Thursday, 20 Jun 2024

Cara Menyeduh Susu Bubuk Yang Benar

2 minutes reading
Saturday, 12 Aug 2023 14:52 0 212 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Susu bubuk memiliki banyak probiotik yang berguna untuk kesehatan tubuh, namun jika cara menyeduh susu bubuk salah, kandungan nutrisi dan probiotik yang terkandung didalam akan terbuang sia-sia.

Lalu bagaimana cara untuk menyeduh susu bubuk yang benar? Apakah menggunakan air dingin atau sejuk terlebih dahulu? Dengan begitu dapat menyelamatkan kandungan probiotik baik di dalamnya.

Sayangnya, menggunakan air dingin justru akan membuat probiotik dalam susu tidak bangun, probiotik sendiri akan bangun atau aktif ketika bertemu dengan air hangat.

Kamu harus menggunakan suhu air yang tepat, tidak dingin dan tidak melebihi 70 derajat celcius. Sehingga kamu harus menyesuaikan terlebih dahulu susu airnya sehingga hangat dan aman dikonsumsi dengan kandungan Probiotik baik bagi tubuh.

Cara Menyeduh Susu Bubuk Yang Benar

Cara Menyeduh Susu Bubuk Yang Benar

Berikut ini merupakan beberapa langkah mengenai cara untuk menyeduh susu bubuk yang baik dan benar agar kandungan probiotik dalam susu bubuk akan aktif dan pastinya sehat jika diminum.

Siapkan Peralatan dan Susu Formula Bubuk

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam menyeduh susu bubuk adalah menyiapkan susu bubuk dan peralatan yang dibutuhkan.

Diantaranya, kamu membutuhkan sendok takar, termometer hingga botol susu. Pastikan juga meja tempat kamu membuat susu formula ini dalam keadaan bersih, pun dengan peralatan yang kamu gunakan harus bersih dan steril tentunya. 

Masak Air Hingga Mendidih

Selanjutnya, jika seluruh peralatan sudah steril maka kamu bisa langsung merebus air hingga mendidih. Biarkan terlebih dahulu panci tertutup selama 10 hingga 15 menit lama nya.

Hingga suhu air turun menjadi 70 derajat celcius. Setelahnya kami bisa melanjutkan dengan menuangkan air terlebih dahulu ke dalam botol, sesuai dengan takaran seharusnya.

Tuangkan Susu Bubuk Sesuai Takaran

Jika kamu sudah mengisi air, maka lanjutkan dengan menuangkan susu bubuk ke dalam botol susu tersebut. Susu harus diseduh dengan takaran yang tertulis pada kemasan susu bubuk.

Sehingga tidak akan menyebabkan gangguan pada pencernaan si kecil. Kemudian nutrisi yang didapatkan akan sesuai dengan kebutuhan nutrisi hariannya. 

Kocok dan Diamkan Hingga Suhu turun

Selanjutnya, kamu dapat mengocok susu hingga larut dan merata. Tentunya kamu harus menunggu hingga suhunya turun, bisa kamu cek dengan meneteskan susu bubuk di atas kulit tangan.

Jika sudah terasa tidak terlalu panas kamu bisa memberikannya pada si kecil. Kemudian susu bubuk yang sudah diseduh siap dinikmati sang buah hati.

Demikian diatas merupakan beberapa langkah mengenai cara menyeduh susu bubuk yang baik dan benar agar semua kandungan nutrisi pada susu bubuk dapat didapatkan secara maksimal.