Monday, 17 Jun 2024

6 Ciri-Ciri dan Tanda Kalori Terbakar Saat Olahraga

5 minutes reading
Sunday, 20 Aug 2023 18:57 0 224 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Dimana pada saat kamu menjalankan program diet yang tentu saja kerap mendengar kata kalori dan bahkan tidak jarang juga pentingnya menemukan angka tertentu dengan disertai tulisan kkal pada sebelahnya, untuk artikel kali ini kita akan membahas dengan ciri-ciri dan tanda kalori terbakar dan untuk mengetahui ciri-cirinya bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Kalori merupakan jumlah energi yang didapatkan dari minuman dan makanan dan hal ini adalah jumlah energi yang dibakar tubuh dengan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, artinya yaitu kalori adalah energi yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat melakukan aktivitas dan juga menjalankan fungsinya dengan baik.

Terdapat banyak sekali alasan mengapa banyak sekali yang ingin mengetahui dengan ciri ciri dan tanda kalori terbakar dan salah satunya yaitu bisa jadi ini merupakan target dari melakukan olahraga secara rutin atau menjalankan program diet, lalu apa saja ciri ciri dan tanda kalori terbakar? Untuk mengetahuinya bisa simak penjelasannya disini.

Ciri-Ciri dan Tanda Kalori Terbakar Saat Olahraga

Ciri-Ciri dan Tanda Kalori Terbakar

Dalam proses pembakaran kalori tubuh yang tentunya membutuhkan waktu yang tidak instan dan untuk memaksimalkan pembakaran kalori yang diperlukan dengan diimbangi olahraga dan juga menerapkan pola makan yang sehat dan teratur, tetapi untuk mengetahui tubuh yang sudah berhasil membakar kalori dan juga melunturkan lemak yang tidak dapat dilihat hanya dari ukuran pinggang mengecil saja atau berat badan yang menurun saja.

Telah mengutip dari Healthline yang terdapat sejumlah ciri ciri dan tanda yang menjadi acuan bahwa kalori terbakar, adapun untuk ciri-ciri dan tandanya sebagai berikut:

Menjadi Lebih Berotot

Salah satu ciri ciri dan tanda kalori terbakar yaitu menjadi lebih berotot yang dimana membangun massa otot yang bukan perkara yang mudah membutuhkan waktu tidak instan dan bahkan perlu latihan intensitas yang tinggi dan rutin dengan dibarengi mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, jika kamu melihat perubahan otot yang jelas pada bagian kaki atau lengan menjadi lebih kencang maka ini dapat menjadi indikasi bahwa kalori yang berhasil di bakar.

Meningkatnya Kesehatan Jiwa

Menurut hasil dari studi yang menyatakan bahwa untuk orang-orang yang sudah konsisten menjaga berat badan agar tetap dela dengan rutin melakukan olahraga akan cenderung mengalami peningkatan kesehatan pada jiwa, untuk manfaat psikologis yang didapatkannya seperti mampu mengontrol emosi diri dan juga perilaku kompulsif, kondisi tubuh yang menjadi lebih bugar, tidak mudah merasa cemas dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

Ukuran Tubuh yang Menunjukan Perubahan

Untuk ciri ciri dan tanda kalori terbakar yang lainnya yang sangat mencolok yaitu pada ukuran tubuh pada bagian tubuh yang tertentu yang menunjukan perubahan yang signifikan dan salah satunya pada ukuran pinggang, dimana sebuah studi yang telah melihat sekitar 430 orang yang ikut program penurunan berat badan sekitar 2 tahun sudah tercatat dapat mengurangi ukuran lingkar pinggang.

Tidak Akan Mudah Lapar

Karena kamu memiliki niat ingin membakar banyak kalori sehingga asupan makanan yang diperlukan tentunya harus tinggi protein dan juga rendah karbohidrat, dimana nantinya makanan tersebut yang mampu untuk menekan rasa lapar dan juga asam amino protein tersebut yang akan mengirimkan sinyal rasa kenyang ke otak.

Membuat Suasana Hati menjadi Baik

Dengan merasakan suasana hati atau mood yang baik yang termasuk ke dalam ciri ciri dan tanda kalori terbakar, karena pada saat kamu berolahraga atau membakar kalori maka tubuh yang akan melepaskan hormon kortisol dan juga epinefrin yang kemudian akan merangsang proses peningkatan hormon norepinefrin sebagai antidepresan yang dapat membantu membangkitkan suasana hati.

Berkurangnya Nyeri pada Tubuh

Untuk orang yang memiliki berat badan yang berlebih umumnya akan lebih rentan merasakan nyeri sendi pada beberapa bagian tubuh seperti pinggul, kaki, lutut, karena harus menopang berat badan, sedangkan untuk mereka yang bisa mengontrol berat badan dengan aktif bergerak yang akan terhindar atau berkurangnya risiko nyeri sendi pada tubuh.

Tekanan Darah yang Terkontrol

Pada saat kamu sudah berhasil membakar kalori tubuh maka tekanan darah yang dapat ikut terkontrol menjadi lebih stabil, hal ini yang dikarenakan lonjakan gula darah setelah makan yang sellay dibakar dengan melakukan olahraga sehingga dengan begitu tidak akan membuat lemak-lemak jadi mengendap pada tubuh.

Akan Merasa Nyaman Saat Berpakaian

Untuk ciri ciri dan tanda kalori terbakar yang lainnya yaitu merasa lebih nyaman pada saat berpakaian dan untuk alasan lainnya pada saat seseorang yang lebih giat berolahraga yaitu biasanya ingin dapat menggunakan pakaian yang lama atau yang sebelumnya dirasa sempit.

Memang hal ini yang dibuktikan dari hasil studi yang telah melaporkan sebanyak 77% wanita dan juga sekitar 36% pria yang mulai termotivasi untuk menurunkan berat badan atau diet agar bisa menggunakan pakaian tertentu dengan lebih nyaman.

Sistem Pencernaan Lancar

Dimana dalam proses membakar kalori tubuh yang sangat perlu untuk diimbangi dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat, berprotein, mengandung vitamin dan juga mineral, dari makan yang bernutrisi yang berfungsi tidak hanya membuat kamu merasa kenyang lebih lama tetapi juga akan membantu dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan agar tidak mudah mengalami sakit perut atau sembelit.

Tidur Tidak Mendengkur

Terakhir untuk ciri ciri dan tanda kalori terbakar yaitu tidur yang tidak mendengkur dan meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak, karena orang yang obesitas atau kegemukan yang sering kali dikaitkan dengan kondisi tidur yang mendengkur dan juga sleep apnea atau gangguan tidur dengan ditandai napas berhenti dan berlanjut secara berulang.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa ciri ciri dan tanda kalori terbakar yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.