Monday, 17 Jun 2024

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Durian

6 minutes reading
Wednesday, 9 Aug 2023 02:34 0 200 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Indonesia yang memiliki wilayah dengan dataran yang sangat cocok untuk dijadikan perkebunan salah satu perkebunan yang banyak di Indonesia yaitu ada Pohon Durian, dalam menanam tanaman Durian yang ternyata terdapat cara untuk mempercepat pertumbuhan tanaman Durian untuk bisa mengetahui hal tersebut bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Durian adalah jenis tanaman tahunan yang dapat dipanen setelah berumur 8 sampai 10 tahun atau bisa juga sesuai dengan varietasnya, dimana tanaman Durian yang dikenal dengan memiliki pohon yang menjulang tinggi sampai puluhan meter, tetapi walaupun demikian untuk beberapa kondisi terkadang pertumbuhan Durian yang tidak baik atau maksimal.

Hal tersebut yang dapat mempengaruhi produktivitas tanaman durian, sehingga untuk bisa mengetahui dengan cara mempercepat pertumbuhan tanaman Durian dengan baik dan benar bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Durian

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Durian

Sebagai pemilik pohon durian tentu saja salah satu langkah umum sering dilakukan agar mendapatkan hasil yang bagus dan melimpah yaitu dengan mencari cara mempercepat pertumbuhan tanaman Durian, sebenarnya untuk agar bisa pohon durian yang sudah ditanam mempunyai produktivitas yang baik maka diperlukan perawatan dengan baik.

Untuk proses pemeliharaan juga yang bahkan harus dilakukan dimulai dari pohon Durian masih muda karena perawatan tersebut yang akan mempengaruhi pada pertumbuhan tanaman durian tersebut, untuk itu berikut beberapa cara mempercepat pertumbuhan tanaman Durian bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:

Cara Mempercepat Pertumbuhan Untuk Tanaman Durian Muda

Untuk membantu dalam mempercepat pertumbuhan tanaman durian masih muda maka kamu harus melakukan pemeliharaan pada area bawah pohon Durian, untuk area bawah pohon Durian sendiri yang menjadi area yang sangat penting karena dapat menentukan apakah pohon Durian ini nantinya bisa tumbuh dengan baik atau tidaknya, adapun untuk beberapa cara merawat area bagian barat pohon Durian yaitu sebagai berikut:

  • Memberantas gulma yang muncul pada bagian area sekitar tanaman Durian muda, dimana gulma sendiri memiliki potensi menimbulkan hama penyakit dapat menyerang tanaman.
  • Memasang plastik mulsa sehingga rumput dan juga gulma yang dapat menyebabkan hama jadi terhambat pertumbuhannya, bisa juga dengan menambahkan tanah pada bagian bawahnya agar air tidak menggenang nya.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Untuk Durian Dewasa

Berbeda dengan Durian yang masih muda yang memerlukan perhatian sedikit sedangkan untuk Durian yang sudah dewasa yang memerlukan lebih banyak perhatiannya, adapun untuk beberapa cara agar pertumbuhan Durian dapat menjadi lebih cepat dan juga menghasilkan buah Durian yang lebat yaitu sebagai berikut:

Melakukan Penjarangan dan Penyulaman Buah

Untuk tanaman Durian yang sudah dewasa yang harus dilakukan penjarangan hal ini berfungsi sebagai pencegah Durian mati karena kehabisan energy pada saat pembuahan, dalam proses penjarangan ini yang tidak hanya mempengaruhi kelangsungan hidup durian tetapi juga dari ukuran, produktivitas dan juga rasa buah tersebut dan untuk proses penjarangan sendiri yang bisa dilakukan bersama dengan pengguguran bunga.

Pada saat bunga Durian gugur maka kamu dapat melakukan penjarangan dengan cara menyemprotkan hormon tertentu pada saat bunga yang sedang berumur satu bulan, pada saat masa tersebut untuk sebagian bunga yang sudah terbuka dan dibuahi, sedangkan pada saat hormone disemprotkan maka bunga yang dibuahi tersebut akan meneruskan pembuahannya dan bunga yang belum dibuahi yang nantinya akan mati.

Melakukan Pemangkasan dan Peremajaan

Proses pemangkasan ini yang dapat dilakukan pada akar pohon saat tanaman Durian berbunga dan kamu bisa melakukan pemangkasan tersebut dalam waktu 2 minggu setelah tanaman berbunga sehingga cara ini yang tidak akan menghambat pertumbuhan tanaman, kemudian untuk proses pemotongan yang dapat dilakukan dengan cara mengiris dua sisi pada barisan tanaman 6 sampai 90 cm dan juga sekitar 1.5 sampai 2 meter pada bagian pangkal batang.

Jika terdapat tanaman sudah tua dan kurang produktif, proses peremajaan ini yang dapat dilakukan, untuk proses peremajaan yang dapat kamu lakukan dengan pemangkasan dan pemangkasan ini yang berfungsi agar pertumbuhan tanaman Durian menjadi lebih cepat dan juga optimal.

Melakukan Pemupukan Durian Setelah Ditanam

Agar mempercepat pertumbuhan tanaman Durian yang berjalan dengan baik dan lancar maka proses pemupukan menjadi salah satu hal yang penting harus dilakukan, dimana pemupukan yang harus dilakukan dengan berimbang dan juga tepat dan untuk pohon Durian yang tidak dipupuk umumnya akan tumbuh dengan lambat, lemah dan juga akan mudah terserang dengan hama atau penyakit.

Bahkan selain itu juga dalam pemilihan jenis pupuk juga yang akan mempengaruhi ada hasil panen dan untuk pupuk yang digunakan bisa dengan menggunakan pupuk organik, dimana seperti yang kita ketahui bahwa pupuk adalah sumber makanan untuk tanaman Durian dan jika semakin tepat dosis yang diberikannya maka tanaman Durian tersebut yang dapat tumbuh dengan baik.

Berikut beberapa cara mempercepat pertumbuhan tanaman Durian dengan teknik pemupukan yang baik dan benar yaitu sebagai berikut:

Pemupukan Dasar Tanaman

Untuk proses pemupukan dasar Durian yang dilakukan dalam masa awal pertumbuhan dan pemupukan dasar ini yang akan merangsang pertumbuhan pohon dan terkhususnya tanaman Durian vegetatif pada saat pohon baru ditanam, pada masa tersebut pupuk yang akan diberikan harus mempunyai kandungan nitrogen dan juga fosfor yang tinggi.

Untuk pupuk yang akan digunakan dapat dari pupuk kandang, pupuk kompos dan juga pupuk hijau, sedangkan untuk pemberian pupuk sendiri yang dapat dilakukan sekali dalam setahun dan dapat juga diulang kembali dalam proses pemupukan dilakukan pada saat akhir musim hujan dan juga awal musim kemarau.

Pemupukan Sebelum Tanaman Durian Berbuah

Tidak hanya pemupukan dasar saja namun pemupukan juga yang harus dilakukan pada saat tanaman Durian tersebut belum berbuah yang bertujuan agar dapat merangsang pertumbuhan tanaman, pada masa tersebut pupuk yang diberikan yaitu pupuk NPK dan pemupukan bisa dilakukan dalam 3 sampai 4 bulan sekali dengan dosis yang digunakan beragam yaitu sebagai berikut:

  • Tanaman Durian berusia 1 tahun dengan pupuk yang digunakan yaitu pupuk NPK digunakan dengan dosis sekitar 40 sampai 80 gram per pohonnya.
  • Tanaman Durian yang berusia 2 tahun dengan pupuk yang digunakan yaitu pupuk NPK dengan dosis sekitar 150 hingga 300 gram per pohonnya.
  • Tanaman Durian yang berusia 3 hingga 4 tahun dengan pupuk yang diberikan dosisnya yaitu sekitar 400 hingga 600 gram per pohonnya.

Untuk pemberian pupuk NPK tersebut yang dilakukan dengan cara disebar merata pada semua parit yang sudah dibuat, ulangi pemberian pupuk NPK tersebut dalam 3 sampai 4 bulan sekalinya.

Pemupukan Pada Saat Pohon Durian Berbuah

Terakhir yaitu pemupukan pada saat pohon Durian berbuah yang tentu sangat wajib untuk dilakukan, dimana pupuk yang diberikan pada saat ini yaitu bisa pupuk KCL dengan memiliki dosis mulai dari 100 gram sampai 500 gram dan pupuk tersebut yang dicampurkan dengan pupuk urea dan juga pupuk organik.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara mempercepat pertumbuhan tanaman Durian yang bisa kamu lakukan pada saat pohon Durian masih muda hingga sudah dewasa, dengan pemberian pupuk yang tepat yang tentu saja bisa membuat tumbuhan menjadi subur dan juga menghasilkan buah Durian yang melimpah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.