Monday, 17 Jun 2024

Jarak Makan Sebelum Olahraga

3 minutes reading
Tuesday, 6 Dec 2022 21:04 0 326 Muti Karya

Nesiaverse.com – Masih banyak yang tidak tahu jarak ideal untuk makan sebelum olahraga, mengingat ketika olahraga kita membutuhkan energi yang mana kamu tidak boleh melakukannya ketika perut kosong. Karena hal tersebut akan berbahaya jika kamu lakukan. Untuk mengetahui jarak idealnya kamu bisa menyimak pembahasan dalam artikel kami berikut ini.

Tentunya semua orang tahu bahwa olahraga bertujuan untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Namun dalam proses berolahraga juga dibutuhkan energi yang mana datangnya dari makanan yang dikonsumsi. Maka penting mengetahui jarak dan waktu makan sebelum olahraga guna menghindari kerusakan atau gangguan sistem cerna. 

Jarak Makan Sebelum Olahraga

Olahraga sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari guna menjaga stamina juga kesehatan tubuh seseorang. Sayangnya tidak sedikit yang kurang memahami tentang jarak makan sebelum olahraga yang mana hal tersebut merupakan informasi dan wawasan yang patut diketahui seseorang. 

Mengenai makna sebelum olahraga ada sebagian yang menyarankan guna energi yang diproduksi dan agar tidak lemas. Namun ada sebagian yang tidak menganjurkan juga yang mana hal tersebut bisa memicu gangguan pencernaan. Mengingat olahraga sendiri memang membutuhkan energi dan akan membakar kalori serta lemak dalam tubuh. 

Bagi kalangan yang menyarankan makan sebelum berolahraga maka harus mengetahui jarak idealnya, hal tersebut guna menghindari gangguan pencernaan. Sementara para ahli sendiri menyarankan untuk memberikan jarak atau jeda 2 hingga 3 jam sebelum kamu melakukan aktivitas olahraga. Hal ini berlaku untuk olahraga ringan maupun olahraga berat.

Jarak makan 2-3 jam merupakan waktu atau jarak yang harus kamu terapkan sebelum melakukan olahraga yang mana dalam berolahraga sendiri kamu membutuhkan energi agar tidak lemas. Sebenarnya waktu yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan pencernaan makanan sendiri bergantung pada jumlah dan jenis makanan yang kamu konsumsi. 

Semakin banyak makanan yang kamu konsumsi maka tentunya semakin berat dan lama proses pencernaannya. Maka, bagi kamu yang ingin berolahraga setelah makan pastikan makanan yang kamu cerna bukanlah makanan yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Seperti makanan yang mengandung tinggi lemak, protein dan serat tentunya membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk dicerna. 

Kamu membutuhkan jarak guna menghindari keluhan perut ketika melakukan olahraga. Jika kamu melakukan olahraga berat setelah makan besar tanpa jeda nantinya akan menyebabkan keluhan di area perut. Mulai dari muntah, perut bengar, kram otot hingga nyeri perut dan keluhan lainnya. Makanya pentingnya memberi jarak makan sebelum berolahraga dibutuhkan.

Sebaliknya, jika kamu tidak memiliki banyak waktu seperti 2 hingga 3 jam baru berolahraga, kamu bisa memilih makanan yang rendah lemak, protein sehingga dalam proses pencernaannya sendiri berlangsung dengan cepat alias tidak lama. Maka, tidak apa apa kamu memberikan sedikit jarak antara setelah makan ke jam olahraga kamu. 

Tubuh membutuhkan energi yang mana akan digunakan untuk berolahraga juga. meskipun begitu tidak sedikit orang yang menganjurkan tidak makan sebelum berolahraga guna menghindari keluhan pada pencernaan atau perut. Namun, kamu bisa menyiasatinya dengan memberikan jarak makan sebelum olahraga. 

Bagaimanapun tubuh memerlukan energi untuk melakukan olahraga yang berasal dari makanan yang kamu konsumsi sebelumnya. Karena jika tidak ada energi maka tubuh tidak akan mampu bekerja dan membakar kalori dalam jumlah yang banyak. Jadi tetaplah makan sebelum berolahraga dengan memberikan jarak sebelum berolahraga. 

jika tidak memiliki waktu konsumsilah makanan ringan yang mana tidak akan membutuhkan waktu lebih dari 30 menit untuk mencernanya. Semoga informasi dalam artikel kali ini bermanfaat.