Saturday, 22 Jun 2024

7 Ikan Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

6 minutes reading
Sunday, 23 Jul 2023 22:25 0 200 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ikan merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh, namun ternyata ada jenis yang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes. Mengingat ikan memiliki sumber protein dan lemak baik yang dibutuhkan bagi tubuh manusia. Namun, beda cerita jika kamu adalah penderita diabetes, karena hal ini dapat memicu kenaikan gula darah dalam tubuh dan membuat penyakitnya semakin parah. 

Penderita diabetes tidak dapat mengonsumsi makanan apa saja, ada beberapa jenis makanan tertentu yang harus dihindari. Hal tersebut dikarenakan kandungan dalam makanan yang dapat memicu kenaikan kadar gula darah pada tubuh dan memperparah penyakitnya. Salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes diantara beberapa jenis ikan. 

Ikan Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

7 Ikan Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes yang tidak bisa mengkonsumsi sembarang makanan, menjaga jenis dan pola makan merupakan suatu hal yang penting. Ketika tidak dapat mengatur pola makan yang benar dan konsisten hal ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Bahkan dapat memicu permasalah kesehatan lainnya. Begitupun dengan jenis makanan yang harus dihindari. 

Tidak semua jenis ikan dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan beberapa jenis ikan yang berisiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Dilansir dari Alodokter bahwa iklan merupakan salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Namun, ada beberapa jenis ikan yang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes juga. 

Berikut beberapa jenis ikan yang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes. 

Ikan Dengan Kadar Merkuri Yang Tinggi

Ikan dengan kadar merkuri yang tinggi tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jenis ikan satu ini tidak bisa dikonsumsi dan diberikan bagi penderita diabetes. Salah satunya yang s sering kita temui adalah ikan tongkol. Ikan tongkol memiliki prose pengolahan dimana kan direbus terlebih dahulu, selam prosesnya ikan tongkol akan diberikan garam dalam kadar yang cukup banyak. Hal ini memiliki tujuan untuk menjaga ikan tongkol agar tetap awet, atau sebagai pengawet alami. Sehingga ikan tongkol tidak mudah busuk. 

Karena prose pengolahannya lah yang membuat ikan tongkol tidak baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan dalam ikan tongkol dapat memicu kadar gula dalam darah akan meningkat dengan cepat. Selain itu kandungan natrium pada garam yang digunakan untuk ikan dapat meningkatkan resistensi insulin bagi penderita diabetes. Maka, ikan yang memiliki kadar merkuri yang tinggi harus dihindari penderita diabetes. 

Selain tongkoh banyak jenis ikan lain yang memiliki kadar merkuri yang tinggi di dalamnya, tentunya kamu sebagai penderita diabetes harus menghindarinya. Dalam berbagai penelitian dikatakan bahwa ikan tuna termasuk salah satu ikan yang memiliki kandungan kadar merkuri yang cukup tinggi dibandingkan jenis ikan laut lainnya. Bahkan kandungan merkuri dalam ikan tuna lebih tinggi dari kerang, lobster, salmon, iram dan tilapia. 

Kandungan merkuri yang cukup tinggi pada ikan tuna disebabkan oleh kebiasaan ikan tuna yang memakan ikan-ikan yang jauh lebih kecil darinya. Sehingga merkuri dari ikan kecil di lauk yang rentan terkontaminasi oleh merkuri akan masuk kedalam tubuh ikan tuna. Dengan begitu hal inilah yang membuat tuna masuk ke daftar teratas ikan dengan kadar merkuri yang tini. 

Berikut beberapa jenis ikan yang tinggi kadar merkuri. 

  1. Tiefish, memiliki kadar merkuri hingga 1,123 ppm.
  2. Swordfish atau disebut ikan todak memiliki kadar merkuri hingga 0,995 ppm.
  3. Bigeye tuna, memiliki kandungan kadar merkuri 0,689 ppm.
  4. King mackerel, memiliki kandungan merkuri 0,73 ppm.
  5. Marlin , memiliki kadar merkuri 0,485 ppm.
  6. Tenggiri, memiliki kandungan merkuri hingga 0,73 ppm.

Ikan Yang Digoreng

Selanjutnya ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah ikan yang diolah dengan cara digoreng. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi ikan yang digoreng akan menyerap banyak minyak trans di dalamnya. Tentunya dengan kandungan minyaknya yang tinggi tidak disarankan untuk dikonsumsi, sebab tidak baik bagi kesehatans eseornag. Selain itu kandungan minyak goreng yang terperangkap dalam ikan goreng memiliki dampak dan kontribusi dalam meningkatkan kadar gula bagi penderita diabetes.

Kenaikan kadar gula dari mengkonsumsi ikan goreng ini tidak akan berdampak langsung bagi penderita diabetes. Namun, lemak trans yang terkandung dalam ikan goreng bisa menyebabkan resistensi insulin pada tubuh meningkat drastis. Hal ini dikarenakan makanan yang diolah dengan cara menggoreng memiliki kandungan kalori dan lemak yang sama tingginya. 

Dengan mengkonsumsi ikan yang diolah dengan cara digoreng tentunya dapat memicu kenaikan berat badan pada penderita diabetes. Sheingga dnegan bertambahnya berat badans seseorang juga akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengefektifkan penggunaan insulin. Dengan begitu, gula darah dapat meningkat secara drastis dan memberikan efek yang kronis. 

Kandungan lemak trans dalam ikan yang diolah dengan cara digoreng pun akan meningkatkan terjadinya kerusakan pada pembuluh darah, dan mengurangi lemak baik dalam tubuh. Dengan begitu dapat memicu penyakit kardiovaskular karena diabetes. Maka, hindarilah ikan yang diolah dengan cara digoreng. Hal ini juga karena akan meningkatkan kadar garam dalam ikan yang digoreng, sehingga harus dihindari penderita diabetes.

Hal diatas merupakan kriteria ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu kamu dapat memperhatikan sistem pengolah ikan yang benar dan baik. Berikut kami sudah merangkum beberapa jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan kadar merkuri , tinggal pengolahannya saja yang tidak boleh digoreng. 

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salh satu ikan yangs eirng kali direkomendasikan bagi para penderita diabetes, Ikan salmon memiliki kandungan yang kaya akan asam lemak omega 3. Sehingga dapat membantu menjaga kesehatan otak, jantung dan kulit kamu. Selain itu ikan salmon hampir tidak memiliki kadar merkuri di dalamnya, dan paling sehat yaitu 0,022 ppm. 

Ikan Nila

Ikan nila adalah salah satu jenis ikan dengan kadar rendah lemak dan sumber protein yang baik bagi tubuh. Selain itu ikan nila kaya akan kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6, sehingga bermanfaat bagi tubuh untuk merespon hormon insulin dan menurunkan kadar gula dalam tubuh penderita diabetes. Konsumsilah ikan nila yang berumur 5-7 bulan, karena kadar merkuri di dalamnya adalah 0,001 ppm. 

Ikan Kembung

Ikan kembung merupakan ikan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, yaitu ikan kembung, Ikan kembung memiliki kandungan asam lemak dan protein yang tinggi, Hal inilah yang baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Serta dengan kandungan tersebut dapat menjaga kadar gula dalam tubuh. Ikan kembung juga mudah untuk ditemukan dipasaran dengan harga yang terjangkau. Untuk kadar merkuri dalam ikan kembung adalah yaitu 0,0029 ppm.

Ikan Sarden

Ikan sarden adalah ikan yang kaya akan kandungan omega 3, ikan satu ini dapat memperlambat proses penyerapan glukosa dalam aliran darah. Sehingga dapat mencegah peradangan, dan mampu menurunkan resiko penderita diabetes terkena penyakit jantung. Maka, kamu bisa mengkonsumsi ikan sarden ini dalam bentuk yang segar, hindarilah mengkonsumsi ikan sarden dalam bentuk kemasan atau kaleng, karena ikan sarden kemasan atau instan memiliki kandungan garam yang tinggi, dna harus dihindari penderita diabetes. 

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis ikan yang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes. Kami juga memberikan beberapa rekomendasi ikan yang aman untuk dikonsumsi, bahkan beberapa dari ikan tersebut dapat meredakan gejala diabetes. Konsumsilah jenis ikan yang dianjurkan dengan cara pengolahan yang baik, sehingga gizi didalamnya dalam kamu dapatkan dengan sempurna. Hindari cara pengolahan ikan dengan cara menggoreng, karena akan menghilangkan nutrisi dan mendatangkan masalah kesehatan lainnya bagi penderita diabetes.