Monday, 15 Apr 2024

10 Ikan Yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

6 minutes reading
Sunday, 23 Jul 2023 22:22 0 1017 Muti Karya

Nesiaverse.com – Bagi penderita asam lambung ada beberapa jenis ikan yang boleh dikonsumsi, dan ada juga yang masuk sebagai pantangan. Seseorang yang memiliki masalah asam lambung memang cukup merepotkan ketika akan makan. Pasalnya, penderita asam lambung tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan, karena salah satu faktor utama asam lambung seseorang kambuh adalah karena asam lambung yang naik. 

Selain pola makan dan kebiasaan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Jenis makanan yang dikonsumsi juga bisa mempengaruhi asam lambung. Maka, perlu bagi kamu untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, salah satunya lauk pauk seperti ikan. Tidak semua ikan dapat kamu konsumsi juga. 

Ikan Yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

Ikan Yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

Ikan merupakan salah satu sumber yang kaya akan kandungan protein yang baik bagi kesehatan tubuh seseorang. Sehingga kamu perlu untuk mengkonsumsi kebutuhan protein dari ikan juga. Namun, bagi penderita asam lambung tidak semua makanan dapat dikonsumsi. Maka, kamu harus mengetahui jenis ikan-ikan yang baik dan aman untuk kamu konsumsi. 

Selain kandungan protein, ikan juga memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik, hal ini guna meredakan inflamasi dan dapat mengantisipasi berbagai gejala asam lambung. Kamu perlu memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh, salah satunya protein dalam ikan. 

Berikut kami sudah merangkum beberapa rekomendasi jenis ikan yang boleh dimakan oleh penderita asam lambung. Sehingga kamu dapat mengkonsumsi ikan tersebut sebagai salah satu menu makan harian, maupun menu diet pun jika kamu melakukannya. 

Ikan Salmon

Pertama, ikan yang boleh dimakan penderita asam lambung adalah ikan salmon. Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang dilahirkan dan menetas di sungai air tawar, kemudian bermigrasi mengikuti arah aliran ke laut. Ikan satu ini sangat direkomendasikan bagi kamu penderita asam lambung. 

Ikan salmon memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi dan kaya akan nutrisi. Dengan demikian dapat memenuhi kebutuhan harian kamu. Ikan salmon sangat baik untuk menjaga kesehatan lambung kamu. Meskipun memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan jenis ikan lainnya, hal ini akan kembali dengan kandungan yang aman baik di dalamnya. Maka, kamu dapat mengkonsumsi ikan salmon untuk menu diet pun jika kamu melakukan diet. 

Ikan Kakap

Ikan kakap merupakan salah satu ikan yang memiliki keunggulan karena kandungan protein dna vitamin yang tinggi di dalamnya. Dengan mengonsumsi ikan kakap kamu dapat memenuhi kebutuhan protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan vitamin K.

Selain itu ikan kakap juga tidak memiliki kandungan lemak yang tinggi alias rendah, sehingga sangat cocok untuk kamu konsumsi sebagai lauk pauk harian. Meskipun kamu memiliki asam lambung, mengkonsumsi ikan satu ini akan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein dan lemak sehat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. 

Ikan Kerapu

Ikan kerapu terkenal dengan kandungan omeganya yang sangat tinggi. Sehingga ikan kerapu masuk salah satu jenis ikan yang dapat dikonsumsi penderita asam lambung. Ikan kerapu bisa ditemukan di krang ini cocok untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Kamu bisa menjadikan ikan kerapu salah satu menu dan lauk pauk sehari-hari. 

Ikan Sarden

Ikan sarden memiliki kandungan omega yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Sehingga dengan mengkonsumsi ikan sarden akan aman bagi kamu penderita asam lambung. Ikan sarden bisa kamu olah dan variasikan sehingga nantinya akn lebih nikmat disantap sebagai lauk pauk.

Hindarilah mengkonsumsi ikan sarden dalam kemasan kaleng, apalagi yang memiliki rasa pedas. Alih -alih nutrisi yang didapatkan , kamu justru akan menimbulkan gejala lambung yang naik karena rasa pedasnya. Maka, perhatikan cara mengolah ikan sarden yang aman bagi penderita asam lambung.

Ikan Makarel

Ikan makarel merupakan salah satu ikan yang juga direkomendasikan bagi penderita asam lambung. Memiliki kadar omega yang lebih tinggi dari ikan salmon, ikan makarel cocok bagi kamu penderita asam lambung. Selain kadar omeganya yang melebihi ikan salmon, kandungan vitamin yang tinggi mulai dari vitamin D dan vitamin B12 dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi harian.

Maka, kami sangat merekomendasikan ikan makarel sebagai salah satu jenis ikan yang boleh dimakan oleh penderita asam lambung. Lagi, perhatikan proses pengolahan ikan makarel ini, hindari komponen dan bumbu yang menghadirkan rasa pedas. 

Ikan Tuna

Ikan tuna memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan pada lambung penderita asam lambung. Selain kandungan omega 3 yang baik untuk melindungi lambung, ikan tuna juga dapat mencegah terjadinya anemia sehingga meningkatkan kesehatan dan kinerja dari jantung dan mata. Tidak berhenti disitu saja, ikan tuna memiliki manfaat untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh, sehingga sangat cocok untuk kamu konsumsi dan jadikan lauk pauk.

Ikan Kembung

Ikan kembung merupakan salah satu ikan yang sangat direkomendasikan bagi para penderita asam lambung. Ikan ini aman dikonsumsi, bahkan ikan kembung kaya akan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Ikan kembung memiliki kandungan nutrisi penting seperti asam lemak omega 3, fosfor, selenium dan vitamin B12.

Asam lemak omega dalam ikan kembu akan memiliki efek anti inflamasi atau peradangan. Sehingga dengan mengonsumsi ikan kembung dapat membantu melindungi lapisan lambung dari kerusakan. Dengan begitu kamu akan terhindar dari gejala asam lambung yang naik dan meresahkan. 

Ikan Mas

Ikan mas merupakan salah satu ikan yang mudah ditemui di pasaran dan memiliki harga yang relatif murah. Meskipun begitu kandungan protein dan gizi didalamnya dapat memenuhi kebutuhan penderita asam lambung dengan baik. Mengonsumsi ikan mas juga dapat mengatasi asam lambung yang kerap kali naik. Sehingga kamu dapat mengkonsumsi ikan mas meskipun kamu penderita asam lambung. Pastikan dalam mengkonsumsi ikan satu ini kamu tidak melakukan pengolahan yang salah, misalnya menggunakan perasa yang pedas. 

Perlu kamu ketahui dan perhatikan cara mengkonsumsi ikan diatas haruslah tepat. Jika kamu menggorengnya dengan membiarkan rasa pedas hal ini justru akan mengundang asam lambung naik seketika. Maka sebaiknya untuk mengolahnya dengan cara yang sehat. Kamu bisa memanggang, menumisnya, menjadikannya sayur atau sup ikan hingga mengukusnya dengan daun pisang.

Ikan Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

Ikan Yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

Adapun jenis ikan yang tidak dianjurkan atau menjadi pantangan bagi penderita asam lambung. Berikut ikan yang menjadi pantangan bagi penderita asam lambung.

Ikan Cakalang

Ikan cakalang memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi, sehingga tidak cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Hal ini dapat menghambat sistem pencernaan, sehingga memicu naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan. Dalam beberapa kasus mengkonsumsi ikan cakalang secara berlebihan bagi penderita asam lambung bisa menimbulkan efek panas dan dada terbakar ketika asam lambung naik. Maka, sebaiknya menghindari konsumsi ikan cakalang. 

Ikan Tenggiri

Selain ikan cakalang, ikan tenggiri juga menjadi salah satu makanan yang tidak dianjurkan bagi penderita asam lambung. Meskipun kaya akan nutrisi namun ikan tenggiri memiliki kadar lemak yang tidak kalah tinggi dari ikan cakalan. Maka, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi ikan lainnya yang lebih aman karena kadar lemak dalam ikan tenggiri bisa memicu asam lambung naik. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis ikan yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh penderita asam lambung. Perhatikanlah porsi dan pengolahan ikan yang baik dan benar, kami menganjurkan untuk mengolahnya secara sehat. Kandungan dalam ikan dibutuhkan oleh tubuh, namun jika kamu penderita asam lambung makan harus lebih selektif lagi.