Monday, 17 Jun 2024

Dampak Buruk Kucing Jantan Sedang Birahi Dibiarkan

4 minutes reading
Wednesday, 30 Aug 2023 02:29 0 204 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apa saja dampak buruk kucing jantan sedang birahi dibiarkan? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait dampak buruk yang akan terjadi pada kucing jantan yang sedang birahi dan dibiarkan begitu saja.

Kucing yang sedang mengalami birahi, tentu saja harus segera dilampiaskan agar mereka bisa melepaskan hasratnya yang belum tertuntaskan. Dengan begitu kucing bisa merasa lega atau merasa terpuaskan dari birahinya yang telah mereka salurkan kepada lawan jenisnya.

Biasanya kucing jantan yang sedang mengalami birahi, akan sering keluar rumah untuk mencari kucing betina untuk diajak kawin. Makanya sering sekali mereka gak pulang-pulang ke rumah selama beberapa hari saat sedang birahi sampai si kucing sudah selesai kawin.

Lalu kalau begitu bagaimana dengan kucing jantan yang sedang birahi, tapi malah dibiarkan? Apa dampak buruk dari hal tersebut? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan tentang permasalahan tersebut. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Dampak Buruk Kucing Jantan Sedang Birahi Dibiarkan

Dampak Buruk Kucing Jantan Sedang Birahi Dibiarkan

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai ciri kucing jantan ketika sedang birahi itu seperti apa dan lamanya siklus kucing jantan yang birahi. Penting untuk kamu kenali hal itu, agar tidak mengambil keputusan yang salah pada si kucing.

Kucing merupakan salah satu hewan yang memiliki siklus birahi atau disebut juga masa estrus yang dimana birahi mereka sedang memuncak ingin kawin dengan lawan jenisnya. Biasanya masa birahi kucing jantan berlangsung pada bulan september hingga maret lamanya.

Namun, ketika kucing jantan memasuki usia yang sudah dewasa sepenuhnya sekitar 6-12 bulan sudah dapat kawin dengan kucing betina kapanpun mereka mau. Jadi tidak akan menentu juga baginya untuk ada keinginan kawin dengan lawan jenis ketika mereka sudah dewasa.

Kucing jantan saat sedang birahi biasanya menunjukkan beberapa perubahan, entah itu perilaku ataupun lainnya. Nah, buat kamu yang belum tau seperti apa ciri kucing jantan yang sedang birahi, berikut ada beberapa ciri-ciri kucing jantan birahi diantaranya adalah:

  1. Mengeong-ngeong dengan sangat kencang
  2. Perilakunya yang semakin agresif terhadap kucing betina
  3. Sering keluar rumah untuk mencari kucing betina
  4. Bulunya mengalami kerontokkan
  5. Pipis sembarangan atau spraying

Jika kamu melihat beberapa perubahan seperti di atas pada si kucing jantan, ada kemungkinan mereka sedang birahi dan menarik perhatian kucing betina untuk diajak kawin. Kalau kamu ingin mencegah hal itu, sebaiknya saat mereka birahi coba untuk kamu atasi dengan baik.

Karena mau bagaimanapun juga itu ada kebutuhan biologis mereka sebagai makhluk hidup, sama halnya seperti kamu sebagai manusia. Jika dibiarkan terus menerus tanpa ada pencegahan yang baik, itu akan sangat beresiko untuk kesehatan si kucing jantan.

Sebagai kebutuhan biologis tentunya kucing juga bisa merasakan yang namanya sedang birahi dan ingin segera kawin dengan lawan jenis, contohnya pada kucing jantan. Jika kucing jantan sedang birahi tapi malah kamu biarkan, ada beberapa resiko yang akan didapatkan oleh si kucing jantan yaitu masalah mentalnya terganggu dan mengalami penyakit serius pada kucing.

Kucing Jantan Menjadi Stress dan Depresi

Kucing jantan akan mengalami stress hingga depresi ketika mereka tidak dapat menyalurkan birahinya kepada lawan jenis. Mungkin untuk beberapa hari mereka bisa menahannya sampai masa birahi itu berlalu, namun jika dibiarkan terus menerus dalam jangka panjang kucing akan merasa stress dengan hal itu. Bagaimana tidak? Tentu saja, ketika birahinya memuncak tapi dibiarkan terus menerus dan tidak dapat melampiaskannya dengan baik.

Mengalami Gangguan Kesehatan

Selain kucing jantan bisa menjadi stress dan depresi, mereka juga akan mengalami gangguan masalah kesehatannya ketika birahinya tidak dapat mereka salurkan. Resikonya mereka akan terkena penyakit kanker testikular dan masalah prostat yang dapat berdampak buruk pada kesehatan si kucing jantan. Resiko terburuknya lama-lama mereka bisa mati kapan saja akibat hal tersebut. Karena bukan masalah yang sepele dan bisa kamu biarkan begitu saja.

Itulah beberapa penjelasan mengenai dampak buruk kucing jantan sedang birahi dibiarkan, mungkin perlu untuk kamu ketahui agar bisa mencegah hal itu terjadi pada kucing peliharaan kamu di rumah. Apalagi untuk kucing rumahan pastinya kamu jaga ketat untuk tidak keluar.

Usahakan jika kamu tidak ingin si kucing jantan mengalami birahi dan tidak mau mengawinkannya, sebaiknya kamu lakukan sterilisasi pada kucing jantan kamu. Supaya mereka tidak akan merasakan birahi lagi dan lebih bermanfaat juga. Good Luck semoga membantu.