Saturday, 22 Jun 2024

Diet Air Putih 3 Hari turun Berapa Kilo?

5 minutes reading
Tuesday, 22 Aug 2023 03:33 0 170 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Tidak sedikit orang yang memilih untuk melakukan diet dan berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan diantaranya dengan cara diet air putih, lalu bagaimana dengan diet air putih 3 hari turun berapa kilo? Untuk mengetahui jawabannya bisa dengan simak ulasannya di bawah ini.

Ternyata diet air putih atau biasa disebut juga sebagai water fasting menjadi salah satu cara yang terbilang cukup ampuh untuk menurunkan berat badan, tetapi untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal pada saat melakukan diet air putih yang pastinya harus mengikuti berbagai trik atau cara yang tepat dan benar.

Dimana sebuah riset di Inggris yang menyebutkan bahwa dengan cara diet air putih yang berbeda sangat efektif dalam menurunkan berat badan, biasanya pada umumnya minum air putih ini dilakukan setelah mengkonsumsi makanan dan untuk melancarkan prinsip diet air putih ini sebaiknya minum air putih sebelum mengkonsumsi makanan utama.

Hal ini yang bertujuan agar sebelum mengonsumsi makanan utama yang sudah terisi dengan air, sehingga dengan begitu bisa membantu untuk mengontrol nafsu makan yang bisa saja tidak bisa terkendali dan sebaiknya untuk minum air putih sebanyak 500 mililiter atau sekitar 2 gelas setengah jam sebelum kamu menyantap makanan.

Terlebih lagi dengan mengkonsumsi air putih yang secara rutin bisa menyehatkan badan, memang belakangan ini diet air putih ini yang sedang tren di kalangan masyarakat, lalu bagaimana cara diet air putih yang baik dan benar, diet air putih 3 hari turun berapa kilo? Untuk mengetahuinya bisa dengan simak artikel di bawah ini dengan baik.

Diet Air Putih 3 Hari Turun Berapa Kilo?

Diet Air Putih 3 Hari turun Berapa Kilo?

Banyak sekali masyarakat yang masih penasaran dengan melakukan diet air putih apakah bisa menurunkan berat badan secara cepat dan jawabannya iya benar, mengutip dari laman Vinmec International Hospital yang menyatakan bahwa puasa minum air putih yang bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Bahkan dari sejumlah penelitian juga untuk seseorang yang melakukan diet air putih bisa menurunkan berat badan sekitar 0,9 kg per harinya, tentu saja berat badan yang turun secara perat tersebut terjadi hanya dengan mengkonsumsi air putih saja selama 24 jam, jadi jika diasumsikan berat badan yang dapat turun 0,9 kg per hari maka dalam 3 hari berat badan yang dapat turun hingga 2,7 kg.

Namun jika terlalu sering melakukan diet air putih bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya juga untuk kesehatan, karena tubuh yang akan kekurangan karbohidrat, protein, lemak, dan juga sera, dimana semua kandungan tersebut hanya bisa didapatkan dari sumber makanan yang bergizi dan sehat saja.

Tips Diet Air Putih

Telah dilansir dari laman Medical News Today dimana diet air putih merupakan sebuah periode pada saat seseorang yang tidak mengkonsumsi makanan sehingga mereka hanya minum air putih saja, untuk sejumlah orang yang melakukan diet air putih ini yang mengklaim jika berat badannya turun dalam beberapa hari atau bulan terakhir.

Adapun untuk beberapa cara atau tips dalam melakukan diet air putih yang baik dan benar yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu konsumsi makanan lebih banyak sebelum melakukan diet air putih, pastikan makanan tersebut yang mengandung sumber karbohidrat dan juga protein yang cukup.
  • Menghindari waktu diet pada saat sedang tidak melakukan banyak aktivitas seperti hanya melakukan work from home (WFH) atau sedang bersantai di rumah saja.
  • Menghindari melakukan olahraga yang terlalu berat.
  • Menghindari diet air putih jika kondisi badan yang sangat lelah atau sedang tidak fit.
  • Sebaiknya untuk melakukan puasa intermittent terlebih dahulu, karena puasa tersebut yang memiliki jeda makan diatur dan masih boleh mengonsumsi berbagai makanan.

Berapa Kali Minum Air Putih Agar Turun Berat Badan?

Sebenarnya belum ada penelitian ilmiah menjelaskan mengenai aturan diet air putih yang baik dan tepat, tetapi terdapat beberapa tahapan yang dapat dilakukan sebelum diet air putih yaitu sebagai berikut:

Fase Pra Diet

Untuk kamu yang belum pernah mencoba melakukan diet air putih maka kamu harus mempersiapkan diri sejak 3 hingga 4 hari sebelumnya, seperti dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi lebih kecil atau bisa juga dengan melakukan puasa beberapa jam dalam seharinya.

Fase Diet (24 jam hingga 3 hari)

Pada saat kamu sudah mulai melakukan diet air putih maka disarankan untuk minum air putih sekitar 2 hingga 3 liter dalam per harinya, diet ini juga yang dapat dilakukan selama 24 jam hingga 72 jam atau 1 hingga 3 hari.

Tidak dianjurkan untuk melakukan diet air putih dilakukan lebih dari jangka waktu tersebut dan perlu diingatkan juga pelaku diet yang dianjurkan untuk menghindari berbagai aktivitas yang memerlukan fokus penuh serta menguras banyak tenaga karena cara yang satu ini dilakukan untuk pencegahan terjadinya kecelakaan atau cedera.

Fase Pasca Diet

Jika diet air putih sudah selesai dilakukan selanjutnya kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan kecil atau minuman jus, lalu secara perlahan kamu dapat meningkatkan jumlah porsi makanan, tentunya untuk cara ini bertujuan untuk mencegah terjadinya refeeding syndrome atau kondisi fatal pada saat utuh yang mengalami perubahan cairan dan juga elektrolit.

Dalam fase pasca diet normalnya akan berlangsung dalam sehari tetapi semakin lama durasi diet air putih yang kamu jalani maka akan semakin lama juga waktu yang dibutuhkan tubuh untuk bisa beradaptasi sebelum dapat mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar.

Efek Samping dari Diet Air Putih

Dengan melakukan diet air putih ini yang bisa menurunkan berat badan tetapi dengan diet air putih juga yang dapat berbagai untuk tubuh, tentunya kamu juga perlu mengetahui dengan efek samping dari melakukan diet air putih yaitu dehidrasi, kekurangan gizi, penurunan berat badan yang tidak sehat. hipotensi ortostatik yaitu penurunan tekanan darah yang secara mendadak.

Mungkin hanya itu saja ulasan atau penjelasannya yang lebih lengkapnya mengenai dengan diet air putih 3 hari turun berapa kilo, tips, cara melakukan diet agar tetap aman hingga efek sampingnya yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba diet air putih dengan tepat dan benar.