Saturday, 22 Jun 2024

Cara Membasmi Kutu Kucing Dengan Baygon

6 minutes reading
Saturday, 26 Aug 2023 02:15 0 1103 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara membasmi kutu kucing dengan baygon? Cara yang benar dalam penggunaan baygon untuk basmi kutu kucing. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait cara basmi kutu menggunakan baygon.

Kutuan pada kucing memang suatu hal yang terbilang sudah sering terjadi jangankan hewan, manusia juga pastinya mengalami hal serupa. Tentunya dengan jenis kutu yang berbeda juga, karena mau bagaimanapun juga kutu hewan tidak dapat hidup di kepala atau rambut manusia.

Namun, sekarang ini sedang booming atau viral tentang penggunaan baygon yang katanya bisa membunuh atau membasmi kutu kucing dengan efektif. Yap! Baygon yang kamu kenal sebagai pembunuh atau pembasmi nyamuk, biasa kamu gunakan dan semprotkan di ruangan rumah.

Lalu kalau begitu bagaimana cara membasmi kutu kucing dengan menggunakan baygon? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara menggunakan baygon untuk membasmi kutu pada kucing kamu di rumah. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Membasmi Kutu Kucing Dengan Baygon

Cara Membasmi Kutu Kucing Dengan Baygon

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai baygon dan kutu kucing sebelum kamu gunakan untuk membasmi. Penting sekali untuk kenali terlebih dahulu agar tidak sembarangan dan salah dalam penggunaan baygon untuk membasmi kutu.

Baygon merupakan produk pembasmi nyamuk, lalat dan ada juga jenis baygon pembasmi serangga kecil yang biasa ada di rumah. Membantu melindungi kamu dari gangguan nyamuk selama 8 jam setelah disemprotkan dalam ruangan. Produk ini juga terjual banyak di pasaran.

Namun, siapa sangka ternyata baygon mampu membasmi kutu kucing secara efektif. Kutu kucing sendiri sebenarnya merupakan serangga parasit yang hidup dengan menghisap darah inangnya, yaitu kucing. Jadi baygon juga dapat digunakan untuk membunuh kutu dan telurnya.

Bahan aktif yang terdapat pada baygon seperti Sipermetrin, Imiprotrin, dan Praletrin serta 99.839% bahan tambahan yang mampu melumpuhkan sel saraf serangga (termasuk kutu kucing), sehingga akan membuatnya terlumpuhkan seketika sampai akhirnya mati.

Seperti yang kamu ketahui bahwa kutu kucing bisa menyebar di dalam rumah kamu dan menempel dimana saja seperti kasur, sofa, lantai, dan ruangan tempat si kucing bermain. Tidak cukup hanya dengan menyapu atau membersihkannya saja, tapi harus segera dibasmi.

Walaupun begitu kamu juga harus mengetahui cara-cara pemakaiannya untuk membasmi kutu kucing dengan baik dan benar supaya tidak salah. Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan guna membasmi kutu kucing, diantaranya adalah:

Semprotkan Pada Kasur Tidur

Kutu kucing yang menyebar atau menempel pada kasur tidur kamu dan bingung cara membasminya sampai mati itu bagaimana, kamu bisa dengan menggunakan baygon spray untuk di semprotkan pada permukaan kasur yang sering kali di hinggapi si kucing yang kutuan.

Gunakan baygon pembasmi serangga atau kutu, lalu semprotkan ke seluruh permukaan kasur dan diamkan selama beberapa menit sampai kutu dan serangga kecil lainnya yang terdapat pada kasur kamu mati. Semprotkan saja secukupnya dan pastikan kamu sedang tidak di kamar.

Hal itu untuk menghindari kamu menghirup atau menghirup bau dari baygon yang menyengat. Jika dirasa sudah cukup lama didiamkan dan kutu atau serangganya mati semua, kamu bisa gunakan vacum cleaner untuk menyedot bangkai-bangkai kutu dan serangga sampai bersih.

Semprotkan Pada Sofa

Selain bisa menyebar di kasur, kutu kucing juga bisa menempel pada sofa kamu. Pastinya kucing kamu juga senang bermain di atas sofa dan berguling-guling di permukaan sofa, apalagi buat kamu yang punya sofa terbuat dari lapisan kain atau serat kain yang bisa menempel.

Akan sangat mudah kutu kucing untuk bisa hinggap di sofa yang seperti itu, selain itu juga bulu si kucing akan gampang menempel pada sofa. Gunakan baygon anti serangga dan semprotkan pada permukaan sofa secara menyeluruh, semprotkan secukupnya saja jangan sampai basah.

Diamkan beberapa menit sampai kutu yang menempel pada sofa akhirnya mati semua, lalu kamu bisa bersihkan sisa-sisa atau bangkai kutunya menggunakan vacum cleaner agar terangkat atau tersedot semua bangkainya sampai bersih. Kamu juga bisa menjemur sofanya.

Semprotkan Pada Lantai

Lantai menjadi sarang banyak bakteri, kuman, dan parasit seperti kutu menempel atau berjatuhan ke permukaan lantai. Tidak cukup dengan hanya mengenalnya saja, tapi perlu semprotan antiseptik atau antibakteri yang dapat membasmi dengan sempurna pakai baygon.

Gunakan baygon anti serangga dan semprotkan pada permukaan lantai yang kotor serta terdapat beberapa serangga kecil, termasuk kutu kucing juga. Cukup semprotkan pada area yang sekiranya banyak serangga dan area yang selalu dijadikan tempat bermain si kucing.

Diamkan beberapa menit sampai cairan baygon itu dapat bekerja dengan maksimal untuk melumpuhkan sampai serangga atau kutu kucing benar-benar mati. Jika sudah, bersihkan bangkai serangga atau kutu tersebut menggunakan vacum cleaner agar tersedot sampai bersih.

Semprotkan Pada Kutu Kucing

Jika kamu ingin menyemprotkannya langsung pada kutu si kucing menggunakan baygon agar benar-benar terbasmi, bisa dengan mengumpulkannya terlebih dahulu kutu si kucing yang telah kamu kumpulkan sebelumnya dan langsung saja kamu gunakan semprotan baygon.

Caranya cukup mudah, kamu bisa menyisir terlebih dahulu bulu si kucing menggunakan sisir kutu agar kutu beserta dengan telurnya bisa terangkat dengan baik. Gunakan kertas untuk menampung kutu-kutu tersebut yang telah kamu sisir sampai benar-benar terkumpul banyak.

Jika sudah terkumpul, kamu bisa semprotkan kutu-kutu tersebut menggunakan baygon. Semprotkan secukupnya dan biarkan cairan baygon tersebut bekerja dengan baik sampai kutu kucing mati semua. Sesudah itu kamu bisa buang bangkai kutunya pada tempat sampah.

Peringatan!

Hindari menggunakan baygon untuk disemprotkan langsung pada tubuh si kucing atau bulu si kucing, karena sangat berbahaya jika sampai terjilat oleh sih kucing. Baygon mengandung bahan-bahan kimia yang memiliki zat beracun jika sampai terjilat oleh si kucing.

Hindari juga kucing kamu menghirup baygon, pastikan saat menyemprotkan baygon kucing kamu dijauhkan terlebih dahulu dari area ruangan yang telah kamu semprotkan baygon. Karena penciuman kucing sangat sensitif dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Kandungan DEET pada setiap produk baygon dapat membuat si kucing tremor kalau sampai menghirupnya, bahkan dapat keracunan juga jika sampai terjilat dengan tidak sengaja. Resiko terburuknya adalah kematian, jadi gunakan baygon dengan bijak dan selalu hati-hati.

Itulah beberapa cara membasmi kutu kucing dengan baygon yang mungkin perlu kamu ketahui agar mengetahui bagaimana cara-caranya sesuai arahan yang telah ditentukan, supaya tidak asal dan sembarangan menyemprotkan baygon untuk membasmi kutu kucing dengan baik.

Usahakan untuk menggunakan baygon dengan bijak dan hati-hati, jangan terlalu gegabah dalam pemakaiannya apalagi untuk kucing peliharaan. Gunakan sesekali saja ketika memang sedang diperlukan sebagai cara alternatif untuk basmi kutu. Good Luck semoga membantu.