Monday, 17 Jun 2024

Cara Mengobati Kucing Sakit Mata Bengkak dan Menonjol

6 minutes reading
Friday, 11 Aug 2023 23:52 0 77 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mengobati kucing sakit mata bengkak dan menonjol? Penasaran? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait cara mengobati si kucing yang sedang sakit mata sampai bengkak dan menonjol.

Sering kali si kucing merasakan sakit di bagian matanya yang menyebabkan matanya jadi lebih sering berair, timbul belek, memerah, bahkan sampai membengkak dan menonjol di bagian matanya. Hal itu pasti sangat membuat kamu khawatir dan takut kucing kamu kenapa-napa.

Memang cukup serius jika mata si kucing sampai membengkak dan itu pasti akan mengganggu penglihatannya bahkan resiko terburuknya adalah kebutaan permanen. Mengerikan bukan? Maka dari itu sebisa mungkin untuk segera mengatasinya dan mengobatinya sebelum parah.

Lalu kalau begitu bagaimana cara mengobatinya? Apalagi mata adalah bagian yang cukup sensitif. Nah, disini akan memberikan beberapa cara mengobati kucing yang sakit mata bengkak dan menonjol. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengobati Kucing Sakit Mata Bengkak dan Menonjol

Cara Mengobati Kucing Sakit Mata Bengkak dan Menonjol

Sebelum itu ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu mengenai apa penyebab mata si kucing bisa sampai bengkak bahkan terlihat menonjol dan seperti apa ciri-ciri si kucing sedang sakit mata. Perlu untuk kamu kenali agar mempermudah mengatasinya.

Banyak sekali penyebab dan gejala yang dialami si kucing ketika sedang sakit pada bagian matanya. Ketika si kucing sedang terserang flu juga matanya bisa ikut sakit dan memerah serta berair secara terus menerus, tapi jarang-jarang matanya bisa sampai bengkak karena flu.

Pembengkakan pada matanya bisa disebabkan dari infeksi bakteri atau virus yang menyerang pada bagian matanya langsung. Seperti halnya flu yang disebabkan oleh virus ternyata bisa membengkak pada kelopak matanya jika tidak segera diobati atau flunya semakin parah.

Selain itu pembengkakan pada mata bisa dari alergi atau kucing kamu memiliki alergi terhadap debu, kotoran yang masuk ke matanya sehingga membuatnya iritasi dan bengkak. Kucing yang mengalami glaukoma juga bisa menjadi penyebab utama matanya jadi bengkak dan menonjol.

Hal ini terjadi akibat adanya tekanan cairan di dalam bola mata si kucing karena drainase cairan dalam mata tidak terjadi dengan baik atau normal, sehingga menyebabkan bola matanya terlihat membesar dan ini akan terasa sakit serta dapat merusak syaraf penglihatannya.

Maka dari itu jika kucing menunjukan gejala seperti itu pada matanya, segeralah untuk mengatasi dan mengobatinya segera mungkin sebelum makin parah. Berikut ada beberapa cara mengobati mata kucing yang bengkak dan menonjol, diantaranya adalah:

Rutin Membersihkan Mata si Kucing

Cara yang sangat mendasar dan harus rutin kamu lakukan jika si kucing sedang sakit mata adalah membersihkan bagian matanya agar tidak semakin terinfeksi dan kebersihan matanya terjaga. Penting sekali untuk membersihkan matanya yang sakit, karena pastinya akan sering mengeluarkan cairan dan kotoran di pupil matanya yang bisa semakin parah jika tidak bersih.

Maka dari itu kamu harus sering-sering membersihkannya dengan cara mengelap dengan kain atau waslap yang sudah kamu basahi menggunakan air hangat, Lalu lap-lap dengan lembut pada bagian matanya yang kotor dan bernanah sampai bersih. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi yang semakin parah dan menjalar di seluruh area matanya.

Jauhkan si Kucing Dari Paparan Debu

Disaat kondisi matanya sedang tidak baik dan membengkak hingga mengeluarkan cairan nanah dari matanya, usahakan untuk tidak terkena debu atau partikel-partikel lainnya yang dapat memperburuk kondisi mata si kucing. Karena debu atau kotoran yang biasa beterbangan di udara bisa dengan mudah menempel pada matanya yang sedang sakit dan memperparah.

Maka dari itu hindari untuk tidak menempatkan si kucing di ruangan yang kotor dan banyak debu yang bisa masuk ke dalam matanya. Selain itu debu juga bisa terhirup ke hidungnya dan menyebabkan kucing flu. Apalagi teruntuk kucing yang memiliki alergi terhadap debu, jika terkena yang ada hanya akan semakin memperparah kondisi matanya lebih serius lagi.

Rutinlah untuk menjaga kebersihan tempat tinggal si kucing baik ketika sedang tidak sakit maupun sakit. Karena itu sangat penting untuk kesehatan tubuhnya bukan hanya mata saja, dengan begitu kamu dapat mencegah penyakit yang bisa menyerang si kucing kapan saja. Bersihkan juga tempat pupnya seminggu 2-3x agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri.

Memberikan Obat Tetes Atau Salep Mata

Pembengkakan pada mata si kucing bisa disebabkan oleh luka atau infeksi dan bisa kamu obati menggunakan obat tetes mata atau salep mata yang bisa kamu dapatkan di klinik hewan sesuai resep dokter. Hal ini dilakukan untuk bisa meredakan rasa sakit dan pembengkakan pada bagian mata si kucing yang sakit agar cepat mengempes serta membersihkan kotoran di mata.

Kamu bisa beli atau tanyakan ke dokter mengenai obat mata untuk si kucing yang sedang sakit mata sampai membengkak. Dengan begitu kamu bisa rutin meneteskan obatnya sesuai aturan yang sudah dokter sarankan, atau dengan cara mengisinya dengan salep mata di area yang luka atau membengkak di bagian luarnya dengan rutin sesuai aturan yang telah dokter berikan.

Berikut ada beberapa produk obat tetes dan salepnya:

  1. TYLOVET
  2. NEO EYE DROP
  3. GENTAMICIN

Memberikan Obat Yang Mengandung Anti Radang dan Antihistamin

Jika kucing kamu mengalami alergi yang menyebabkan matanya membengkak dan menonjol karena semakin meradang, kamu bisa berikan obat untuk diminum langsung yang terdapat kandungan antiradang dan antihistamin untuk membantu meredakan rasa sakit serta pembengkakan pada matanya sampai menyusut atau mengempis.

Obat tersebut bisa kamu dapatkan di klinik hewan atau dokter hewan sesuai resep yang telah diracik dengan takaran yang pas oleh dokter. Bisa kamu berikan dengan rutin sampai benar-benar pulih dan mulai mengempes perlahan-lahan dengan baik. Pastikan kamu mendapatkan arahan dari dokter hewan sebelum memberikannya obat mata.

Konsultasi Langsung ke Dokter Hewan

Hal yang tepat untuk kamu lakukan guna mengobati mata si kucing yang bengkak dan menonjol adalah dengan konsultasi serta membawanya ke dokter hewan. Hal ini dilakukan jika bengkak di mata kucing kamu tidak kian membaik, takutnya itu bukan sekedar bengkak bisa saja ada tumor di bagian matanya dan harus segera di cek untuk memastikannya lebih jelas.

Dengan membawanya ke dokter, nanti akan ditangani langsung oleh ahlinya dan menjalani operasi untuk mengangkat tumor di matanya sebelum semakin mengganas. Operasi dilakukan jika memang kucing kamu mengidap tumor setelah diperiksa langsung oleh dokter dan segera untuk di angkat sampai benar-benar tercabut sampai akar-akarnya.

Itulah beberapa cara mengobati kucing sakit mata bengkak dan menonjol yang mungkin perlu kamu ketahui, agar bisa kamu atasi segera ketika kucing kamu terlihat sedang sakit mata sampai menyebabkan matanya bengkak dan menonjol yang cukup besar serta parah.

Hindari si kucing dari berbagai macam benda atau yang sekiranya dapat menyakiti mata si kucing dengan tidak sengaja. Selalu perhatikan juga kesehatannya dan berikan vitamin yang baik untuk kesehatan matanya agar selalu tetap sehat. Good Luck semoga membantu.