Saturday, 22 Jun 2024

Efek Samping Daun Kemangi

4 minutes reading
Monday, 13 Feb 2023 20:39 0 124 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Daun kemangi yang terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun jika kita menggunakan daun kemangi ini secara berlebihan tentu saja akan memberikan efek sampingnya untuk kesehatan tubuh dan efek samping ini perlu kamu ketahui dan waspadai.

Daun kemangi suci atau bisa yang dikenal dengan sebutan tulsi biasanya kerap digunakan sebagai salah satu ramuan ajaib untuk membantu mengobati berbagai jenis penyakit, bahkan tanaman daun kemangi suci ini yang dianggap sebagai salah satu obat Emas Ayurveda hal ini dikarenakan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Daun kemangi suci ini yang bisa ditemukan dengan mudah di India bahkan di pekarangan rumah, dimana memang warga India yang banyak sekali menanam tanaman ini dikarenakan khasiat herbal untuk kesehatan sehingga tidak heran jika tanaman ini menjadi pujaan di India.

Segudang manfaat untuk kesehatan ini yang berasal dari kandungan nutrisi didalamnya seperti protein, karbohidrat, protein, air dan juga nutrisi penting lainnya yang memiliki peran untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga mencegah terjadinya berbagai macam penyakit.

Walaupun daun kemangi ini  yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh namun jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan tentu saja akan menimbulkan efek samping yang tertentu, untuk itu berikut beberapa efek samping daun kemangi yang perlu kamu ketahui.

Efek Samping Daun Kemangi

Efek Samping Daun Kemangi

Daun kemangi menjadi salah satu tumbuhan yang cukup populer di Indonesia, dimana biasanya daun kemangi ini yang kerap dijadikan sebagai lalapan atau pelengkap masakan, dengan memiliki rasa  yang unik dan segar sehingga membuat daun kemangi ini yang mampu untuk membangkitkan selera makan.

Dibalik manfaat dan khasiat yang melimpah diberikan oleh daun kemangi ini tetapi tanaman ini juga yang memiliki efek sampingnya untuk kesehatan tubuh, selain itu juga ternyata tidak semua orang bisa mengkonsumsi daun kemangi ini.

Adapun untuk beberapa efek samping daun kemangi yang perlu kamu ketahui dan waspadai yaitu sebagai berikut:

Kadar Gula yang Menurun

Untuk kamu yang sedang menjalankan pengobatan diabetes maka perlu menghindari mengkonsumsi daun kemangi atau tulsi, walaupun daun kemangi ini yang dapat membantu menjaga kadar gula darah namun ternyata dengan mengkonsumsi daun kemangi yang bisa membuat kadar gula darah yang menurun terlalu rendah.

Mengalami Perubahan Warna Gigi

Daun kemangi ini yang ternyata mengandung merkuri di dalamnya yang bisa menyebabkan warna gigi yang mengalami perubahan, selain itu juga daun kemangi ini yang bersifat asam yang akan membuat enamel gigi menjadi luntur karena mulut manusia yang bersifat basa.

Sehingga jika kamu ingin mengkonsumsi daun kemangi ini maka jangan sampai pada saat mengkonsumsinya dikunyah, lebih baik untuk mengkonsumsi daun kemangi dengan cara ditelan untuk menghindari perubahan warna pada gigi.

Mempengaruhi Kesuburan

Efek samping daun kemangi yaitu bisa mempengaruhi terhadap kesuburan wanita maupun pria, memang hal ini yang telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menyatakan bahwa jumlah sperma pada hewan yang menurun setelah diberikan daun kemangi.

Selain itu juga berat organ reproduksi yang mengalami penurunan seperti kelenjar adrenal, testis, prostat, ovarium dan juga rahim, sehingga dalam mengkonsumsi daun kemangi ini jangan sampai berlebihan.

Mengalami Kerusakan Hati

Daun kemangi ini yang memiliki kandungan eugenol didalamnya yang tinggi sehingga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, karena hal ini yang bisa menyebabkan kerusakan pada hati, kejang-kejang, detak jantung menjadi cepat, mual dan juga diare.

Mengalami Keguguran

Untuk ibu hamil yang mengkonsumsi daun kemangi yang dapat mempengaruhi pada kondisi ibu hamil dan juga embrionya dan ini bisa menyebabkan keguguran, dimana daun kemangi suci ini yang bisa menyebabkan kontraksi rahim sehingga dengan dengan begitu untuk ibu hamil dilarang mengkonsumsi daun kemangi.

Mungkin hanya itu saja beberapa efek samping daun kemangi yang bisa kamu ketahui dan juga perlu diwaspadai, untuk menghindari dari berbagai efek sampingnya maka konsumsi daun kemangi sesuai dengan yang dianjurkan jangan sampai berlebihan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.