Thursday, 20 Jun 2024

15 Ice Breaking Lucu, Seru dan Mengasah Otak Serta Konsentrasi

8 minutes reading
Tuesday, 6 Dec 2022 20:59 0 1098 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pada saat melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan yang mungkin ada waktunya kita merasa jenuh, lelah, suasana canggung, tidak fokus dan tentunya bosan, untuk mengatasi situasi seperti itu kamu bisa dengan mencoba menggunakan ice breaking lucu, seru dan mengasah otak serta konsentrasi.

Dimana ice breaking ini yang akan membantu dalam mengembalikan fokus sehingga lebih berkonsentrasi untuk dapat kembali mengikuti kegiatan dengan baik dan lancar, tentunya setelah melakukan ice breaking lucu, seru dan mengasah otak serta konsentrasi ini yang akan membuat mood kita menjadi lebih baik lagi.

Mungkin masih ada yang belum tahu apa itu ice breaking yang dimana ice breaking merupakan salah satu istilah dari bahasa Inggris dengan arti memecahkan es, biasanya ice breaking yang sering dilakukan dalam berbagai acara seperti melakukan pembelajaran di kelas, training karyawan, atau masa orientasi sekolah atau kampus.

Melakukan ice breaking yang tentunya terdapat tujuan utamanya yaitu untuk memecahkan kebekuan atau situasi canggung dan jenuh selama kegiatan atau aktivitas tersebut berlangsung, dimana situasi kebekuan ini yang terasa membosankan atau tidak mengenakan atau kelelahan.

Nah untuk kamu yang sedang mencari ice breaking lucu, seru dan mengasah otak serta konsentrasi maka kamu bisa mengetahuinya dengan menyimak ulasan di bawah ini dengan baik.

Ice Breaking Lucu, Seru dan Mengasah Otak serta Konsentrasi

15 Ice Breaking Lucu, Seru dan Mengasah Otak Serta Konsentrasi

Ice Breaking yang merupakan salah satu aktivitas yang kecil dalam suatu kegiatan seperti acara dengan tujuan untuk membuat para peserta, murid atau karyawan mengenal peserta yang lainnya dan agar merasa nyaman pada saat berada di lingkungan tersebut.

Dalam melakukan ice breaking ini yang pada umumnya akan dipimpin oleh satu atau mungkin beberapa orang dan juga peserta yang lainnya perlu untuk mengikuti semua instruksi yang telah diberikan oleh pemimpin, adapun untuk ice breaking lucu, seru dan mengasah otak serta konsentrasi yaitu sebagai berikut.

Bermain Game

Bermain game menjadi salah satu ice breaking lucu, seru dan mengasah otak serta konsentrasi yang paling favorit untuk kebanyakan orang, dimana untuk ice breaking yang satu ini  terdapat banyak cara yang dapat dijadikan game, adapun untuk gamenya seperti tebak lagu, sambung lirik, atau masih banyak lagi permainan yang lainnya yang dapat dimainkan.

Adapun untuk game tebak lagu yang dapat kamu lakukan dengan mudah dan tentunya tidak kalah serunya, dimana sebagai instruktur kamu dapat  menunjuk salah seorang untuk menyanyikan lagu dan nantinya para peserta yang akan menebak lagu tersebut.

Tebak Kata

Tebak kata yang akan membuat suasana menjadi lebih seru dan tentunya dapat meningkatkan kekompakkan para peserta dalam permainan ini untuk menunjuk dua orang yang masing-masing memiliki tugas untuk sebagai penebak dan juga pembeli keterangan kata tersebut, kedua peserta ini yang akan diberikan satu kata untuk ditebak dan untuk penebak yang bebas untuk menanyakan apa saja kepada pemberi keterangannya namun pemberi keterangan yang hanya dapat mengatakan bisa jadi, ya atau tidak dengan menambahkan timer atau batas waktu akan menjadi lebih menegangkan dan seru.

Tepuk Tangan

Tepuk tangan menjadi salah satu ice breaking lucu, seru dan mengasah otak serta konsentrasi yang wajib kamu coba dimana kegiatan yang satu ini yang merupakan salah satu kegiatan dalam mengekspresikan kegembiraan, dimana untuk tepuk tangan ini yang dapat dimodifikasi sedemikian rupa agar membuat kegiatannya menjadi menyenangkan dan tentunya seru untuk para pesertanya.

Tic Tac Toe

Tic tac toe ini menjadi salah satu permainan ice breaking yang akan menguji kecerdikan dan juga pengetahuan, dimana permainan ini instruktur yang dapat membentuk menjadi dua tim untuk bersaing dan menyiapkan tabel tic tac toe, dan nantinya instruktur akan memanggil salah satu peserta dari tim masing-masing untuk menjawab pertanyaan dan untuk peserta yang bisa menjawab pertanyaan tersebut maka berhak untuk memberikan tanda pada tabel tic tac toe tersebut dan jika salah satu tim berhasil dapat membuat garis lurus maka itu yang jadi pemenang.

Sambung Kata

Sambung kata menjadi salah satu ice breaking lucu, seru dan mengasah otak serta konsentrasi yang dapat kamu coba untuk menguji kecepatan dalam berpikir dan melatih konsentrasi, dimana dalam permainan ini yang akan memerlukan seorang instruktur untuk menunjuk seseorang untuk bisa mengatakan suatu kata yang secara acak dan nantinya peserta yang selanjutnya akan mengeluarkan kata yang berhubungan dengan kata tersebut dengan cepat.

Pagi, Siang dan Malam

Pagi, siang dan malam yang akan membuat para peserta untuk menguji kefokusan dimana instruktur yang akan memberikan aba-aba dengan kata “pagi” tepuk  sekali, “siang” tepuk dua kali, dan “malam” tepuk tiga kali, untuk instruktur yang akan menyebutkan ketiga kata tersebut secara acak dan cepat sehingga para peserta harus berkonsentrasi untuk dapat memenangkan gamenya.

Menyanyi

Ice breaking lucu, seru dan mengasah otak serta konsentrasi selanjutnya dengan bernyanyi secara bersama-sama atau bisa juga untuk menunjuk seseorang untuk menyanyikan sebuah lagu dan ikuti juga dengan peserta yang lainnya, hal ini tentu saja sangat seru bukan dan akan membuat kita menjadi berkonsentrasi.

Siapa Dia?

Siapa dia menjadi salah satu permainan ice breaking untuk membuat para peserta menjadi lebih mengenal dengan satu sama lainnya, dimana cara permainannya dengan menunjuk satu orang untuk memperkenalkan namanya dengan latar belakangnya dan akan menunjuk orang kedua untuk menyebutkan identitas peserta pertama dan memperkenalkan diri lakukan hingga pada orang terakhir.

Menyampaikan Sebuah Lelucon

Dengan menyampaikan lelucon pada saat situasi hening atau terasa dingin maka bisa dengan menyampaikan lelucon yang bertujuan untuk mencairkan suasana dan ini tentunya akan menarik dan seru, dimana kamu bisa dengan mencoba untuk membuat lelucon yang relate dengan para peserta sehingga dengan begitu akan membuat para peserta tertawa dan semakin besar.

Mengikuti Kata yang Didengar

Game mengikuti kata yang didengar yang dimana peserta perlu untuk berkonsentrasi dalam melakukan sesuatu yang sesuai dengan instruksi dari instruktur tersebut, contoh permainan ini yaitu jika instruktur mengatakan kata “pegang mulut” namun instruktur memegang kepala dan jika terdapat peserta yang memegang kepala maka peserta tersebut kalah.

Asosiasi Kata

Ice breaking lucu, seru dan mengasah otak serta konsentrasi selanjutnya yaitu asosiasi kata yang dimana dalam permainan ini peserta yang diwajibkan untuk menyebutkan sebuah kata yang berhubungan dengan kata yang telah disebutkan oleh instruktur dengan cepat, pada biasanya untuk permainan ini yang akan menghasilkan jawabannya yang spontan dan tentunya lucu dan menarik.

Tebak Gambar

Untuk permainan ice breaking yang seru selanjutnya dapat kamu mainkan yaitu tebak gambar bersama dengan kelompok dalam melatih kerja sama timnya, dimana untuk instruktur yang akan menunjukkan sebuah gambar kepada peserta pertama dan peserta pertama bertugas menggambar gambar tersebut dengan waktu yang singkat dan ini dilakukan sampai ke orang terakhir untuk menebak gambar tersebut.

Berhitung

Game ice breaking lucu, seru dan mengasah otak serta konsentrasi yaitu bermain berhitung, dimana untuk cara melakukan permainan ini seperti pada setiap peserta yang harus berhitung namun pada saat angka menginjak hitungan dengan kelipatan tiga maka peserta tersebut harus mengatakan kata “dor” atau kata lainnya misalnya satu, dua, dan, empat, lima, dor, tujuh, delapan, dor hingga terus berlanjut dan permainan ini yang akan terhenti jika terdapat peserta yang menyebutkan angka dengan kelipatan 3.

Yel-Yel

Salah satu ice breaking lucu, seru dan mengasah otak serta konsentrasi yang selanjutnya yaitu yel-yel walaupun hal ini terlihat sederhana namun dengan yel-yel yang ampuh untuk memulihkan kondisi peserta menjadi lebih fokus dan konsentrasi, selain itu juga membantu untuk menumbuhkan semangat yang tinggi di kalangan peserta untuk dapat menjalankan kembali kegiatan tersebut.

Adapun untuk contoh melakukan yel-yel yaitu cobs untuk membuat atau menciptakan suatu yel-yel untuk bisa membuat suatu kelompok menjadi bersemangat, jangan lupa juga untuk melakukan ice breaking ini dengan kompak dan juga riang gembira dan tentunya ini akan membuat situasi menjadi mencair dan tentunya akan lebih fokus.

Sambung Cerita

Sambung cerita yang akan membuat para peserta mengasah kemampuan kreatif dan ini menjadi salah satu ice breaking lucu, seru dan mengasah otak serta konsentrasi yang dapat kamu coba, untuk cara memainkan game ini yaitu dengan menunjuk salah satu orang untuk menceritakan apa saja dan instruktur akan menghentikan di satu kata dan peserta selanjutnya bertugas untuk melanjutkan cerita dari kata terakhirnya dan ini berlangsung hingga ke peserta terakhir.

Ingat Kata

Ice breaking lucu, seru dan mengasah otak serta konsentrasi terakhir yaitu ada permainan bernama ingat kata dimana permainan ini yang akan semakin sulit dalam memainkannya, hal ini karena nantinya kata yang perlu diingat akan semakin banyak.

Adapun untuk contoh bermain game ingat kata yaitu orang pertama menyebutkan kata “kami” kemudian dilanjutkan orang kedua menyebutkan kata “kami akan” lalu dilanjut orang ketiga menyebutkan kata “kami akan pergi” dan seterusnya hingga sampai pada peserta yang salah atau gagal dalam menyebutkan kata tersebut.

Dimana dengan melakukan ice breaking tentu saja terdapat beberapa manfaatnya yang dapat kita dapatkan diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Untuk melatih berpikir secara kreatif.
  • Untuk meningkatkan rasa percaya diri.
  • Untuk mencairkan suasana dan menghilangkan kebosanan serta kelelahan.
  • Untuk melatih kemampuan dalam problem solving.
  • Untuk melatih jiwa kepemimpinan.
  • Untuk meningkatkan konsentrasi dalam melanjutkan aktivitas.
  • Untuk meningkatkan semangat dan gairah.
  • Untuk melatih kerja sama dengan tim.
  • Untuk melatih dalam berinteraksi di dalam kelompok

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai ice breaking lucu, seru dan mengasah otak serta konsentrasi yang mungkin dapat kamu coba untuk membantu mencairkan suasana menjadi lebih seru, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.