Monday, 17 Jun 2024

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

5 minutes reading
Monday, 13 Feb 2023 20:41 0 101 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin untuk sebagian orang mungkin sudah mengenal daun kemangi ini karena sering digunakan sebagai lalapan, namun apakah kamu tahu bahwa daun kemangi ini yang mengandung manfaat yang sangat melimpah untuk kesehatan tubuh.

Daun kemangi atau dikenal dengan tulsi ini merupakan salah satu tanaman yang biasa ditemukan di India dengan mudah pada pekarangan rumah, tanaman daun kemangi suci ini yang dianggap sebagai salah satu obat Emas Ayurveda hal ini dikarenakan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Dimana biasanya daun kemangi ini yang kerap di padukan dengan nasi hangat dan juga masakan lainnya dan tidak lupa juga dengan sambal pedas yang menggugah selera makan, hal ini dikarenakan daun kemangi ini yang memiliki rasa yang unik dan juga segar.

Faktanya daun kemangi ini juga merupakan salah satu tumbuhan yang termasuk ke dalam keluarga mint, tanaman ini yang memiliki peran dalam banyak masakan Mediterania yang khususnya di Italia selain itu juga di Indonesia, Vietnam dan juga Thailand yang menyajikan daun kemangi ini digunakan sebagai campuran masakan.

Daun kemangi selain digunakan sebagai lalapan dan campuran masakan namun tanaman ini juga yang dijadikan sebagai bahan herbal, hal ini dikarenakan daun kemangi yang mengandung manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan tentu saja berasal dari kandugan nutrisi yang terdapat didalam daun kemangi ini yang memiliki peran penting untuk tubuh, dimana dalam 2,6 gram daun kemangi atau setara dengan 1 sendok makan yang mengandung nutrisi diantaranya:

  • 6,9/700 – 900 mcg vitamin A
  • 10,8/75 – 120 mcg vitamin K
  • 81,7 mcg beta karoten
  • 4,6/1.000 – 1.300 mg kalsium
  • 1,2 mcg beta cryptoxanthin
  • 147,0 mcg lutein dan zeaxanthin

Selain itu juga terdapat kandungan vitamin B, jejak zat besi dan juga mineral lainnya dan bahkan hingga berbagai antioksidan tambahan lainnya terdapat didalam daun kemangi ini, dengan kandungan yang dimiliki daun kemangi ini yang berperan untuk kesehatan tubuh.

Adapun untuk beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan yaitu sebagai berikut:

Melawan Radikal Bebas

Daun kemangi mengandung antioksidan alami yang memiliki peran penting dalam membantu melindungi jaringan tubuh dari berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, radikal bebas ini merupakan atom tidak stabil dan untuk menstabilkannya dengan mengambil elektron dari atom lain dan membentuk rantai.

Dengan rantai radikal bebas ini yang bisa menyebabkan stres oksidatif pada tubuh dan bahkan hingga kerusakan sel, untuk mengatasi atau mengurangi stres oksidatif ini yang membutuhkan asupan antioksidan dan bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi daun kemangi ini.

Kesehatan Jantung

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan jantung manfaat ini berasal dari kandungan eugenol di dalam daun kemangi yang memiliki peran untuk memblokir saluran kalsium di dalam tubuh dan juga sekaligus untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Mencegah Kanker

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan yaitu membantu untuk mencegah kanker, dimana para ahli yang telah menyimpulkan bahwa fitokimia yang terdapat didalam daun kemangi ini yang bisa membantu untuk mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, mulut, hati dan juga kulit.

Daun kemangi yang bisa membantu meningkatkan aktivitas antioksidan, memicu kematian sel, mengubah ekspresi gen, dan juga memperlambat pembelahan sel, namun untuk ini yang bersifat praklinis sehingga perlu penelitian yang lebih lanjut.

Mengatasi Depresi

manfaat daun kemangi untuk kesehatan untuk membantu mengatasi depresi dan juga kecemasan dan juga sebagai agen anti stres atau adaptogen yang kuat, selain itu juga sifat anti inflamasi dan meningkatkan kekebalan yang akan membantu mengelola stres, ramuan dari daun kemangi ini yang bisa merangsang neurotransmitter yang akan mengatur hormon kebahagian dan juga pembangkit energi.

Membantu Menurunkan Gula Darah Tinggi

Daun kemangi membantu untuk mengatur kadar gula darah, dimana sebuah penelitian yang menyatakan bahwa ekstrak daun kemangi yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah tinggi pada tikus, selain itu juga manfaat daun kemangi untuk kesehatan yaitu untuk mengobati efek gula darah tinggi dalam jangka yang panjang.

Membantu Mengurangi Stres Oksidatif

Daun kemangi yang mengandung antioksidan didalamnya yang memiliki peran penting dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh, dimana radikal bebas merupakan molekul yang tidak stabil yang berkembang sebagai hasil metabolisme dan juga proses alami yang lainnya.

Jika molekul ini terus dibiarkan menumpuk maka radikal bebas bisa menyebabkan stres oksidatif yang dapat mengakibatkan kerusakan pada sel dan juga beberapa penyakit seperti penyakit jantung, kanker, diabetes dan kesehatan lainnya, dengan adanya kandungan antioksidan dalam daun kemangi yang bisa membantu mengurangi stres oksidatif.

Mencegah Penuaan

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan yaitu membantu mencegah penuaan dengan membantu melindungi kulit, dimana para ilmuwan yang telah melakukan penelitian dengan menggunakan ekstrak daun kemangi ke model kulit laboratorium dan hasilnya membantu meningkatkan hidrasi kulit.

Kesehatan Hati

Kandungan antioksidan dalam daun kemangi juga yang memiliki dampak yang positif pada kesehatan hati, dimana para ilmuwan yang telah menggunakan racun untuk memicu kerusakan hati tikus kemudian diberikan bubuk daun kemangi yang memberikan efeknya yang baik.

Namun hal ini yang belum ada penelitian yang resminya menyatakan jika daun kemangi bisa memberikan dampak yang baik untuk kesehatan hati manusia.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui dan kamu merasakan manfaatnya dengan mengkonsumsinya secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.