Thursday, 18 Jul 2024

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Minyak Telon

5 minutes reading
Saturday, 26 Aug 2023 02:38 0 343 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak telon? Agar si kucing tidak menjadi kutuan lagi. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait cara menggunakan minyak telon untuk menghilangkan kutu pada kucing dengan baik.

Minyak telon yang biasa digunakan untuk bayi atau anak kecil dalam memberikan kehangatan agar si kecil tidak merasa kedinginan setelah dimandikan, ternyata dapat membantu kucing dalam permasalahan kutu termasuk untuk meredakan rasa gatal pada kulit bekas gigitan kutu.

Mungkin memang akan cukup beresiko juga jika menggunakan minyak telon, apalagi sampai di oleskan ke seluruh tubuhnya. Namun, cara ini akan cukup membantu kucing kamu yang sedang kutuan secara alami dengan budget yang tidak terlalu besar sudah tersedia di rumah.

Lalu kalau begitu bagaimana cara menghilangkan kutu dengan minyak telon, agar tidak salah dalam mengaplikasikannya? Nah, disini akan memberikan beberapa cara untuk menggunakan minyak telon pada kucing. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Minyak Telon

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Minyak Telon

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu kenali terlebih dahulu mengenai minyak telon dan beberapa manfaat lainnya untuk si kucing. Penting sekali untuk ketahui lebih dulu agar tidak sembarangan dan salah paham terhadap penggunaan minyak telon untuk kucing.

Minyak telon merupakan minyak essential dengan menggunakan bahan-bahan alami yang biasa digunakan untuk bayi atau anak-anak dalam menghangatkan tubuh mereka dan mengobati rasa gatal serta permasalahan kulit iritasi akibat gigitan nyamuk atau serangga.

Biasanya minyak telon ini memang digunakan untuk manusia bukan hewan, termasuk kucing. Hanya saja ada sebagian orang yang menggunakan minyak telon ini untuk kucing dalam mengatasi masalah tertentu dan memberikan hasil atau efek yang cukup baik untuk kucing.

Minyak telon memiliki banyak manfaat salah satunya untuk mengatasi kucing yang mengalami perut kembung atau buncit agar bisa mengeluarkan gas di dalam perutnya yang menumpuk dan tidak bisa dikeluarkan dengan menggunakan minyak telon pada area perut kembungnya.

Namun, siapa sangka minyak telon ini mampu menghilangkan kutu yang terdapat pada kucing. Kandungan yang terdapat pada minyak telon adalah perpaduan dari 3 jenis minyak, yaitu minyak kayu putih, minyak adas dan minyak kelapa yang dimana minyak ini dapat membantu.

Terutama kandungan minyak kelapa yang terdapat pada minyak telon inilah yang membantu untuk mengatasi kucing kamu yang mengalami kutuan. Minyak kelapa dikenal mampu membasmi kutu pada kucing dan menghilangkan beserta dengan telur-telurnya secara alami.

Selain itu minyak telon juga dapat mengobati dan meredakan rasa gatal serta iritasi akibat gigitan kutu yang menyebabkan kulitnya menjadi merah, gatal-gatal, bahkan luka akibat gigitan. Karena minyak telon memang dirancang untuk mengatasi masalah kulit gatal-gatal.

Kamu bisa gunakan minyak telon untuk membantu kucing kamu dalam membasmi atau menghilangkan kutu secara efektif pastinya dan bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah di rumah. Berikut ada beberapa langkah atau cara dalam mengaplikasikan minyak telon, yaitu:

  1. Sediakan minyak telon, dan cotton bud
  2. Pastikan kucing dalam keadaan bersih sudah kamu mandikan
  3. Lalu kamu gendong si kucing terlebih dahulu agar lebih mudah untuk mengolesi atau memberikan minyak telon untuk si kucing
  4. Celupkan cotton bud tersebut pada minyak telon sampai basah
  5. Oleskan pada area kulit si kucing yang memerah akibat gigitan kutu dengan perlahan, cukup di tep-tep atau oles dengan lembut secara menyeluruh sampai ke setiap kulit yang merah iritasi
  6. Jika sudah mengolesi bagian kulit yang merah, kamu bisa menuangkan minyak telon sedikit demi sedikit di area yang menjadi sarang kutu dan telurnya secara menyeluruh sampai ke bulu-bulunya
  7. Gosok-gosok atau pijat perlahan agar minyak telonnya meresap pada bulu dan kulitnya
  8. Diamkan selama beberapa menit sekitar 5-10 menit
  9. Jika sudah menunggu selama itu, kamu bisa menyisir bulu si kucing menggunakan sisir kutu agar bangkai dan telur kutunya bisa terangkat dengan sempurna
  10. Pastikan sisir secara berulang-ulang kali sampai kutu dan telurnya tidak ada yang tersisa
  11. Jika dirasa sudah cukup terbasmi atau menghilang segeralah untuk membilas si kucing atau memandikan si kucing dengan shampo menggunakan air hangat
  12. Mandikan dengan bersih sampai minyak telon tidak ada yang menempel lagi di bulu atau kulitnya
  13. Jika sudah langsung keringkan si kucing dan jemur si kucing di bawah sinar matahari pagi selama 5 menit agar tidak flu (pastikan memandikannya di pagi hari agar bisa sekalian dijemur)

Peringatan!

Pastikan untuk tidak terlalu banyak dalam pemberian minyak telon untuk kucing, cukup dengan mengoleskannya secara tipis-tipis saja karena minyak telon memiliki efek mint yang cukup menyengat jika terlalu banyak menggunakannya, bisa mengganggu penciuman kucing,

Selalu hati-hati juga saat ingin mengoleskan si kucing dengan minyak telon agar tidak sampai terjilat atau tertelan secara tidak sengaja. Karena kandungan pada minyak telon bisa sangat berbahaya untuk kucing dan dapat menyebabkan berbagai gangguan atau masalah kesehatan.

Kandungan minyak kayu putih yang terdapat pada minyak telon beresiko besar menyebabkan kucing keracunan. Begitupun dengan minyak essential lainnya sangat tidak direkomendasikan untuk diberikan pada kucing, walaupun memang memiliki beberapa manfaat untuk si kucing.

Lebih baik gunakan shampo khusus untuk membasmi kutu dan telur kutu kucing agar lebih aman dan sedikit resiko bahayanya. Selain itu shampo kucing memang dirancang hanya digunakan oleh kucing dan membantu permasalahan kulit atau bulu si kucing dengan efektif.

Itulah beberapa cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak telon yang perlu kamu ketahui agar dapat melakukannya dengan baik saat ingin menggunakan minyak telon pada kucing guna menghilangkan atau membasmi kutu serta meredakan rasa gatal pada kulit si kucing.

Usahakan menghindari pemberian minyak telon pada area matanya dan mulutnya untuk menghindari terjadinya masalah yang tidak diinginkan pada si kucing. Dengan begitu pemakaian minyak telon akan lebih aman untuk kenyamanan si kucing. Good Luck semoga membantu.