Wednesday, 17 Jul 2024

Makanan dan Buah Penetral Asam Lambung

5 minutes reading
Tuesday, 11 Oct 2022 17:01 0 312 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Asam lambung yang menjadi salah satu penyakit yang banyak dialami atau diderita oleh banyak orang, dimana penyakit asam lambung ini yang menyebabkan rasa panas pada sekitar perut dan juga dada sehingga untuk itu perlu mengetahui makanan penetral asam lambung.

Penyakit asam lambung ini yang merupakan gangguan kesehatan yang terjadi di organ lambung yang bisa menimbulkan rasa nyeri ulu hati, sensasi panas atau perih di dada dan bahkan sampai ke kerongkongan dan penyakit asam lambung ini yang sering menyerang orang dewasa.

Untuk kasus asam lambung yang parah yang dapat mengalami sulit dalam menelan makanan atau minuman, sehingga dengan begitu untuk penderita asam lambung yang perlu untuk menjaga agar tidak memakan makanan atau minuman yang dapat mengakibatkan asam lambung naik.

Makanan penetral asam lambung menjadi salah satu hal yang penting diketahui oleh penderita asam lambung , selain dapat meredakan gejala akibat asam lambung tetapi berbagai jenis makanan yang bisa mencegah asam lambung naik untuk itu simak ulasannya dibawah ini.

Makanan dan Buah Penetral Asam Lambung

Makanan Penetral Asam Lambung

Untuk penderita asam lambung dalam soal makanan atau minimum memang perlu diperhatikan, dan berbagai keluhan asam lambung tersebut yang kerap dipicu karena beberapa kebiasaan atau pola makan yang tertentu seperti makan terlalu cepat, berbaring setelah makan dna uga mengkonsumsi makan yang pedas, berlemak dengan porsi yang banyak.

Dimana untuk mencegah atau meringankan gejala asam lambung maka para penderita asam lambung yang harus menerapkan pola makan yang baik dan juga gaya hidup yang sehat, seperti memakan makanan yang mudah untuk dicerna serta makan dengan porsi yang sedikit namun sering dan juga yang lainnya.

Namun tenang saja tidak semua makanan dapat mengakibatkan asam lambung naik, dimana terdapat beberapa makanan penetral asam lambung yang bisa kamu makan, untuk itu berikut beberapa jenis makanan penetral untuk orang yang memiliki penyakit asam lambung yaitu sebagai berikut:

Sayuran

Makanan penetral asam lambung yaitu sayuran, dimakan sayuran secara alami yang mengandung rendah lemak, rendah gula dan juga bisa membantu untuk mengurangi asam lambung dimana beberapa jenis sayuran yang bagus untuk menurunkan asam lambung yaitu:

  • Asparagus, jenis sayuran Asparagus yang kaya akan nutrisi seperti serat, protein, kalsium, zat besi. karbohidrat, fosfor, selenium,, folat dan zinc, vitamin A, B, C, D, E, K Dan juga antioksidan.
  • Brokoli, sayuran brokoli yang merupakan sumber yang kaya akan vitamin, dan juga kelompok vitamin B kompleks yaitu seperti asam pantotenat (vitamin B5) niacin (vitamin B3), vitamin B-12, piridoksin(vitamin B6 dan juga riboflavin dan juga mengandung asam lemak omega 3 selain ikan.
  • Kembang kol, sayuran kembang kol mengandung vitamin C yang dikenal sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Kentang, sayuran kentang yang mengandung folat, vitamin B, vitamin K, kalsium, magnesium. zat besi. fosfor dan selenium.
  • Mentimun, sayuran mentimun yang rendah kalori dan mengandung banyak vitamin dan mineral yaitu karbohidrat 11 gram, serat 2 gam dan protein 2 gram, vitamin C, magnesium, vitamin K, kalium dan mangan.
  • Sayuran berdaun hijau, untuk sayuran yang berwarna hijau kaya akan karotenoid yang bisa mengatasi radikal bebas, mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin K, dan juga unsur mineral yaitu zat besi, magnesium, fosfor dan zat kapur.
  • Kacang hijau, untuk sayuran kacang hijau yang mengandung protein, serat, vitamin, mineral, karbohidrat dan asam folat yang baik untuk tubuh.

Pisang

Buah pisang menjadi salah satu makanan penetral asam lambung dimakan serat larut yang terkandung di dalam buah pisang ini yang bisa mendorong makanan melewati saluran pencernaan, sehingga dapat mencegah asam lambung naik.

Melon

Selain buah pisang buah melon juga termasuk ke dalam buah yang bisa dikonsumsi oleh pengidap penyakit asam lambung, dimana buah melon yang termasuk makanan sumber magnesium dan juga kandungan pH sekitar 6,1 selain buah melon kamu juga bisa memakan buah pir dan apel.

Oatmeal

Oatmeal yang merupakan makanan sumber serat yang baik dan bisa menurunkan asam lambung yang lebih rendah, untuk pilihan makanan sumber serat yang lainnya termasuk dengan nasi gandum dan roti gandum.

Jahe

Jahe yang  mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa menjadi pengobatan alami untuk asam lambung, sakit maag dan juga masalah pencernaan yang lainnya, dimana hanya cukup dengan menambahkan irisan atau parutan jahe ke dalam menu makanan.

Daging dan Seafood yang Tanpa Lemak

Makanan penetral asam lambung selanjutnya bisa mengkonsumsi daging dan juga seafood yang tanpa lemak seperti ayam, ikan, kalkun dna juga makanan laut yang bisa mengurangi gejala refluks, pada dasarnya untuk penderita asam lambung yang tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak yang tinggi.

Putih Telur

Putih telur menjadi salah satu makanan penetral asam lambung, namun untuk kuning telur yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena kuning telur yang mengandung lemak yang cukup tinggi sehingga lebih baik dengan memakan putih telurnya saja dan akan lebih sehat jika dimasak dengan cara direbus.

Yoghurt

Yoghurt yang menjadi makanan penetral asam lambung karena mengandung bakteri asam laktat di dalam nya dan bisa menenangkan lambung dan juga memiliki efek yang baik untuk penderita asam lambung karena yoghurt ini yang sudah difermentasi namun pastikan mengkonsumsi yoghurt tidak berlebihan dan perut tidak dalam kondisi kosong.

Lidah Buaya

Mungkin banyak yang mengira bahwa lidah buaya yang hanya bermanfaat untuk masalah kecantikan, namun dengan mengkonsumsi jus lidah buaya yang terbukti dapat membantu mencegah asam lambung naik karena memiliki komponen anti-inflamasi.

Mungkin hanya itu saja beberapa makanan penetral asam lambung yang bisa kamu ketahui, jika dengan berbagai cara diatas tidak membantu dalam meredakan penyakit asam lambung maka segera untuk berkonsultasi dengan dokter.