Saturday, 22 Jun 2024

Cara Membuat Pupuk Kulit Pisang

5 minutes reading
Friday, 17 Mar 2023 18:50 0 334 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Kulit Pisang selain bermanfaat untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit wajah namun kulit Pisang juga yang bermanfaat untuk tanaman yang bisa dijadikan sebagai pupuk yang akan membantu meningkatkan kesuburan tanaman, untuk kamu yang ingin tahu dengan cara membuat pupuk kulit Pisang bisa dengan simak penjelasanya dibawah ini.

Dengan membuat pupuk dari sampah organik ini yang tidak hanya bermanfaat untuk membantu memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman, namun hal ini juga yang menjadi salah satu cara yang bagus untuk membantu mengurangi limbah dan salah satu jenis sampah organik yang bisa dimanfaat untuk membuat pupuk tanaman yaitu kulit Pisang .

Nah untuk kamu yang ingin  tahu dengan cara membuat pupuk kulit Pisang, maka kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini dan terapkan dengan baik dirumah.

Cara Membuat Pupuk Kulit Pisang

Cara Membuat Pupuk Kulit Pisang

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa ternyata kulit Pisang ini yang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk bagi berbagai tanaman yang ada di halaman atau pekarangan rumah kamu, dimana kulit Pisang ini yang paling unggul karena kulit Pisang mengandung berbagai nutrisi, vitamin dan juga mineral yang memiliki peran penting untuk menyuburkan dan pertumbuhan tanaman.

Untuk kulit Pisang organik yang lebih unggul dibandingkan dengan kulit Pisang yang ditanam dengan pestisida, namun jika kamu hanya ada kulit Pisang dengan pestisida dan tidak ada pilihannya maka kamu bisa dengan mencuci kulit Pisang dengan larutan 3 bagian air, dan 1 bagian cuka dan bilas dengan benar dan baik.

Untuk kandungan dari kulit Pisang sendiri seperti potasium, magnesium, fosfor, kalsium, sulfur, mangan dan juga sodium, adapun untuk cara membuat pupuk kulit Pisang yang terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan dengan mudah dengan bahan-bahan yang dapat diperoleh dengan mudah.

Pupuk Cair dari Kulit Pisang

  • Terlebih dahulu siapkan kulit Pisang sebanyak 4 hingga 6, toples yang berukuran 3 liter atau stoples lebih kecil dengan mengurangi kulit pisang, air dan juga kain berongga.
  • Jika sudah disiapkan semuanya selanjutnya masukkan 4 hingga 6 kulit Pisang ke dalam toples, namun jika ada stoples berukuran kecil maka kurangi kulit Pisangnya.
  • Lalu isikan air ke dalam toples tersebut.
  • Kemudian tutup menggunakan kain berongga atau penutup toples yang longgar.
  • Biarkan atau diamkan selama minimal 48 jam sampai satu minggu.
  • Jika sudah seminggu lalu buang kulit Pisangnya dan biarkan air di dalam toples.
  • Siramkan ke dasar tanaman dengan menggunakan pupuk kulit Pisang tersebut.
  • Selain itu kamu bisa dengan mengubur atau memotong kulit Pisang atau bisa juga ditambahkan ke dalam tumpukan kompos.

Pupuk Cair Semprot dari Kulit Pisang dicampur Cangkang Telur dan Garam Epsom

Untuk cara ini kamu membuat pupuk cair semprot dari kulit Pisang yang dicampurkan dengan cangkang telur yang berfungsi untuk meningkatkan kalsium dan juga dengan garam epsom untuk meningkatkan magnesium, jika tanaman sudah dalam kondisi yang baik maka hanya perlu memberikan tambahan nutrisi dengan menggunakan pupuk yang satu ini.

Untuk cara membuatnya yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu siapkan 4 kulit Pisang, 3 cangkang telur, 1 sendok makan garam garam epsom, 1 liter air dan juga botol semprot yang kosong.
  • Silahkan keringkan kulit Pisang di area yang serah diluar yang tidak akan terganggu atau di dehidrator makanan, namun bisa juga dengan mengeringkannya di suhu yang rendah di dalam oven hingga kulit Pisang benar-benar sudah kering.
  • Pastikan untuk kulit Pisang berada di atas kertas perkamen atau wadah, hal ini yang mempermudah kamu dalam mengumpulkan potongan-potongan kulit Pisang yang dikeringkan.
  • Selanjutnya bersihkan cangkang telur dan biarkan hingga kering.
  • Lalu gulung kulit Pisang dan cangkang telur yang sudah kering dengan menggunakan penggiling kopi atau food processor.
  • Kemudian campurkan garam epsom ke dalam gilingan kulit Pisang dan cangkang telur ke dalam botol semprotan.
  • Lalu tambahkan air ke dalam botol hingga hampir penuh.
  • Kocok dan aduk semprotan hingga semuanya larut ke dalam air.
  • Terakhir semprotkan pupuk ini pada area yang luas di bagian atas tanaman atau bagian dasar tanaman.
  • Pastikan untuk berhati-hati agar tidak membasahi daun  tanaman yang tidak atau kurang suka basah seperti buah Melon atau tomat.

Pupuk Cair dari Kulit Pisang yang diFermentasi

Untuk cara membuat pupuk kulit Pisang yang terakhir ini yaitu termasuk ke dalam pilihan untuk menghaluskan kulit Pisang yang difermentasi yang nantinya akan digunakan di halaman rumah, menjadikan dua hal yang dapat dibuat dan juga digunakan di dalam cara yang satu ini dimana proses fermentasi kulit Pisang yang akan memberikan manfaat tambahan yaitu dapat memasukkan bakteri yang baik ke dalam campuran.

Untuk cara membuatnya yaitu:

  • Terlebih dahulu masukkan kulit Pisang ke dalam toples dan masukkan air secukupnya hingga kulit Pisang direndam dengan air, agar kulit Pisang berada di bawah air maka bisa dengan memberikan beban pada kulit Pisangnya.
  • Kemudian tutup dengan menggunakan kain dan juga karet atau tutup yang longgar.
  • Diamkan campuran kulit Pisang ini selama satu minggu pada tempat yang hangat dan kering, dan bakteri baik nantinya akan mulai bekerja untuk melepaskan mineral dan nutrisi ke dalam air.
  • Selama kulit Pisang berada di bawah permukaan air maka semuanya baik-baik saja, namun jika mulai terlihat jamu hitam maka harus membuang dan memulai ulang.
  • Setelah seminggu kemudian ambil kulit Pisang dan masukkan ke dalam blender lalu blender hingga halus.
  • Sedangkan untuk airnya simpan untuk tanaman lain.
  • Untuk cara lainnya encerkan bubur di dalam air untuk membantu dalam menyebar ke tanah dengan baik.

Dengan menggunakan beberapa cara membuat pupuk kulit Pisang yang terdapat diatas yang akan memberikan berbagai macam manfaat untuk tanaman seperti untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesuburan tanaman, menjaga tanaman agar kuat tidak mudah layu, mencegah penyakit pada tanaman dan juga membantu tanaman agar lebih cepat berbunga.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai cara membuat pupuk kulit Pisang yang bisa kamu coba dan lakukan dengan mudah dirumah secara mandiri, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencobanya.