Monday, 17 Jun 2024

Benarkah Penyakit Asam Lambung Naik Disebabkan Oleh Pikiran?

3 minutes reading
Friday, 11 Nov 2022 19:11 0 298 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya benarkah jika penyakit asam lambung bisa naik karena disebabkan oleh pikiran? Nah untuk mengetahuinya jawabannya kamu bisa dengan menyimak penjelasannya dibawah ini dan juga dengan cara mengatasinya.

Asam lambung bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit yang pernah dialami seluruh dunia, bahkan asam lambung ini yang dapat kambuh dalam sewaktu-waktu dan hal ini yang akan memberikan rasa yang tidak nyaman di dalam perut.

Sehingga pada saat mengalami asam lambung naik membuat berbagai aktivitas sehari-hari yang bisa terganggu, tentunya hal ini bisa terjadi karena terdapat beberapa penyebab asam lambung naik yang sangat beragam salah satunya dengan pola hidup tidak sehat, mungkin kamu penasaran benarkah penyakit asam lambung naik disebabkan oleh pikiran?

Menurut dokter spesialis penyakit dalam yaitu dr Aru Ariadno, SpPD KGEH dari RS Brawijaya Depok yang menjelaskan jika salah satu penyebab asam lambung naik yaitu karena gangguan  pikiran atau stres, dimana stres yang bisa membuat dinding lambung yang menjadi lebih rentan terhadap asam baik itu untuk asam lambung atau makanan yang memiliki kandungan asam.

Jika hal tersebut sudah terjadi maka sifat proteksi dinding lambung yang akan mengalami penurunan dan mudah teriritasi, selain itu juga untuk seseorang yang mengalami kecemasan yang berlebih hal ini yang dapat berpotensi mengalami asam lambung naik dan membuat pengeluaran asam lambung yang menjadi berlebih jika tidak langsung diatasi.

Benarkah Penyakit Asam Lambung Naik Disebabkan Oleh Pikiran

Benarkah Penyakit Asam Lambung Naik Disebabkan Oleh Pikiran?

Asam lambung sendiri yang merupakan cairan yang dihasilkan dari sel-sel lambung, dengan memiliki tugas untuk bisa membantu sistem pencernaan dan salah satunya berfungsi untuk membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh bersama dengan makanan yang dimakan.

Jika prose produksi asam lambung yang berlebihan di dalam tubuh maka hal ini yang akan berefek membuat seseorang menjadi mengalami gangguan pencernaan yaitu seperti maag dan bahkan gastroesophageal reflux disease (GERD)

Menurut Dr Aru bahwa jika stres atau gangguan pikiran, cemas, lelah, makanan yang tidak teratur yang akan memicu asam lambung naik, dimana hal ini dikarenakan untuk sistem pengatur pengeluaran asam lambung yang berasal dari otak.

Sama hal nya seperti seseorang yang melihat makanan maka air liur yang akan keluar dan ini hal ini merupakan respon alami yang telah dikeluarkan dari otak, untuk stres sendiri selain dapat mempengaruhi asam lambung tetapi stres juga yang dapat memicu dengan sejumlah kondisi lainnya seperti sulit tidur, berdebar-debar, gangguan menstruasi dan juga sering buang air kecil.

Sehingga untuk mengatasi penyakit asam lambung naik yang disebabkan oleh pikiran, kamu bisa dengan menenangkan pikiran yang menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres atau gangguan pikiran tersebut.

Dimana organ yang terdapat di dalam perut seperti lambung dan usus ini yang pada dasarnya saling berhubungan langsung dengan otak, sehingga dengan begitu dr Ari yang menyampaikan jika untuk pengobatan asam lambung atau maag fungsional ini yang sebenarnya bisa diatasi dengan memperbaiki pola pikir sehingga menjadi lebih tenang.

Sedangkan untuk kamu yang mengalami sakit maag akibat infeksi organik yang pada biasanya dipicu dengan faktor dari luar tubuh yaitu seperti penggunaan obat yang tertentu atau infeksi kuman, jika karena penggunaan obat maka harus di stop penggunaannya namun jika karena pikiran maka kamu bisa untuk mengendalikan pikiran menjadi lebih tenang.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai benarkah penyakit asam lambung naik disebabkan oleh pikiran? Jawaban benar dengan gangguan pikiran yang dapat menyebabkan asam lambung menjadi naik sehingga kamu harus bisa mengendalikan pikiran tersebut, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu menjawab pertanyaan tersebut dan bermanfaat.