Monday, 15 Apr 2024

Efek Samping Minum Jamu Saat Haid

4 minutes reading
Monday, 5 Jun 2023 02:42 0 82 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Jamu  yang dipercaya bisa membantu untuk mengatasi nyeri haid dan yang lainnya, namun jika kamu mengkonsumsi jamu pada saat haid dengan porsi yang berlebihan yang bisa memberikan efek sampingnya dan tentu saja kamu tidak ingin merasakan efek sampingnya bukan.

Jamu merupakan jenis minuman yang populer di Indonesia terkhususnya jamu yang dari bahan kunyit yang dipercaya dapat membantu dalam meredakan berbagai gejala dan juga keluhan pada saat haid berlangsung, dimana dengan minum jamu pada saat haid yang memang banyak dilakukan dikarenakan tidak ada efek sampingnya atau efek negatifnya.

Jamu sendiri umumnya yang terbuat dari bahan rempah-rempah digunakan untuk kebutuhan bahan makanan di Indonesia, jamu ini yang sampai sekarang yang masih banyak para kaum hawa yang mencari jamu untuk dikonsumsi apalagi pada saat haid dan rebusan kunyit ini dipercaya bisa membantu haid yang menjadi lebih nyaman.

Biasanya untuk sebagian para wanita pada saat haid yang merasakan nyeri bagian perut yang diakibatkan oleh otot perut yang berkontraksi, dengan jamu kunyit yang memiliki sifat analgesic yang bisa meredakan rasa nyeri dan juga pegal-pegal pada beberapa bagian anggota tubuh seperti perut, punggung atau paha.

Kandungan yang terdapat dalam kunyit yang berupa kurkumin ini yang memiliki peran untuk menghambat peradangan dan juga rasa nyeri dikarenakan membatasi hormon prostaglandin, banyak pada kaum hawa pada saat haid yang merasa kram perut yang lebih ringan setelah mengkonsumsi rebusan kunyit atau jamu kunyit yang satu ini.

Kunyit yang bersifat sebagai agen anti peradangan yang menyebabkan kamu bisa menenangkan otot pada bagian perut sehingga dengan begitu kontraksi bisa menjadi lebih ringan dirasakannya, selain itu juga jamu yang menjadi salah satu minuman yang sangat aman dikonsumsi pada saat haid hal ini dikarenakan jamu berasal dari bahan alami.

Tidak ada juga penelitian yang melarang untuk para wanita mengkonsumsi jamu asalkan dalam batas yang wajar, namun jika mengkonsumsinya secara berlebihan yang bisa memberikan efek sampingnya dan untuk kamu yang ingin tahu apa saja efek samping minum jamu saat haid bisa simak penjelasannya disini.

Efek Samping Minum Jamu Saat Haid

Efek Samping Minum Jamu Saat Haid

Pada saat haid yang akan merasakan gejalanya yang bisa berbeda-beda pada setiap wanita, dimana ada yang mengalami nyeri haid atau PMS dengan gejala yang ringan hingga gejala yang berat dan jika gejala yang masih tergolong ringan bisa diatasi dengan mengkonsumsi air hangat dan juga beristirahat.

Tetapi jika kamu mengalami gejala haid yang berat atau parah maka lebih baik untuk segera berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan juga cara mengatasi masalah tersebut, salah satu cara untuk mengatasi nyeri haid yaitu dengan minum jamu dalam batas wajar.

Memang untuk meminum jamu pada saat haid ini yang masih diperbolehkan asalkan dalam batas wajar, terdapat banyak jamu yang dari bahan alami seperti kunyit, sirih, kayu rapet, manjakani, kacip fatimah dan masih banyak lagi yang lainnya, dengan minum jamu ini selama haid yang bisa meningkatkan kesehatan organ intim, membantu mengencangkan otot vagina sampai libido yang bisa memperbaiki performa seksual.

Kandungan yang terdapat dalam jamu ini  yang dinilai masih alami sehingga dengan begitu tidak berbahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan batas yang masih wajar, tetapi jika kamu mempunyai alergi sehingga ada lebih baiknya sebelum mencoba meminum jamu untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, karena ada beberapa jenis bahan herbal pembuatan jamu yang bisa menyebabkan efek samping.

Dimana efek samping minum jamu saat haid ini bisa seperti memicu iritasi pada sistem pencernaan, asam lambung meningkat, risiko alergi bahan herbal alami dan juga siklus yang tidak teratur, sehingga dengan begitu sebaiknya jika ingin mengkonsumsi jamu maka pastikan bahan jamu yang akan dikonsumsi tidak memicu alergi.

Namun justru bisa meningkatkan kesehatan pada saat haid menjadi lebih baik, selain itu untuk kamu yang mungkin kurang suka dengan jamu maka untuk mengatasi gejala haid ini yang bisa diatasi dengan cara lainnya secara alami yang bisa kamu cobain seperti dengan mengompres hangat pada bagian perut, memakan makanan yang bergizi dan masih banyak lagi yang lainya.

Mungkin hanya itu saja beberapa efek samping minum jamu saat haid yang perlu kamu ketahui dan untuk menghindari efek sampingnya maka kamu bisa dengan mengkonsumsi jamu dengan batas wajar dan pastikan tidak memiliki alergi terhadap jamu, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.