Wednesday, 17 Jul 2024

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur

4 minutes reading
Saturday, 14 Jan 2023 17:29 0 232 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pada saat tidur dan mengalami hidung tersumbat tentu saja ini akan mengganggu kualitas tidur kamu dan membuat kamu tidak nyenyak, nah jika kamu sedang mengalami masalah seperti itu maka perlu tahu dengan cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur.

Secara umum masalah hidung tersumbat yang biasanya muncul karena adanya pembengkakan pada jaringan dan juga pembuluh darah yang terdapat pada sekitar hidung tersumbat, pada kondisi seperti ini yang bisa saja muncul dengan adanya cairan yang berlebih pada bagian hidung.

Bisa juga hidung tersumbat yang terdapat banyak faktor penyebabnya hal ini bisa dikarenakan infeksi virus, terpapar alergi dan bahkan mengalami penyakit yang tertentu yaitu seperti sinusitis, pada saat mengalami kondisi seperti ini namun ingin tidur tetap nyenyak maka kamu perlu mengetahui dengan cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur di bawah ini.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur

Pada saat hidung tersumbat yang memang menjadi salah satu kondisi yang sangat menyiksa dan ini bisa membuat proses pernapasan menjadi terganggu dilengkapi dengan adanya cairan yang berlebihan pada bagian hidung sehingga ini dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan batuk.

Penyebab hidung tersumbat ini yang cukup beragam dan bahkan kondisi ini yang bisa menjadi keluhan pada masa kehamilan, namun jangan khawatir kondisi ini yang bisa diredakan dengan menggunakan beberapa cara yang bisa diterapkan sebelum tidur.

Adapun untuk beberapa cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang bisa dilakukan dengan menggunakan perawatan yang sederhana atau bisa juga dengan mengkonsumsi obat-obatan, caranya yaitu sebagai berikut:

Posisi Tidur dengan Berbaring dan Kepala Lebih Tertinggi

Untuk cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang selanjutnya yaitu dengan menerapkan posisi tidur berbaring dengan posisi kepala yang agak lebih tinggi, dimana kamu bisa dengan menggunakan bantal tambahan atau lipatan selimut atau bahan lainnya untuk membantu menopang kepala dan juga bahu.

Namun jika posisi tidur seperti itu kurang nyaman maka kamu bisa dengan mencoba tidur di sofa atau kursi malas, posisi seperti ini yang akan membantu agar lendir pada hidung yang mengalir lebih mudah.

Memperbanyak Minum Air

Minum air putih yang akan membantu meredakan hidung tersumbat, dimana kamu bisa dengan minum air putih dengan jumlah yang cukup banyak yang akan membantu mengencerkan lendir yang ada di hidung.

Sehingga dengan begitu lendir pada hidung yang akan lebih mudah dikeluarkan, kamu hanya cukup dengan mencukupi asupan cairan pada tubuh dan cara ini juga yang dapat terhindar dari beragam masalah kesehatan yang lainnya yaitu seperti dehidrasi.

Mencuci Hidung dengan Menggunakan Air Garam

Mencuci hidung dengan menggunakan air garam yang selain untuk menghilangkan debu dan juga partikel yang berbahaya pada rongga hidung, namun bermanfaat juga untuk menghilangkan lendir di hidung dan ini menjadi cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang bisa kamu coba.

Untuk caranya kamu bisa dengan melarutkan 1 sendok teh garam dan ditambahkan soda sedikit pada 500 ml atau 2 gelas air hangat dan tuangkan air larutan garam ini dalam wadah atau botol, kemudian kepala dimiringkan dan arahkan botol ke salah satu sisi hidung dan semprotkan dengan kuat sampai cairan lendir keluar melalui lubang yang satunya dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa melakukan cara ini 3 atau 4 kali dalam sehari.

Menghirup Uap Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang selanjutnya yaitu dengan menghirup uap hangat ini akan membantu dalam mengatasi hidung yang tersumbat dan juga melegakan pernapasan, dimana untuk cara melakukannya yang mudah kamu hanya cukup dengan menyiapkan air hangat dalam wadah dan dekatkan wajah ke wadah lalu hirup uap dari air hangat tersebut.

Namun untuk melakukan cara ini yang perlu hati-hati da pastikan tidak menggunakan uap air yang terlalu panas ini bisa membuat luka bakar pada wajah, untuk cara yang lainnya kamu bisa dengan membasuh wajah dengan menggunakan waslap yang telah dicelupkan pada air hangat atau mandi menggunakan air hangat.

Menggunakan Humidifier

Dengan menggunakan humidifier juga yang ternyata menjadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang dapat kamu coba dan terapkan apalagi jika ruangan kamu yang menggunakan AC atau penyejuk udara, dimana alat ini yang bisa membantu menjaga kelembaban udara dan juga mengurangi adanya penyebaran debu di udara sehingga dengan begitu saluran pernapasan yang akan lebih terbuka dan lega.

Mengkonsumsi Obat

Untuk cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang terakhir yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti antihistamin dan dekongestan dalam bentuk pil atau semprotan hidung, mengkonsumsi obat-obatan perlu memastikan mengkonsumsinya sesuai dengan dosis yang tertera atau bisa juga dengan berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang dapat kamu coba dan lakukan dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.