Monday, 17 Jun 2024

Manfaat Kulit Pisang Untuk Bibir

6 minutes reading
Friday, 17 Mar 2023 18:48 0 123 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com –  Siapa yang tidak tahu dengan buah-buahan yang satu ini yaitu buah Pisang, dimana buah Pisang ini terkenal sebagai salah satu jenis buah-buahan yang memiliki manfaat yang melimpah, salah satunya untuk mengatasi masalah pada bibir lalu apa saja manfaat kulit Pisang untuk bibir.

Buah Pisang tersedia di berbagai negara dan salah satunya di Indonesia yang bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran tradisional atau supermarket, memang buah Pisang ini menjadi salah satu buah yang disukai banyak orang karena rasanya yang enak ditambah lagi mengandung banyak manfaat.

Bahkan buah Pisang ini selain dapat dimakan secara langsung namun banyak juga yang mengolah Pisang menjadi kue, gorengan dan masih banyak lagi yang lainnya, namun banyak orang yang membuang kulit Pisangnya padahal kulit Pisang juga yang memberikan banyak manfaatnya salah satunya untuk bibir.

Manfaat kulit Pisang untuk bibir ini yang berasal dari kandungan nutrisi, vitamin dan juga mineral di dalamnya seperti vitamin B, vitamin C, zat besi. air, protein, lemak, kalsium dan juga karbohidrat, bahkan kulit Pisang ini yang kaya akan gizi didalamnya.

Selain dimakan kulit Pisang ini yang dapat dijadikan sebagai bahan kosmetik terutama untuk menjaga dan merawat bibir, untuk kamu yang ingin tahu dengan manfaat kulit Pisang untuk bibir maka bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Kulit Pisang Untuk Bibir

Manfaat Kulit Pisang Untuk Bibir

Pastinya setiap orang yang memiliki kondisi bibir yang kering, pecah-pecah dan juga hitam yang akan mengganggu penampilan dan juga dapat mengurangi rasa percaya diri, namun jangan khawatir karena masalah pada bibir yang bisa kamu atasi hanya dengan menggunakan kulit Pisang loh dan ini belum banyak orang yang mengetahuinya.

Walaupun memang bibir yang masih dapat ditutupi dengan menggunakan lipstick namun hal ini juga sangat merepotkan karena setiap bepergian harus menggunakan lipstick, untuk mengatasi kondisi bibir seperti ini kamu bisa dengan mencoba dengan menggunakan bahan alami untuk mencerahkan bibir salah satunya menggunakan kulit Pisang.

Banyak yang menganggap sepele dengan kulit Pisang ini padahal kulit Pisang yang dapat digunakan untuk kecantikan yang dikarenakan oleh kandungan vitamin dan mineral di dalamnya yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan, adapun untuk beberapa manfaat kulit Pisang untuk bibir yaitu sebagai berikut:

Membantu Melembabkan Kulit Bibir

Untuk kamu yang mengalami masalah pada bibir seperti mudah mengelupas dan pecah-pecah dan hal ini seperti sedang mengalami masalah bibir yang kering, maka jangan khawatir karena masalah tersebut yang bisa kamu atasi hanya dengan menggunakan cara alami yaitu memanfaatkan kulit Pisang.

Dimana kulit Pisang yang bisa membantu untuk melembabkan kulit bibir yang dikarenakan kulit Pisang yang mengandung air dan juga lemak nabati di dalamnya, sehingga dengan begitu kulit Pisang ini yang akan membantu melembabkan kulit bibir yang kering dan untuk cara menggunakannya pun mudah berikut caranya.

  • Terlebih dahulu siapkan kulit Pisang, madu, gula, garpu dan juga wadah yang bersih.
  • Pastikan kulit Pisang bersih kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian lalu masukan ke dalam wadah dan melumatnya menggunakan garpu hingga halus seperti pasta.
  • Kemudian campurkan madu dan gula secukupnya ke dalam wadah yang berisikan kulit Pisang yang sudah halus dan aduk hingga tercampur merata.
  • Kemudian gunakan masker kulit Pisang ini ke bibit yang pecah-pecah dan kering sambil memijatnya secara lembut.
  • Diamkan beberapa menit dan bilas dengan menggunakan air hingga bersih.
  • Gunakan masker kulit Pisang ini secara rutin sebelum tidur untuk mendapatkan manfaatnya lebih optimal.

Dimana masker kulit Pisang ini selain membantu untuk melembabkan kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, namun masker kulit Pisang ini juga yang bisa membantu dalam mempercepat proses perbaikan kulit hal ini karena kandungan vitamin C dalam kulit Pisang yang akan membantu kulit bibir yang mengelupas dan pecah-pecah kembali sehat dan normal.

Membantu Mencerahkan Bibir

Untuk kamu yang sedang mengalami hiperpigmentasi pada kulit bibir maka bisa kamu atasi dengan menggunakan kulit bibir yang dibuat menjadi scrub, dimana hiperpigmentasi pada kulit bibir seperti warna bibir yang gelap atau pucat atau terdapat bintik kehitaman dan manfaat kulit Pisang untuk bibir yaitu membantu untuk mencerahkan bibir.

Adapun untuk cara membuat scrub dari kulit Pisang untuk membantu mencerahkan bibir cukup mudah, namun jika belum tahu caranya maka bisa dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Terlebih dahulu silahkan siapkan kulit Pisang, gula, soda kue, wadah yang bersih dan juga alat penumbuk serta bisa menambahkan air bersih ke dalam wadah bersih tersebut.
  • Silahkan masukkan baking soda.
  • Rendam kulit Pisang yang telah dibuat barusan dan diamkan selama 5 menit.
  • Jika sudah lalu bilas kulit Pisang dengan menggunakan air hingga bersih dan keringkan kulit Pisang tersebut.
  • Potong-potong kulit Pisang menjadi beberapa bagian seperti bentuk dadu, lalu masukkan ke dalam alat penumbuk.
  • Kemudian tumbuk hingga halus seperti pasta atau adonan bubuk.
  • Tambah gula sedikit dan aduk hingga merata.
  • Oleskan scrub ke bagian bibir yang bermasalah dan gosok selama 3 menit dengan pelan-pelan.
  • Lalu diamkan selama 5 menit.
  • Jika sudah lalu bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

Dengan menggunakan scrub kulit Pisang ini yang akan membantu untuk meregenerasi sel kulit bibir dan juga mengangkat kotoran serta sel kulit mati pada bibir, sehingga dengan begitu sel kulit bubur yang akan mengalami pembaruan dan menyebabkan warna bibir yang akan lebih cerah.

Membantu Menghaluskan Kulit Bibir

Untuk manfaat kulit Pisang untuk bibir lainnya yaitu membantu menghaluskan kulit bibir dan manfaat ini berasal dari kandungan vitamin B dan vitamin C didalam kulit Pisang, untuk merasakan manfaatnya kamu bisa menggunakan kulit Pisang ini dengan mudah cukup dengan dibuatkan masker untuk bibir dan untuk caranya sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu siapkan kulit Pisang dan alat tumbuk.
  • Pastikan sebelum digunakan kulit Pisang sudah dicuci hingga bersih dengan menggunakan air yang mengalir, pada saat dicuci lebih baik ditambah soda kue.
  • Jika sudah dicuci bersih lalu keringkan menggunakan tissue bersih.
  • Lalu potong kulit Pisang menjadi beberapa bagian seperti dadu.
  • Kemudian masukkan potongan kulit Pisang ek dalam alat penumbuk dan tumbuk hingga hancur hingga seperti pasta.
  • Selanjutnya oleskan pada permukaan bibir hingga merata.
  • Diamkan selama 5 hingga 10 menit.
  • Jika masker sudah kering kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka gunakan masker kulit Pisang ini secara rutin.

Perlu diperhatikan setelah membuat masker kulit Pisang ini maka sebaiknya segera digunakan jangan sampai tersisa, jika masker kulit Pisang kelamaan disimpan yang dapat menyebabkan oksidasi, sehingga dengan begitu kandungan dalam kulit Pisang yang akan berkurang dan ciri-ciri masker kulit Pisang ini teroksidasi yaitu warnanya kehitaman dan aromanya menusuk.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai manfaat kulit Pisang untuk bibir yang bisa kamu ketahui beserta dengan cara menggunakannya sesuai dengan masalah bibir yang kamu alami, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.