Thursday, 18 Jul 2024

8 Makanan yang Menyebabkan Nyeri Haid

5 minutes reading
Saturday, 3 Jun 2023 05:22 0 150 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya semua orang tidak ingin merasakan nyeri atau sakit perut pada saat haid hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari, ternyata ada beberapa jenis makanan yang menyebabkan nyeri haid dan tentu saja ini perlu kamu ketahui untuk menghindari nyeri haid yang semakin parah.

Pada setiap wanita tentu saja merasa tidak nyaman pada saat mengalami fase haid di hari-hari pertamanya, hal ini dikarenakan biasanya akan merasa mulas dan juga nyeri perut pada hari pertama sampai hari ketiga dan hal ini yang memang umum terjadi hampir semua wanita.

Dimana nyeri haid atau dismenore sendiri yang merupakan salah satu masalah penderitaan yang dialami untuk sebagian wanita pada saat haid atau menstruasi, untuk nyeri atau kram perut pada bagian bawah ini yang biasanya berlangsung selama 2 hingga 3 dan nyeri ini yang bisa menyebar ke punggung bawah sampai paha atas.

Penyebab terjadinya kram ini yang disebabkan kontraksi otot rahim yang meluruhkan lapisan atau endometrium di dalam rahim pada saat kehamilan yang tidak terjadi, proses kontraksi rahim ini yang dipicu dengan produksi hormon asam lemak yang biasa disebut dengan prostaglandin.

Biasanya untuk nyeri haid sendiri yang tidak bisa dihindari, namun proses ini yang bisa diredakan dengan menggunakan berbagai obat penghilang rasa nyeri dan juga anti peradangan yang bisa kamu konsumsi, dengan konsumsi obat-obatan dengan jangka yang panjang yang sangat tidak dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Nah mengenai makanan yang menyebabkan nyeri haid ini yang memang perlu dan bahkan wajib kamu ketahui agar terhindar dari nyeri haid yang begitu menyiksa dan mengganggu, untuk mengetahui hal tersebut maka kamu bisa dengan simak penjelasannya disini.

Makanan yang Menyebabkan Nyeri Haid

Makanan yang Menyebabkan Nyeri Haid

Untuk wanita sedang haid dan merasakan atau mengalami nyeri perut maka sebaiknya untuk menghindari beberapa jenis makanan yang dapat memperburuk kram, namun sebaiknya kamu memperbanyak untuk mengkonsumsi makanan yang dapat meredakan nyeri haid.

Dimana menurut Medical News Today yang menyatakan bahwa rasa nyeri haid pada perut yang dapat berkurang dengan mencoba untuk berolahraga ringan dengan teratur, memperbanyak makan makanan yang sehat, menghindari stres dan juga berhenti untuk merokok.

Bahkan selain itu juga sebuah penelitian terbaru  yang telah dipresentasikan di dalam konferensi North American Menopause Society (NAMS) yang telah menginformasikan bahwa, dengan adanya perubahan pola makan yang dapat memberikan efek yang signifikan pada nyeri haid.

Dimana untuk tinjauan baru studi yang telah dilakukan pada sejumlah gadis remaja yang menunjukan bahwa dengan menerapkan diet anti inflamasi atau peradangan yang dapat membantu meredakan kram, telah dilansir dari laman Eating Well yang dimana peneliti menemukan bahwa dengan diet tinggi asam lemak omega 3 yang cenderung bisa mengurangi peradangan.

Dimana peradangan ini yang merupakan kontributor utama munculnya nyeri perut pada saat masa-masa awal haid, ada beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan omega 3 yang bisa membantu untuk mengatasi nyeri haid yaitu sayuran, buah-buahan, salmon, kacang-kacangan, biji-bijian, sarden dan bahkan minyak zaitun.

Namun ada juga beberapa jenis makanan yang menjadi pemicu atau penyebab nyeri haid menjadi parah pada bagian perut bawah, adapun untuk beberapa makanan yang menyebabkan nyeri haid yaitu sebagai berikut:

Makanan Asin

Untuk jenis makanan yang menyebabkan nyeri haid yang perlu kamu hindari yaitu jenis makanan asin seperti makanan yang sering ditemukan di dalam sup kalengan, popcorn, keripik, makanan jenis asin ini yang mengandung garam yang  tinggi didalamnya dan jika kamu mengonsumsi jenis makanan ini selama haid yang akan membuat hormon haid menyebabkan retensi air dan bisa menyebabkan kembung.

Daging Merah

Selama haid atau menstruasi sebaiknya untuk menghindari memakan daging merah hal ini dikarenakan daging merah yang dapat memperburuk kram, merangsang pertumbuhan jerawat dan juga kembung pada saat haid, sehingga dengan begitu kamu bisa dengan mengganti daging merah dengan ayam tanpa lemak dan kulit dengan begitu daging merah ini menjadi salah satu jenis makanan yang menyebabkan nyeri haid yang perlu kamu hindari.

Makanan Pedas

Biasanya para kaum wanita yang lebih menyukai makanan yang pedas namun jika mengkonsumsi makanan pedas selama masa haid yang ternyata bisa memicu timbulnya rasa panas di tubuh, dengan makanan yang berbumbu yang akan mengganggu lapisan perut dan juga usus sehingga dengan begitu dapat menyebabkan asam lambung serta kram yang cukup menyakitkan.

Makanan Olahan

Dimana makanan yang menyebabkan nyeri haid yang lainnya yaitu ada makanan olahan, apalagi pada saat haid yang biasanya mengalami masalah perut kembung, dengan mengkonsumsi makanan olahan yang ternyata bisa meningkatkan retensi air di perut sehingga dengan begitu akan membuat perut kamu yang bertambah kembung.

Makanan Manis

Dimana perubahan hormonal yang biasanya terjadi selama masa haid yang akan membuat kadar gula darah yang menjadi tidak stabil, sehingga dengan mengkonsumsi makanan yang manis dapat menambah fluktuasi gula darah dan juga dapat berakibat perubahan mood sehingga dengan begitu jenis makanan manis yang tinggi gula termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang menyebabkan nyeri haid.

Makanan Berlemak

Dengan mengkonsumsi makanan lemak seperti keripik, kentang goreng dan juga burger selama masa haid atau menstruasi yang dapat mempengaruhi hormon dan juga bisa menyebabkan kram perut, sehingga dengan begitu untuk jenis makanan berlemak yang termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang menyebabkan nyeri haid.

Biji-bijian

Untuk jenis makanan yang menyebabkan nyeri haid yang terakhir perlu kamu hindari yaitu jenis makanan biji-bijian, hal ini dikarenakan biji-bijian yang bisa menyebabkan perut menjadi kembung dan juga konstipasi apalagi pada saat haid yang akan membuat nyeri haid kamu yang semakin parah.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa makanan yang menyebabkan nyeri haid yang perlu kamu ketahui dan juga dihindari, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.