Wednesday, 17 Jul 2024

Cara Menghilangkan Cemas Karena Asam Lambung

3 minutes reading
Friday, 11 Nov 2022 19:14 0 331 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin banyak orang-orang yang bertanya cara untuk menghilangkan cemas karena asam lambung, nah jika kamu salah satunya yang ingin tahu maka kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini dengan baik.

Penyakit asam lambung atau GERD merupakan salah satu kondisi yang disebabkan karena naiknya asam lambung menuju esofagus sehingga hal ini yang akan menimbulkan gejala seperti nyeri pada bagian ulu hati atau sensasi seperti terbakar di dada, untuk gejala dari asam lambung yang bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti pola hidup yang tidak sehat, serangan cemas atau khawatir, tukak lambung, gastritis dan yang lainnya.

Untuk rasa takut atau cemas sendiri sebenarnya salah satu respon normal tubuh di saat dalam menghadapi tekanan tertentu atau stres, tetapi jika cemas dirasakan terus menerus, berlebihan, tanpa adanya sebab yang jelas tentunya akan mengurangi fokus kamu dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan hal ini sangat mengganggu.

Hal yang bisa menyebabkan rasa cemas yang berlebihan yang ternyata bisa disebabkan dengan beberapa kondisi diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Gangguan panik, dimana kondisi ini timbul rasa takut yang sangat hebat tanpa adanya penyebab yang begitu jelas, untuk penderita ini yang seakan-akan ingin mati dengan diikuti gejala yang lainnya yaitu diantaranya gemetar, berkeringat berlebih, pingsan, pusing, sesak dan sulit bernafas dan yang lain-lainnya.
  • Gangguan kecemasan, dimana kondisi ini yang mengalami rasa cemas yang berlebihan dan sangat sulit untuk dikendalikan, biasanya akan diikuti dengan gejala yang lainnya seperti berkeringat, sesak nafas, jantung berdebar dan juga gemetar.
  • Gangguan mood.
  • Reaksi stres yang akut.
  • Fobia.

Cara Menghilangkan Cemas Karena Asam Lambung

Cara Menghilangkan Cemas Karena Asam Lambung

Pada saat mengalami kecemasan dan juga stres yang berlebih dan tidak cepat ditangani dapat berujung dengan munculnya sejumlah masalah kesehatan dan salah satunya yaitu asam lambung, memang hal ini yang tidak banyak orang yang menyadarinya jika cemas atau stres ternyata ada kaitannya dengan asam lambung.

Dimana penyebab naiknya asam lambung yang bisa terjadi karena banyak hal yaitu diantaranya bisa karena stres, obesitas atau kegemukan, mempunyai kebiasan merokok, cemas berlebih, mengkonsumsi minuman yang beralkohol dan juga mengkonsumsi makanan asam, berlemak tinggi dan juga pedas.

Dimana hubungan antara asam lambung dengan stres atau cemas berlebih yang diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Cemas atau stres yang berlebih yang bisa membuat tekanan pada katup kerongkongan pada bagian bawah yang berkurang, dimana pada bagian pita oto yang memiliki fungsi sebagai menjaga perut tetap dalam posisi tertutup sehingga asam yang tidak naik ke area tenggorokan.
  • Mengakibatkan produksi asam lambung yang akan mengalami peningkatan.
  • Mengakibatkan otot menegang dengan waktu lama, jika kondisi ini yang berpengaruh pada otot yang ada di bagian area sekitar perut kemungkinan akan terjadi peningkatan tekanan pada organ yang satu ini.

Untuk kamu yang ingin tahu dengan cara menghilangkan cemas karena asam lambung, maka dibawah ini kamu bisa untuk mencoba mengikuti langkah-langkah dibawah ini, dimana terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Lakukan istirahat yang cukup yaitu setidaknya tidur dalam 7 hingga 8 jam seharinya.
  • Lakukan makan yang teratur dan pastikan makan sedikit-sedikit namun sering.
  • Jika cemas atau khawatir yang disebabkan karena kondisi tertentu seperti asam lambung maka kamu harus usahakan untuk mempersiapkan diri agar bisa menghadapi kondisi tersebut.
  • Mencoba dengan selalu berpikir positif dan juga menenangkan diri.
  • Menghindari makanan yang mengandung banyak asam, berminyak dan pedas.
  • Menceritakan mengenai perasaan cemas yang sedang kamu alami dan juga meminta bantuan atau dukungan dari orang-orang sekitar.
  • Mencoba untuk mengurangi konsumsi teh, kafein dan juga minuman yang beralkohol.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara menghilangkan cemas karena asam lambung yang bisa kamu coba praktikan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.