Thursday, 18 Jul 2024

Kandungan Vitamin Buah Nanas

6 minutes reading
Thursday, 1 Jun 2023 05:54 0 209 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Nanas yang disukai oleh banyak orang dimulai dari anak-anak hingga orang dewasa ini yang ternyata memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh, tentu saja beragam manfaat ini berkat adanya kandungan nutrisi penting didalam buah Nanas ini lalu apa saja kandungan vitamin buah Nanas dan untuk mengetahuinya bisa dengan simak penjelasannya disini.

Nanas merupakan salah satu jenis buah tropis dengan buah yang bisa dimakan dan juga tumbuhan paling penting secara ekonomi di dalam famili Bromeliaceae, selain itu juga buah Nanas ini yang banyak disukai oleh semua kalangan dikarenakan memiliki rasa yang manis sedikit asam begitu sangat menyegarkan yang bisa dikonsumsi secara langsung pada saat musim panas dan bisa juga dengan disajikan ke dalam berbagai bentuk makanan atau minuman.

Dimana buah Nanas ini yang bisa ditemukan di daerah tropis termasuk Indonesia yang tersedia di pasar tradisional maupun modern, selain memiliki rasa yang manis buah Nanas juga yang kaya akan serat dengan memiliki kalori yang relatif rendah sehingga buah Nanas ini yang kerap digunakan sebagai salah satu makanan diet.

Bahkan buah Nanas juga yang sudah digunakan sebagai salah satu obat tradisional dan bahan alami untuk mencegah keriput dan juga kesehatan tubuh yang lainnya, namun walaupun buah Nanas ini yang sukai banyak orang tetapi tidak semua orang mengetahui kandungan vitamin buah Nanas.

Sehingga untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja kandungan vitamin buah Nanas, maka kamu bisa mengetahuinya dengan menyimak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Kandungan Vitamin Buah Nanas

Kandungan Vitamin Buah Nanas

Buah Nanas merupakan buah serbaguna yang bisa dinikmati dengan berbagai banyak cara selain dengan memiliki rasa yang enak buah Nanas juga yang mengandung banyak vitamin dan juga nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, buah Nanas juga yang baik dikonsumsi untuk kamu yang ingin diet atau menurunkan berat badan.

Dibalik rasanya yang manis dan sedikit asam menyegarkan ini buah Nanas yang ternyata memiliki banyak manfaatnya yang bisa kamu rasakan dengan memakan buah yang satu ini, beragam manfaat ini yang tentu saja berkat adanya kandungan nutrisi yang penting dalam satu buah Nanas madu yang memiliki berat sekitar 650 gram dan dalam porsi 100 gram ini yang mengandung 40 kalori dan juga beberapa kandungan nutrisi lainnya.

Dimana buah Nanas yang merupakan sumber vitamin C dan juga mangan dimana kedua kandungan ini yang adalah kandungan utama dari buah Nanas, dimana kandungan vitamin C yang memiliki peran dalam pertumbuhan dan perkembangan sistem kekebalan tubuh yang sehat serta membantu dalam penyerapan zat besi dari makanan.

Sedangkan untuk mangan yang merupakan mineral alami yang berperan untuk membantu pertumbuhan, menjaga kesehatan metabolisme dan juga mempunyai sifat antioksidan, adapun untuk beberapa kandungan vitamin dan juga kandungan nutrisi lainnya dari buah Nanas dalam porsi 165 gram yaitu:

  • 82,5 kalori
  • 21,6 gram karbohidrat
  • 2,3 gram serat
  • 1,7 gram lemak
  • 1 gram protein
  • 131% Angka Kecukupan Gizi (AKG) vitamin C
  • 76% AKG mangan
  • 9% AKG vitamin B6
  • 9% AKG thiamin
  • 9% AKG tembaga
  • 7% AKG folat
  • 5% AKG magnesium
  • 5% AKG kalium
  • 4% AKG asam pantotenat
  • 4% AKG niasin
  • 3% AKG besi
  • 3% AKG riboflavin
  • Vitamin A
  • Vitamin K
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zinc

Dengan beragam kandungan vitamin dan juga nutrisi penting lainnya yang terdapat dalam buah Nanas ini yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya:

Mencegah Kanker

Beragam kandungan vitamin buah Nanas ini yang bisa membantu untuk mencegah kanker yang berasal dari kandungan bromelain dan juga antioksidan didalamnya, dimana sebuah penelitian yang menunjukan bahwa bromelain bisa merangsang sistem kekebalan tubuh untuk bisa menghasilkan molekul yang bisa menghambat sel kanker dan untuk kandungan antioksidan berperan untuk meminimalkan stres oksidatif dan juga peradangan yang menjadi penyebab kanker.

Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang ingin menjalankan diet atau menurunkan berat badan maka bisa dengan memasukkan buah Nanas ke dalam menu diet harian kamu, dimana buah Nanas yang diperkaya serat yang akan membuat perut menjadi kenyang dalam waktu yang lebih lama dan akan membuat kamu mengkonsumsi lebih sedikit kalori.

Sehingga dengan begitu akan membantu menurunkan berat badan menjadi lebih optimal, dan bahkan selain itu juga dengan mengkonsumsi buah Nanas yang diketahui bisa membantu dalam mengurangi pembentukan dan juga meningkatkan pemecahan lemak di dalam tubuh.

Membantu Mencegah Osteoporosis

Buah Nanas madu yang diperkaya akan mineral seperti mangan dan kalsium dan kedua kandungan ini yang memiliki peran untuk mendukung dalam meningkatkan kepadatan tulang dan juga mencegah terjadinya osteoporosis, bahkan selain dapat menjaga kesehatan tulang kandungan mangan juga yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Membantu Mengurangi Nyeri dan Bengkak

Kandungan bromelain dalam buah Nanas yang berperan untuk mengurangi bengkak dan juga nyeri setelah melakukan operasi terutama operasi gigi, dimana enzim bromelain ini yang tidak hanya baik untuk saluran pencernaan namun bisa meredakan bengkak, nyeri dan juga memar yang diakibatkan oleh cedera otot maupun radang sendi.

Membantu Mencegah Sembelit

Kandungan enzim bromelain yang terdapat didalam buah Nanas ini yang bisa memberikan manfaat untuk membantu mengatasi dan juga mencegah terjadinya sembelit, dimana kandungan bromelain ini yang akan bekerja dengan cara memecahkan molekul protein agar menjadi lebih muda untuk diserap dan dicerna oleh usus.

Membantu Mencegah Serangan Jantung

Kandungan antioksidan dalam buah Nanas seperti fenolik dan flavonoid yang memiliki peran untuk menurunkan risiko serangan jantung, dimana antioksidan yang merupakan senyawa di dalam makanan yang akan melawan radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan sel dan juga berbagai gangguan kesehatan lainnya seperti penyakit jantung.

Membantu Mencegah Flu

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah Nanas yang memiliki peran untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit dan tidak mudah sakit, dengan asupan vitamin C harian yang tercukupi akan membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga akan lebih mudah untuk melawan dan juga mencegah berbagai penyakit termasuk juga flu.

Menyembuhkan Luka Bakar

Dengan mengkonsumsi buah Nanas yang bisa membantu untuk menyembuhkan luka bakar dan manfaat ini berkat adanya kandungan bromelain didalamnya yang diketahui bisa membantu mempercepat penyembuhan luka bakar, dimana kandungan enzim ini yang berperan membantu pemulihan jaringan kulit yang mengalami rusak, meredakan nyeri dan bahkan mengangkat sel kulit mati.

Membantu Meredakan Diare

Untuk kamu yang mengkonsumsi buah Nanas ini yang akan merasakan manfaatnya untuk mengatasi dan juga mengurangi gejala diare, manfaat ini yang berkat kandungan bromelain yang efektif untuk membantu menghambat dalam perlekatan bakteri penyebab diare yaitu seperti V. cholera dan E. coli ke permukaan usus.

Membantu Mencegah Penuaan Dini

Untuk manfaat yang bisa kamu rasakan lainnya dengan mengkonsumsi buah Nanas ini yaitu bisa membantu mencegah penuaan dini, radikal bebas yang berlebih dalam tubuh bisa memicu timbulnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit yang ditandai dengan flek hitam dan juga kulit keriput dan manfaat ini berkat adanya kandungan vitamin C yang akan meningkatkan produksi kolagen dan juga mencegah hiperpigmentasi pada kulit.

Mungkin hanya itu saja beberapa kandungan vitamin buah Nanas yang perlu kamu ketahui yang bisa memberikan banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.