Monday, 17 Jun 2024

Cara Mengkonsumsi Daun Kelor

6 minutes reading
Monday, 13 Feb 2023 20:36 0 302 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Siapa yang tidak tahu dengan tanaman yang satu ini dengan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan bahkan untuk wajah, tanaman tersebut yaitu daun kelor tentu saja untuk mendapatkan manfaatnya maka kamu perlu mengetahui cara mengkonsumsi daun kelor.

Moringa oleifera atau daun kelor ini yang merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan berada di daerah tropis yang biasanya daun kelor ini digunakan sebagai pengobatan alami, tanaman ini yang dapat tumbuh dengan cepat, tahan dengan kondisi panas yang ekstrim, berumur panjang dan juga berbunga sepanjang tahunnya.

Tanaman kelor dikenal memiliki ukuran daun yang kecil, bentuk oval dan bertangkai dan juga tinggi pohonnya yang dapat mencapai 11 meter, bagian ujung ranting daun kelor ini yang dihiasi dengan bunga yang berwarna kuning yang aromanya sangat semerbak.

Daun kelor bisa kamu temukan dengan mudah dan bahkan tanaman ini bisa kamu temui di pekarangan rumah, nah untuk kamu yang ingin tahu dengan cara mengkonsumsi daun kelor untuk mendapatkan manfaatnya bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Cara Mengkonsumsi Daun Kelor

Cara Mengkonsumsi Daun Kelor

Memang banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan manfaat ini yang berasal dari kandungan senyawa antioksidan dalam daun kelor yang cukup tinggi, sehingga  tidak heran jika tanaman ini yang digunakan sebagai pengobatan alternatif alami.

Selain itu juga daun kelor ini yang mengandung vitamin, protein dan juga mineral di dalamnya seperti kalori, protein, fosfor, serat, air, serat, niasin, vitamin C, beta karoten, kalium dan juga natrium.

Kamu bisa untuk mendapatkan manfaat dari daun kelor ini dengan menggunakan cara pengolahannya yang sederhana dan mudah dilakukan di rumah, bisa dijadikan lalapan tanpa perlu dimasak terlebih dahulu namun pastikan mencucinya terlebih dahulu hingga bersih untuk kamu yang suka lalapan.

Selain dijadikan lalapan kamu juga bisa dengan menggunakan cara mengolah daun kelor ini agar bisa kamu konsumsi, adapun untuk cara mengkonsumsi daun kelor yaitu sebagai berikut:

Direbus

Untuk cara mengolahnya yang paling tradisional untuk bisa kamu konsumsi daun kelor ini yaitu minum rebusan daun kelor, atau bisa juga dengan mengkonsumsinya seperti lalap atau sayuran pada pecel, dalam merebus daun kelor ini pastikan tidak merebusnya terlalu lama agar kandungan antioksidan dalam daun kelor tidak terbuang.

Dibuat Teh

Untuk cara mengolah daun kelor yang lainnya yaitu dengan mengolahnya menjadi teh tubruk atau teh celup, untuk membuatnya kamu pilih daun kelor yang masih terdapat batangnya hal ini bertujuan agar lebih mudah digantung dengan  tali di dalam ruangan yang tertutup berventilasi.

Untuk proses pengeringan ini yang mungkin membutuhkan waktu sekitar tiga hari, jika daun kelor sudah kering maka kamu bisa menghaluskannya dan masukkan ke dalam kantung teh untuk dijadikan teh celup, selain itu juga kamu bisa dengan langsung menyeduhnya dengan menggunakan air panas.

Manfaat Mengkonsumsi Daun Kelor Secara Rutin

Cara Mengkonsumsi Daun Kelor

Setelah kamu mengetahui dengan cara mengkonsumsi daun kelor tentu saja kamu juga perlu mengetahui apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi daun kelor ini, untuk itu berikut beberapa manfaatnya.

Meningkatkan Imun Tubuh

Daun kelor mengandung antioksidan dan juga vitamin C yang tinggi bisa bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya  tahan tubuh, selain itu juga daun kelor yang mengandung kalium yang bisa membantu pemulihan tubuh dna juga pembentukan otot kuat.

Membantu Meredakan Asam Urat

Daun kelor yang bermanfaat untuk membantu meredakan asam urat hal ini dikarenakan daun kelor yang mengandung zat aktif yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dengan melalui beberapa tahap, untuk proses mencegah nyeri yang tidak tertahankan yaitu dengan menghambat sintesis asam urat, inflamasi dan juga stres oksidatif.

Kesehatan Mata

Kandungan antioksidan dan beta karoten dalam daun kelor yang memiliki peran dalam menjaga kesehatan mata, dimana daun kelor ini yang bisa menghentikan penebalan membrane kapiler, pelebaran pembuluh darah retina, dan juga menghambat disfungsi retina.

Mencegah Menopause

Manfaat dari mengkonsumsi daun kelor yaitu membantu untuk mencegah terjadinya gejala menopause atau masalah pada tulang yang diakibatkan adanya penurunan estrogen, hal ini dikarenakan daun kelor yang kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin C, kalium, boron dan juga magnesium yang memiliki peran untuk kesehatan tulang dan juga penyerapan kalium.

Mengatasi Kanker

Daun kelor yang dikenal bisa membantu untuk pengobatan kanker hal ini berkat adanya kandungan eugenol yang terdapat didalam daun kelor, dimana eugenol ini yang bisa membuat kemoterapi yang lebih efektif dengan ekstrak daun kelor  yang bisa memperlambat masa pertumbuhan sel kanker pankreas.

Mencegah Anemia

Daun kelor mengandung zat besi di dalamnya yang bisa membantu untuk mencegah terjadinya anemia, dengan mengkonsumsi suplemen daun kelor secara rutin yang akan bisa membantu dalam mengatasi anemia.

Kesehatan Kulit

Manfaat daun kelor untuk kecantikan yaitu membantu untuk mencegah penuaan dini dan juga mengatasi masalah jerawat, manfaat ini berasal dari daun kelor yang memiliki manfaat antimikroba yang bisa membantu dalam mengatasi jerawat dan juga untuk minyak alami daun kelor ini yang mengandung asam linoleat yang akan mengobati jerawat yang secara alami.

Meningkatkan Produksi ASI

Dengan mengkonsumsi daun kelor untuk ibu menyusui yang bisa membantu dalam meningkatkan produksi ASI pada hari ke 4 atau 5 setelah melahirkan bayi prematur, selain itu juga dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung daun kelor yang bisa meningkatkan kualitas ASI yang khususnya untuk jumlah protein terkandung didalam ASI.

Meningkatkan Nutrisi Anak

Manfaat daun kelor untuk anak yaitu membantu dalam meningkatkan nutrisi anak dengan meningkatkan berat badan anak yang malnutrisi, untuk mendapatkan manfaatnya ibu bisa memberikan bubuk daun kelor selama dua bulan yang secara teratur dan pastikan tidak memberikannya secara berlebihan.

Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Daun kelor mengandung antioksidan dan zat kimia didalamnya yang bisa membantu dalam mengatasi peradangan di otak dan juga stres, selain itu daun kelor yang kaya akan protein yang bisa meningkatkan produksi neurotransmitter dengan begitu bisa mempengaruhi emosi, kemampuan belajar, suasana hati hingga meningkatkan daya ingat dengan cara mengubah aktivitas enzim pada otak untuk memori dan pembelajaran.

Namun selain memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan namun jika kamu mengkonsumsi daun kelor ini secara berlebihan tentu saja akan menimbulkan efek sampingnya, beberapa risiko munculnya efek samping untuk kesehatan kesehatan yaitu sebagai berikut:

  • Untuk ibu hamil yang bisa menyebabkan risiko keguguran, hal ini dikarenakan kandungan zat kimia yang terdapat didalam daun kelor yang bisa memicu rahim berkontraksi.
  • Jika diminum bersamaan dengan obat diabetes yang bisa beresiko terjadinya hipoglikemia apalagi jika tidak adanya konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.
  • Dapat memperburuk hipotiroid, apalagi jika dikonsumsi bersamaan dengan obat hipotiroid.
  • Menurunkan tekanan darah terlalu rendah jika dikonsumsinya bersamaan dengan minum obat hipertensi yang lainnya.
  • Daun kelor yang diduga mempunyai sifat anti kesuburan, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai cara mengkonsumsi daun kelor yang bisa kamu coba untuk bisa mendapatkan manfaatnya dan juga kamu perlu mengetahui efek sampingnya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.