Saturday, 22 Jun 2024

Cara Tes Kehamilan Dengan Garam, Apakah Akurat?

4 minutes reading
Thursday, 26 Oct 2023 00:54 0 76 Muti Karya

Nesiaverse.com – Beredar cara tes kehamilan dengan menggunakan garam, apakah cara tersebut akurat? Mengingat sejauh ini cara untuk tes kehamilan paling akurat yaitu menggunakan test pack, hingga 90%. Kemudian beredar juga sebuah unggahan di Facebook terkait cara tes kehamilan menggunakan garam. Sehingga banyak warganet yang mempertanyakan apakah benar bisa melakukan tes kehamilan dengan garam dan apakah akurat?

Tes kehamilan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengetahui kondisi seorang wanita, apakah dalam kondisi hamil atau tidak. Tes kehamilan juga dikatakan dapat dilakukan secara alami, salah satunya menggunakan garam. Nah, untuk mengetahui jawabnya, kamu dapat memperhatikan ulasan bekrit ini. 

Cara Tes Kehamilan Dengan Garam, Apakah Akurat?

Cara Tes Kehamilan Dengan Garam

Unggahan yang tengah viral terkait klaim bahwa kehamilan dapat dideteksi menggunakan garam ini menjadi pertanyaan banyak orang. Dalam narasinya dilakukan jika garam dan urine dapat berubah warna dan terdapat busa gelembung dalam 2 menit lamanya. Hal inilah sebagai salah satu tanda bahwa kamu tengah dalam kondisi positif atau hamil. 

Namun faktanya dikutip dari Agence France Presse atau AFP, yang mana tes kehamilan di rumah dilakukan dengan cara mendeteksi hormon chorionic gonadotropin atau hCG yang ada di dalam urine dan darah saja. Pendeteksian hormone satu ini tidak dapat dilakukan menggunakan garam yang dicampurkan ke urine. 

Pendeteksian hormon Human chorionic gonadotropin atau hCG ini tidaklah sembarangan seperti yang dikatakan dalam unggahan facebook yang mengklaim reaksi kimia dari urine dan garam tersebut. 

Dr.Mari Julieta, dokter kandungan- ginekologi di Rumah Sakit Umum Filipina, dirinya mengatakan bahwa tidak ada bukti secara ilmiah terkait cara tes kehamilan dengan menggunakan garam dapat mendeteksi kehamilan. 

Hal ini dikarenakan reaksi garam yang diteteskan dengan urine sendiri bukanlah untuk mendeteksi keberadaan dari hormon human chorionic gonadotropin atau hCG. Namun, karena faktor dari pH urine. Sehingga adanya perubahan tekstur dan warna yang muncul berbuih juga, karena tergantung dengan nilai pH urine tersebut. 

Sehingga kesimpulannya adalah bahwa garam tidak dapat digunakan sebagai salah atau bahan atau alat uji kehamilan, untuk menunjukan kondisi seorang wanita tengah positif hamil atau negatif. 

Kamu harus menghindari hoax atau mitos mengetahui cara tes kehamilan dengan menggunakan garam, sehingga pertanyaan terkait apakah cara tersebut akurat? tentu saja tidak. Selain itu tes kehamilan dengan menggunakan garam memiliki dampak juga. 

Tes kehamilan menggunakan garam memang tidak memberikan dampak secara langsung pada kesehatan. Namun , hal ini akan berdampak pada gejolak emosi pelakunya sendiri. Maksudnya adalah gejolak emosi jika tes kehamilan menggunakan garam ini justru menunjukan hasil yang berbeda dengan kenyataannya. 

Misalnya, ketika melakukan tes kehamilan menggunakan garam, kamu mendapatkan hasil adanya perubahan, munculnya buih dan perubahan warna. Namun, ketika kamu melakukan check ke dokter malah tidak ditemukan pertumbuhan embrio di dalam rahim. Tentunya hasil tes palsu dari cek tes kehamilan menggunakan garam di awal akan menimbulkan rasa sedih atau kecewa seseorang. 

Sebaliknya, jika dalam tes kehamilan dengan garam kamu mendapatkan hasil negatif, namun pada tes kenyataannya ternyata terdapat janin yang tumbuh di dalam rahim kamu, tentunya sang wanita tidak akan waspada sehingga bisa saja melakukan hal-hal yang tanpa disadarinya membahayakan nyawa sang janin. 

Maka, cara tes kehamilan dengan garam sendiri harus kamu hindari, karena hal tersebut selain hoax akan menimbulkan dampak negatif bagi keadaan emosi dan mental pelakunya. Ada baiknya lakukanlah check atau tes kehamilan pertama menggunakan test pack saja, sebagai salah satu alat tes kehamilan yang terbukti dan memiliki keakuratan hingga 90%. 

Kamu juga dapat melakukan tes kehamilan menggunakan test pack dengan menerapkan cara penggunaan yang tepat, terkait tata cara waktu dan pengulangan. Sebelumnya, kamu pasti akan merasakan gejala atau tanda-tanda kehamilan terlebih dahulu. Sehingga sebaiknya gunakanlah test pack yang dijual bebas di apotik. Sehingga hasilnya akan akurat dan menghindari dampak pada kesehatan emosi dan mental. 

Demikian ulasan terkait pertanyaan cara tes kehamilan dengan menggunakan garam, apakah akurat? maka jawabannya sama seperti ulasan di atas, yaitu tidak, bahkan kamu dianjurkan untuk menghindari dan menolak percaya dengan mitos atau hoax tersebut.