Apakah Nanas Boleh Dimakan Saat Haid?

5 minutes reading
Monday, 5 Jun 2023 02:43 0 120 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Banyak yang menganggap bahwa buah Nanas yang tidak baik dikonsumsi pada saat haid dan ada juga rumor seperti pada saat hamil memakan nanas yang akan membuat kandungan keguguran, lalu apakah nanas boleh dimakan saat haid dan untuk mengetahui jawabannya bisa dengan simak penjelasannya disini.

Dimana nanas yang merupakan salah satu jenis buah yang menimbulkan sejumlah mitos dikalangan masyarakat, padahal semua mitos tersebut sudah terbukti salah, bahkan semua itu sudah terbukti salah namun dengan adanya rumor tersebut sehingga banyak orang yang enggan dan ragu untuk memakan buah Nanas pada saat haid atau menstruasi.

Pada saat haid dengan memakan buah Nanas ini yang tidak akan membahayakan nyawa walaupun mungkin akan membuat kamu mengalami pendarahan yang cukup lebih berat pada biasanya, dalam sebuah laporan yang telah mencatat bahwa untuk wanita muda yang telah mengkonsumsi buah Nanas secukupnya mengalami peningkatan aliran darah haid sampai 50%.

Dalam kondisi seperti ini terjadi dikarenakan kandungan enzim yang terdapat pada buah Nanas yang biasa dikenal dan disebut bromelain, bromelain sendiri yang diyakini bisa membantu meningkatkan sel darah merah dan sel darah putih sehingga dengan begitu akan membuat aliran darah pada saat haid yang semakin deras.

Walaupun demikian mengenai pendarahan haid yang berat umumnya tidak berbahaya hanya saja untuk kondisi seperti ini yang kemungkinan akan menimbulkan ketidaknyaman selama melakukan beraktivitas harian, kondisi ini yang perlu diperhatikan untuk mereka penderita anemia atau kurang darah karena pendarahan haid yang berlebihan dapat memperparah anemia.

Lalu benarkan pada saat haid memakan buah Nanas yang bisa membuat aliran darah haid yang semakin deras, apakah Nanas boleh dimakan saat haid dan apakah ada manfaatnya yang bisa didapatkan? Untuk mengetahui jawaban tersebut maka simak penjelasannya di ulasan bawah ini.

Apakah Nanas Boleh Dimakan Saat Haid?

Apakah Nanas Boleh Dimakan Saat Haid?

Apakah Nanas boleh dimakan saat haid tentu saja boleh namun harus memperhatikan porsinya jangan sampai memakan buah Nanas secara berlebihan karena tidak baik untuk tubuh, dimana buah Nanas ini yang cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang bermasalah dengan seperti darah haid yang tidak lancar.

Selain membuat aliran darah yang semakin deras namun buah Nanas juga yang memberikan manfaat untuk gejala haid seperti membantu mengurangi kram atau nyeri perut pada saat haid, hal ini berkat adanya kandungan mangan di dalam buah Nanas yang memiliki peran untuk mengatasi gejala haid.

Untuk para wanita yang sering mengalami atau mengeluh dengan PMS ini dikarenakan kadar mangan yang terdapat didalam tubuh yang lebih rendah daripada yang tidak, sudah kita ketahui bahwa untuk sebagian wanita yang mengalami  gejala nyeri haid atau gejala PMS seperti kelelahan, perut kembung, sakit kepala, kram perut, perubahan suasana hati tidak stabil atau mood swing dan bahkan masalah pencernaan.

Sehingga dengan begitu dr. Phyllis Johnson yang menyarankan agar para kaum hawa yang mengalami kram atau nyeri perut pada saat haid untuk meningkatkan asupan makanan sumber mangan, salah satu asupan sumber mangan ini yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah Nanas.

Dapat dibilang bahwa buah Nanas ini yang merupakan salah satu jenis makanan atau buah yang dapat dikonsumsi pada saat haid selama dalam porsi wajah tidak berlebihan, selain itu juga buah Nanas ini yang mengandung antioksidan didalamnya yang memiliki peran penting untuk membantu mengurangi peradangan akut dan peradangan ini yang dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya kram pada saat haid.

Untuk manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah Nanas yaitu berasal dari kandungan bromelain yang mampu membantu untuk mengendurkan otot pada sekitar perut, sehingga dapat meminimalisir gejala nyeri atau kram perut pada saat datang bulan atau haid.

mengutip dari Journal of The Pakistan Medical Association yang menyatakan bahwa buah Nanas yang merupakan salah satu jenis buah yang kerap diklaim sebagai salah satu pemicu haid, dengan kandungan bromelain yang dikenal bisa meluruhkan dinding atau lapisan rahim.

Pada saat lapisan rahim telah dilepaskan maka nantinya siklus haid yang akan dimulai, sehingga tidak heran jika buah Nanas ini yang kerap digunakan untuk membantu dalam mengatasi masalah siklus haid yang tidak teratur dan juga dapat membuat haid datang menjadi lebih cepat.

Untuk kamu yang mungkin ingin mencoba mengkonsumsi buah Nanas pada saat haid atau menstruasi maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan pada saat akan memakan buah Nanas ini pada saat haid, dimana untuk kamu yang mempunyai perut sensitif sebaiknya berhati dalam memakan buah Nanas ini.

Dengan asam vitamin C yang terkandung didalam buah Nanas ini yang akan menyebabkan perut menjadi terasa mulas atau refluks asam lambung, untuk kamu yang memakan buah Nanas yang masih mudah atau belum matang maka kandungan bromelain dalam buah tersebut yang mungkin akan menimbulkan efek pencahar yang cukup parah.

Sehingga untuk mereka yang memakan buah Nanas yang masih muda atau belum sepenuhnya matang yang akan mengalami muntah atau diare pada saat haid, bahkan selain itu juga untuk mereka yang mengkonsumsi obat-obatan seperti antibiotik, insomnia, antidepresan, antikoagulan, pengencer dara dan juga antikonvulsan yang dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah Nanas terlalu banyak.

Dikarenakan buah Nanas ini yang diketahui bisa berinteraksi dengan beberapa jenis obat seperti obat yang disebutkan diatas, rangkuman dari ulasan ini yaitu tidak ada larangan untuk memakan buah Nanas pada saat haid asalkan kamu tidak memakannya dengan porsi yang berlebihan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai apakah Nanas boleh dimakan saat haid yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

x