Thursday, 20 Jun 2024

Kandungan Vitamin Buah Strawberry

4 minutes reading
Sunday, 7 May 2023 08:14 0 239 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Strawberry yang menjadi salah satu jenis buah favorit banyak orang dan mungkin kamu salah satunya yang pecinta buah ini, tentu saja kamu juga perlu mengetahui dengan apa saja kandungan vitamin dari buah Strawberry.

Dimana buah Strawberry ini yang pertama kali pada abad ke 18 yang diperkenalkan ke bangsa Eropa dan buah ini yang berasal dari Amerika Utara dan Chili termasuk tanaman hidrida dari dua spesies Strawberry liar, dengan memiliki warna merah cerah rasanya yang manis dengan sedikit asam dan juga berair.

Dimana buah Strawberry ini yang bisa kamu temukan dengan mudah di pasar tradisional maupun di supermarket dengan memiliki harga yang terjangkau, biasanya buah Strawberry ini yang dapat dikonsumsi secara langsung masih segar atau dibuat olahan menjadi makanan penutup, selain, jus dan bahkan jelly.

Selain memiliki rasa yang manis dan sedikit asam tetapi menyegarkan apalagi jika dikonsumsi pada siang hari, tetapi buah Strawberry juga yang memiliki manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan bahkan untuk kecantikan yang bisa digunakan sebagai skincare.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan manfaat dari buah Strawberry dengan baik dan optimal, tentu saja kamu juga perlu mengetahui dengan apa saja kandungan vitamin buah Strawberry dan untuk mengetahuinya kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan baik.

Kandungan Vitamin Buah Strawberry

Kandungan Vitamin Buah Strawberry

Buah Strawberry ini banyak yang mengatakan buah yang sangat serbaguna selain dengan memiliki rasa yang manis dan asam yang enak, bentuk buah yang bulat berwarna merah terang yang dilengkapi dengan bintik-bintik pada bagian luarnya tetapi buah ini juga yang memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh.

Mungkin sudah banyak orang yang mengkonsumsi buah Strawberry ini tetapi tidak semua orang mengetahui dengan kandungan vitamin yang terdapat didalam buah yang satu ini, dalam 100 gram buah Strawberry ini yang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin sebagai berikut:

  • 1 mcg vitamin A
  • 0,047 mg vitamin B6
  • 58,8 gram vitamin C
  • 0,29 mg vitamin E (alpha tocopherol)
  • 2,2 mcg vitamin K
  • 7 mcg beta karoten
  • 0,022 mg riboflavin
  • 90,95 gram air
  • 32 kkal energi
  • 24 mcg folat
  • 5,7 mcg kolin
  • 0,67 gram lemak total
  • 4,89 gram gula
  • 0,14 mg zinc
  • 2 gram serat
  • 153 mg kalium
  • 0,41 mg zat besi
  • 16 mg kalsium
  • 13 mg magnesium
  • 24 mg fosfor

Dengan beragam kandungan vitamin, mineral dan nutrisi yang sangat banyak didalam buah Strawberry ini sehingga buah ini memberikan banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, untuk kamu yang ingin tahu apa saja dengan manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah Strawberry maka berikut beberapa manfaatnya.

Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan rutin mengkonsumsi buah Strawberry baik dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus secara rutin yang ternyata bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manfaat ini yang dikarenakan terdapat kandungan vitamin C didalam buah Kurma.

Dengan kekebalan tubuh yang baik dan kuat bisa mencegah berbagai penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus dan juga bakteri sehingga dengan begitu tubuh akan lebih sehat, selain itu juga kandungan vitamin C berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menetralisir radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh.

Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Untuk manfaat lainnya dari buah Strawberry yang bisa kamu dapatkan yaitu membantu meningkatkan fungsi otak, manfaat ini berasal dari kandungan Strawberry yang diperkaya dengan antosianin dan juga flavonoid yang sangat efektif untuk membantu mencegah penurunan memori.

Kesehatan Mata dan Rambut

Kandungan vitamin C dan antioksidan seperti ellagic acid, flavonoid, phenolic dan phytochemicals yang terdapat didalam buah Strawberry ini, dimana senyawa ini yang memiliki peran penting dalam membantu untuk melawan radikal bebas agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk masalah pada mata seperti katarak, mata kering dan juga degenerasi makula.

Kandungan antioksidan dalam buah Strawberry yang berfungsi membantu melindungi dan membersihkan kondisi rambut, selain itu juga terdapat kandungan kalium didalamnya yang dipercaya dapat membantu mengatasi tekanan okular pada bola mata yang bisa membahayakan penglihatan.

Membantu Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Buah Strawberry yang diperkaya dengan anthocyanin yang selain memberikan efek warna merah pada buahnya, tetapi kandungan ini yang bermanfaat untuk membantu mencegah tekanan darah tinggi dan juga membantu membuka aliran darah dan efek atau manfaat ini yang sangat berpengaruh pada mereka berusia 60 tahun ke bawah.

Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan vitamin C, quercetin, anthocyanins, asam folat dan juga kaempferol yang merupakan jenis flavonoid yang terdapat pada buah Strawberry yang memiliki efek antikarsinogenik, kandungan ini yang akan membantu untuk melawan pertumbuhan tumor yang menjadi penyebab kanker dan juga mencegah penyebaran atau metastasis sel kanker dalam tubuh.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa kandungan vitamin buah Strawberry yang perlu kamu ketahui untuk bisa mendapatkan manfaatnya menjadi lebih optimal dan konsumsi buah ini secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.