Monday, 17 Jun 2024

3 Jamu Yang Baik Diminum Saat Haid

4 minutes reading
Monday, 5 Jun 2023 02:45 0 272 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Untuk para kaum hawa pada saat dihadapkan dengan siklus haid atau menstruasi yang kemungkinan ada beberapa gejala yang bisa muncul, dimulai dari nyeri perut, kram, sakit kepala dan masih banyak lagi yang lainnya da ternyata ada jamu yang baik diminum saat haid yang bisa kamu coba konsumsi.

Sekarang ini memang sudah ada berbagai jamu yang baik diminum saat haid untuk membantu melancarkan haid dan haid ini yang merupakan siklus tubuh yang dialami oleh kaum hawa, dimana haid sendiri yang merupakan salah satu proses keluarnya darah dari vagina dan ini akan terjadi secara rutin pada setiap bulannya.

Tetapi untuk sebagian orang yang pada saat mengalami siklus haid yang lancar dan ada juga sebagian orang yang mungkin mengalami gejala selama masa haid berlangsung dan terkadang bisa memunculkan kondisi yang tidak nyaman serta mengganggu pada tubuh.

Gejala ini yang terjadi karena ada beberapa faktor penyebabnya yaitu diantaranya seperti faktor penggunaan obat-obatan tertentu, stres, kondisi hormon, terlalu banyak berolahraga dan masih banyak lagi yang lainnya, namun sekarang terdapat beberapa jenis bahan alami yang bisa diolah menjadi jamu atau minuman untuk membantu dalam mengatasi serta meminimalisir kondisi tersebut.

Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja jenis jamu yang baik diminum saat haid yang dapat kamu konsumsi selama masa haid untuk membantu mengatasi kondisi nyeri haid, maka kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Jamu yang Baik Diminum Saat Haid

Jamu yang Baik Diminum Saat Haid

Dimana haid atau menstruasi yang merupakan hal biasa yang dilalui oleh setiap para wanita, selama haid yang biasanya akan mengalami kram perut, pusing kepala, pegal sampai suasana hati yang berantakan tidak karuan dan biasanya untuk gejala ini yang akan terjadi seminggu sampai haid atau menstruasi berakhir.

Dimana untuk salah satu cara mengurangi atau mengatasi gejala tersebut dengan mencoba untuk mengkonsumsi jamu yang baik diminum saat haid pada saat haid, dimana jamu ini yang memang sudah menjadi sebuah resep tradisional yang sudah turun temurun dan dengan mengkonsumsi jambu ini yang akan memberikan beberapa manfaat untuk tubuh pada saat haid.

Untuk kamu yang sedang haid dan mengalami kondisi haid yang tidak lancar maka kamu bisa dengan mencoba meminum jamu alami. adapun untuk beberapa jamu yang baik diminum saat haid yang dapat kamu coba konsumsi yaitu sebagai berikut:

Jamu Kunyit

Salah satu bahan yang cukup populer dan biasanya digunakan untuk olah menjadi jamu yaitu salah satu bahan herbal alami yaitu kunyit, dimana kunyit yang dipercaya bisa membantu untuk melancarkan haid pada wanita.

Hal ini dikarenakan kunyit yang diyakini mempunyai fungsi mirip dengan hormon estrogen, untuk bisa mendapatkan manfaat dari kunyit untuk jamu yang baik diminum saat haid ini yaitu dengan mengkonsumsi sekitar 100 hingga 500 mg kunyit dalam dua hari sekali atau bisa juga dengan dicampurkan pada teh, susu atau mungkin madu.

Jamu Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang sudah banyak digunakan sebagai pengobatan alami untuk berbagai penyakit atau kondisi medis tertentu dan termasuk juga bisa membantu melancarkan haid dan juga membantu mengurangi rasa nyeri haid, dengan haid yang lancar yang akan membuat tubuh kamu lebih baik dan untuk bisa mendapatkan manfaatnya kamu bisa dengan mengkonsumsi jahe ini secara mentah atau ekstraknya.

Menurut Research Journal of Pharmaceutical, Biological and Chemical Sciences dengan dosis ekstrak jahe yang pas dan tepat berguna untuk membuat jamu alami pelancar haid yaitu sekitar 2,5 hingga 3 ml, dimana air rebusan jahe atau ekstrak jahe yang bisa kamu campurkan ke dalam teh atau air dan bisa juga dengan menambahkan lemon dan madu untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Jamu Kayu Manis

Untuk jamu yang baik diminum saat haid yang terakhir yaitu berasal dari bahan alami kayu manis yang akan membantu dalam mengatur kadar insulin dalam tubuh, dimana untuk kadar yang terlalu tinggi bisa mempengaruhi kerja hormon haid dan juga membuatnya tak teratur.

Dimana sebuah studi dari Columbia University Medical Center yang menyatakan bahwa kayu manis yang berpotensi untuk membantu dalam melancarkan siklus haid wanita dengan gangguan produksi ovarium atau riwayat polycystic ovary syndrome (PCOS), untuk mengenai dosisnya kamu dapat mengkonsumsi sekitar 500 mg kayu manis atau sekitar 2 hingga 4 ml dan dicampur ke dalam teh dalam tiga kali sehari.

Dengan beragam jamu yang baik diminum saat haid yang terdapat diatas yang bisa membantu untuk melawan PMS, mengatasi kram perut dan juga nyeri haid, sehingga dengan mengkonsumsi jamu pada saat haid yang akan membantu kamu untuk mengatasi gejala haid yang cukup mengganggu dan nyeri.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai jamu yang baik diminum saat haid yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu coba konsumsi, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba agar proses haid menjadi lebih lancar.