Thursday, 18 Jul 2024

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air dan Berdegung

6 minutes reading
Thursday, 6 Jul 2023 19:58 0 118 Muti Karya

Nesiaverse.com – Jika telinga kamu kemasukan air dan berdengung, kamu harus mengetahui cara mengatasinya agar rasa tidak nyaman tersebut bisa hilang. Khususnya bagi kamu yang seringkali beraktivitas di air, berenang, menyelam telinga kemasukan air hingga berdengung merupakan kondisi yang kerap kali terjadi. 

Ketika telinga kemasukan air hal ini yang akan menimbulkan sensasi dan rasa tidak nyaman, sehingga berdengung menjadi salah satu gejala yang terjadi setelahnya. Ketika telinga tersumbat akan mendatangkan berbagai gejala yang membuat sensasi tidak mengenakkan. Maka, kamu harus tahu cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air dan Berdengung

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air dan Berdegung

Ketika air masuk ke dalam telinga, hal tersebut bukan suatu masalah yang serius. Pasalnya air yang masuk ke telinga akan keluar dengan sendirinya. Hanya saja jika terjadi secara terus menerus, hal tersebut bisa menimbulkan infeksi dimana ketika air yang masuk ke telinga terperangkap dalam waktu yang lama dan tidak langsung keluar. 

Maka, saluran telinga akan otomatis mengalami penyumbatan. Hal inilah yang akan menyebabkan telinga berdengung dan menimbulkan sensasi yang tidak mengenakan. Bahkan dari telinga berdengung karena kemasukan air ini akan menimbulkan gejala lainnya. Berikut kami sudah merangkum beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah telinga tersumbat karena kemasukan air dan berdengung. 

Menggoyangkan Cuping Telinga 

Menggoyangkan cuping telinga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi telinga yang berdengung ketika kemasukan air. Umumnya kamu akan menggoyangkan kepala terlebih dahulu untuk mengeluarkan air yang tersumbat. Namun, dalam beberapa kasus menggoyangkan kepala tidak berhasil mengeluarkan air yang tersumbat di telinga. 

Maka, menggoyangkan cuping maka akan merangsang air yang tersumbat di dalam telinga untuk keluar. Cara ini bisa kamu lakukan secara perlahan dan jangan terlalu kencang. Nantinya air yang tersumbat dalam saluran telinga akan keluar sedikit demi sedikit.

Menggerakan Rahang dan Mulut

Selain mengeluarkan air yang tersumbat dengan menggoyangkan cuping telinga, kamu bisa mengeluarkan air di telinga dengan menggerakan rahang dan mulut. Ketika saluran samping yang menghubungan rongga pada bagian telinga dan bagian belakang lubah hidung tersumbat, hal itulah yang menyebabkan air semakin sulit keluar. 

Maka, untuk mengatasinya kamu bisa melakukan peregangan mulut dan area rahang, seperti menguap atau mengunyah. Cara satu ini terbukti efektif dan bisa membantu melegakan saluran yang tersumbat karena air. Lakukan gerakan rahang dan mulut ini hingga terasa lega kembali ketika air keluar. 

Menggunakan Hair Dryer

Hair dryer bisa menjadi salah satu alat yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi telinga berdengung ketika kemasukan air. Kamu bisa menggunakannya dengan memberikan jarak 30 cm dari telinga, gunakan suhu terendah dan udara dinginnya. Keringkan telinga yang tersumbat menggunakan hair dryer merupakan cara yang efektif pasalnya dengan cara satu ini air akan mengering dengan cepat dan saluran yang tersumbat akan lega kembali. 

Mengompres Hangat

Cara lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan kompres hangat bagian telinga, sehingga akan membantu untuk mengeluarkan air dari dalam telinga yang tersumbat. Berikut cara mengompres hangat telinga.

  • Pertama, basahi kain menggunakan air hangat, pastikan handuk yang kamu gunakan adalah handuk dengan permukaan lembut dan tentunya bersih. 
  • Jika sudah kamu tinggal memiringkan kepala ke sisi telinga yang tersumbat dengan air.
  • Lanjutkan dengan menempelkan handuk kompres pada bagian luar telinga. 
  • Diamkan selama 30 detik lamanya, kemudian lepaskan
  • Tunggulah beberapa saat untuk mengompresnya kembali.
  • Selesai

Menggunakan Cuka dan Alkohol Tetes Telinga

Ketika air masuk ke telinga dan tersumbat hal ini bisa menyebabkan kotoran telinga yang menumpuk mengeras dan tersumbat. Maka, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan obat tetes telinga rumahan yang bisa kamu formulasikan dengan cuka atau alkohol. Berikut tata cara untuk meraciknya. 

  • Pertama, campurkan cuka dan alkohol dengan perbandingan 1:1, gunakan wadah yang seimbang.
  • Jika sudah, kamu bisa langsung meneteskan pada telinga yang sebelumnya kemasukan air dan tersumbat.
  • Lakukan gerakan pijat ringan di bagian luar telinga.
  • Selesai.

Menghisap Air Dengan Telapak Tangan

Salah satu cara untuk memancing air yang masuk telinga sebagai penyebab telinga berdengung adalah dengan menggunakan telapak tangan. Kamu bisa menggosokan telapak tangan pada bagian telinga. Pastikan gerakan telapak tangan kamu naik dan turun, agar permukaan terasa datar. Tekanlah telapak tangan ke telinga dengan kuat, kemudian lepas dengan cepat. Nantinya kamu akan mendapatkan sensasi seakan terhisap pada bagian telinga,sehingga air akan terpancing keluar.

Membiarkannya Selama Semalam

Seperti yang kami katakan sebelumnya jika air masuk ke telinga merupakan suatu hal yang biasa dan akan sembuh dengan sendirinya. Maka, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membiarkannya selama semalam. Selama kamu tidak merasakan efek dari penyumbatan atau efek ekstrim lainnya, maka membiarkannya selama semalam bisa menjadi salah satu cara yang baik untuk mengatasi telinga kemasukan air dan berdengung. 

Melakukan Manuver Valsava

Kamu juga bisa melakukan salah satu teknik pernapasan yaitu Manuver Valsava, dengan menghembuskan napas seraya menutup hidung dan mulut. Menjadi salah satu teknik untuk membuka eustachius sehingga membantu mengeluarkan air yang tertangkap atau tersumbat di dalam saluran telinga. Lakukan teknik Manuver Valsava ini secara baik dan benar, pastikan tidak terlalu keras, karena bisa mencederai bagian gendang telinga. 

Berbaring Dengan Posisi Miring

Air yang masuk ke dalam telinga dan menyebabkan telinga berdengung ini. Nantinya akan keluar sendiri. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan berbaring di posisi miring. Sehingga nantinya air akan terpancing ke luar menuju tempat yang lebih rendah dikarenakan adanya gaya gravitasi. Maka, kamu bisa berbaring ke sisi telinga yang kemasukan air untuk mengatasi penyumbatan pada telinga dengan cepat. Dalam beberapa menit air akan keluar dari telingamu.

Meneteskan Dengan Air Hangat

Terakhir, kamu bisa menggunakan cara menetaskan air hangat untuk mengatasi gangguan telinga kemasukan air dan gejala berdengung. Pastikan air yang digunakan merupakan air hangat dan bukan air panas. Beriktu cara meneteskan air hangat di telinga yang tersumbat.

  • Kamu bisa memiringkan kepala terlebih dahulu, pastikan bagian telinga yang tersumbat menghadap ke atas.
  • Lanjutkan dengan meneteskan air hangat ke telinga sebanyak 2 hingga 3 tetes saja.
  • Kamu bisa melanjutkan dengan mendiamkannya selama beberapa detik, kemudian miringkan kepalamu ke sisi berlawanan dari sebelumnya. 
  • Jika sudah tunggulah beberapa saat, maka air di telingamu yang terjebak akan keluar dengan sendirinya.
  • Selesai

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi masalah telinga yang kemasukan air dan menyebabkannya berdengung. Sekarang kamu bisa mengatasinya dengan cepat jika hal tersebut terjadi padamu atau orang-orang disekitarmu. Telinga berdengung memberikan sensasi yang tidak mengenakan, maka untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan penyumbat telinga saat akan beraktivitas dalam air, misalnya berenang atau menyelam.