Monday, 17 Jun 2024

Kandungan Vitamin Buah Rambutan

4 minutes reading
Sunday, 7 May 2023 08:12 0 221 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Sudah tidak asing lagi dengar buah Rambutan yang satu ini dan bahkan buah ini yang bisa dibilang unik dibandingkan dengan buah tropis yang lainnya, selain hanya mengkonsumsinya namun kamu juga perlu mengetahui dengan kandungan vitamin yang terdapat pada buah Rambutan tersebut.

Buah Rambutan atau memiliki nama latinnya yaitu Nephelium lappaceum ini yang merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, dengan memiliki kulit buah yang dilapisi dengan duri-duri halus seperti rambut dan bagian buahnya Rambutan ini yang mirip dengan buah Leci dan juga Kelengkeng yang berwarna putih bening yang terdapat biji di dalam dagingnya.

Buah Rambutan juga yang memiliki rasanya yang manis dan ada juga yang asam sehingga sangat cocok dikonsumsi di siang hari yang dapat menyegarkan badan, dimana buah Rambutan ini yang sesuai dengan namanya memiliki rambut pada bagian kulitnya seperti menyerupai hewan di laut yaitu bulu babi.

Buah Rambutan yang ternyata merupakan buah asli dari Indonesia yang terdapat beberapa varian dengan jumlah terbanyak yaitu terdapat 22 varian, biasanya pada saat musim panen tiba buah Rambutan ini yang menjadi salah satu makanan populer diminati banyak orang.

Dimana buah Rambutan ini yang sering dikonsumsi secara langsung dan ada juga untuk beberapa orang yang menggunakan bagian lainnya sebagai pengobatan, nah untuk kamu yang penasaran dengan apa saja kandungan vitamin yang terdapat buah Rambutan maka bisa dengan simak penjelasannya disini.

Kandungan Vitamin Buah Rambutan

Kandungan Vitamin Buah Rambutan

Buah Rambutan yang memiliki ciri khas dengan kulitnya seperti rambut menawarkan kesegaran dan juga dapat memberikan berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, tentu saja beragam manfaat dan khasiat dari buah Rambutan ini yang berasal dari kandungan vitamin dan juga nutrisi lainnya yang terdapat didalamnya.

Adapun untuk kandungan gizi makro dan mikro pada buah Rambutan dalam porsi 100 gram yaitu meliputi sebagai berikut:

  • 18,1 gram karbohidrat
  • 0,8 gram serat
  • 0,9 gram protein
  • 0,1 gram lemak
  • 104,2 miligram kalium
  • 58 miligram vitamin C
  • 16 miligram fosfor
  • 16 miligram natrium
  • 0,17 miligram tembaga
  • 0,07 miligram vitamin B2 (riboflavin)
  • 0,5 miligram besi
  • 0,5 miligram niasin, dan
  • 0,1 miligram seng

Bahkan tidak hanya itu saja buah Rambutan juga yang memiliki kandungan lainnya seperti antioksidan, anti inflamasi, antidiabetes dan juga antiviral, dengan berbagai kandungan vitamin dan nutrisi lainnya yang terdapat pada buah Rambutan ini yang menawarkan segudang khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Adapun untuk beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah Rambutan untuk kesehatan tubuh yang sangat sayang jika dilewatkan yaitu sebagai berikut:

Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang sedang menjalankan program diet atau menurunkan berat badan maka perlu mengetahui dengan manfaat dari mengkonsumsi buah Rambutan yang satu ini dapat membantu dalam menurunkan berat badan, dimana dalam 100 gram buah Rambutan yang mengandung sekitar 75 kkal dan 0,8 gram serat di dalamnya.

Dengan kandungan serat yang tinggi namun rendah kalori yang tidak akan membuat berat badan menambah secara signifikan jika mengkonsumsi buah Rambutan dalam jumlah yang wajar, buah Rambutan yang kata akan kandungan serat yang akan membuat tubuh menjadi merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama sehingga nafsu makan yang akan terkendali.

Menurunkan Diabetes

Pada kulit buah Rambutan yang mengandung geraniol dan kandungan ini merupakan jenis polifenol ellagitanin berfungsi sebagai antioksidan dan anti radang, menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Procedia Food Science pada tahun 2015 yang menyatakan bahwa kulit buah Rambutan yang bisa membantu untuk menurunkan kadar gula darah.

Selain itu juga kandungan kalium pada buah Rambutan ini yang dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah dalam batas normal dengan menurunkan tekanan darah, baik untuk fungsi otot dan juga melemaskan dinding pembuluh darah.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Dengan mengkonsumsi buah Rambutan yang dapat memberikan manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan karena sekitar setengah daging buah Rambutan ini yang mengandung serat larut tidak air, dimana untuk jenis serta ini yang tidak menyatu dengan air dan akan langsung melewati sistem pencernaan.

Untuk sebagian besar kandungan serat tidak larut ini yang akan langsung masuk ke sistem pencernaan dan akan mendorong feses dalam usus, sehingga akan membantu feses agar lebih mudah untuk dikeluarkan pada saat BAB dan selain itu juga kandungan jenis serat larut air pada buah Rambutan ini yang menjadi makan untuk bakteri baik di dalam usus yang berfungsi menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan mengkonsumsi buah Rambutan secara rutin yang dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, hal ini dikarenakan buah Rambutan  yang mengandung vitamin C yang tinggi di dalamnya dan kandungan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh yang akan mendorong produksi sel darah putih untuk memperkuat kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

Dimana para peneliti juga yang mengatakan bahwa geraniin yang terdapat pada kulit Rambutan yang memiliki aktivitas antivirus terhadap virus dengue, senyawa ini yang memiliki peran penting dalam menghambat proses penempelan virus dan juga mengganggu interaksi sel virus awal.

Mungkin hanya itu saja beberapa kandungan vitamin yang terdapat pada buah Rambutan yang dapat memberikan berbagai khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.