Monday, 17 Jun 2024

Cara Mengatasi Sakit Perut Setelah Makan Nangka

3 minutes reading
Wednesday, 30 Aug 2023 02:27 0 206 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Nangka yang menjadi salah satu buah favorit kebanyakan orang terutama di Indonesia namun buah ini juga yang bisa memberikan efek samping salah satunya sakit perut, lalu bagaimana cara mengatasi sakit perut setelah makan Nangka? Untuk mengetahui cara mengatasinya bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Pastinya sudah tidak asing dengan buah Nangka dengan memiliki rasa yang manis yang satu ini dengan memiliki nama latin Artocarpus heterophyllus dengan memiliki tekstur kulit yang sedikit berduri dan berwarna hijau kekuningan, selain itu juga buah Nangka ini yang memiliki warna kuning yang memiliki aroma sangat khas dengan rasanya yang sangat manis.

Tidak hanya memiliki rasa yang manis dan aroma khas buah Nangka juga yang ternyata memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh, tentu saja beragam manfaat  tersebut berkat kandungan nutrisi didalamnya seperti  vitamin A, vitamin C, serat, potassium, protein, karbohidrat, lemak hingga magnesium.

Cara Mengatasi Sakit Perut Setelah Makan Nangka

Cara Mengatasi Sakit Perut Setelah Makan Nangka

Beragam manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah Nangka yaitu seperti mencegah penyakit kardiovaskular, membantu menjaga berat badan ideal, mencegah kanker, melancarkan sistem pencernaan, kesehatan kulit dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya bisa kamu rasakan.

Beragam manfaat tersebut yang bisa kamu dapatkan hanya dengan mengkonsumsi buah Nangka yang sudah matang yang dimakan secara langsung begitu saja, selain itu juga buah Nangka ini yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti menjadi kolak nangka, cake nangka, puding nangka dan masih banyak lagi lainnya.

Tetapi dibalik kandungan nutrisi yang melimpahnya baik untuk kesehatan tubuh, namun ternyata buah Nangka juga memiliki beberapa kandungan berbahaya untuk kesehatan, apalagi jika dikonsumsi dalam takaran berlebihan yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Salah satunya efek sampingnya yaitu sakit perut setelah makan Nangka, dimana perut bawah yang terasa nyeri atau mulai yang dilanjutkan dengan diare setelah makan buah Nangka yang menandakan bahwa kamu mengalami alergi terhadap buah tersebut.

Tetapi kemungkinan juga keluhan yang dirasakan kamu sekarang ini terjadi karena faktor lain yang tidak selalu spesifik berkaitan dengan buah tertentu yang sudah kamu konsumsi, seperti karena keracunan makanan, infeksi pada sistem pencernaan, radang usus, malabsorbsi karbohidrat, sindrom iritasi usus dan sebagainya.

Sakit maag atau dispepsia juga yang mungkin memunculkan keluhan yang serupa biasanya untuk nyeri perut akibat kondisi seperti ini yang sering terpusat di bagian perut atas (ulu hati), jika kamu mengalami kondisi sakit perut setelah makan Nangka maka bisa dengan mencoba melakukan beberapa cara mengatasi dengan ditangani seperti berikut:

  • Jika akan mencoba mengkonsumsi buah Nangka untuk memastikan terlebih dahulu buah Nangka tersebut masih segar.
  • Konsumsi buah Nangka sedikit-sedikit jangan sampai memakannya terburu-buru.
  • Jangan mengkonsumsi buah Nangka dalam kondisi perut yang masih kosong.

Jika selesai melakukan langkah tersebut dan keluhan sakit perut yang tetap terulang, maka sebaiknya jangan lagi mengkonsumsi buah Nangka terkecuali terdesak sekali, mengkonsumsi makanan yang matang sempurna dan bersih pengolahannya dan pastikan juga selalu rajin minum air putih serta menjalani gaya hidup yang sehat.

Jika kamu masih mengalami keluhan walaupun sudah berupaya mencoba menerapkan cara mengatasi sakit perut setelah makan Nangka diatas, maka segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan bagus.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan cara mengatasi sakit perut setelah makan Nangka yaitu dengan minum air putih yang banyak dan menjalani gaya hidup yang sehat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.