mood menjadi lebih baik lagi. Kamu dapat mengirimkannya stress dengan melakukan hobi atau aktivitas lainnya.

Melakukan Defisit Kalori

Terakhir, kamu dapat melakukan defisit kalori, yang mana akan memaksimalkan proses pembakaran kalori dalam tubuh secara maksimal. Defisit kalori sendiri merupakan salah satu cara diet yang banyak dilakukan oleh banyak orang. Naun, bagi beberapa orang yang sensitif dan memiliki kondisi tubuh tertentu alangkah baiknya untuk melakukan konsultasi dengan ahlinya. 

Sebelum melakukan program defisit kalori, kamu harus terlebih dahulu mengukur kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kamu setiap harinya. Sehingga kamu tetap dapat memenuhi nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh dengan pembakaran kalori tubuh yang terhitung cepat. Defisit kalori sangat baik dilakukan secara konsisten, jangan langsung membakar kebutuhan nutrisi atau kalori harian dalam jumlah yang besar, karena akan mengganggu sistem metabolisme tubuh kamu. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membakar kalori tubuh tanpa harus melakukan kegiatan olahraga yang berat. Banyak sekali aktivitas harian, yang dapat membantu kamu untuk membakar kalori tubuh tanpa kamu sadari. Namun, dalam praktiknya kegiatan atau aktivitas tersebut harus dilakukan secara rutin dan konsisten, sehingga proses pembakaran kalori pada tubuh akan bekerja dengan baik.