Monday, 17 Jun 2024

Kandungan Vitamin Susu Kedelai

5 minutes reading
Friday, 24 Feb 2023 01:09 0 269 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya sudah tidak asing lagi dengan susu kedelai atau lebih tepatnya olahan sari kedelai yang satu ini, walaupun susu kedelai ini sudah terkenal dengan memiliki manfaat yang melimpah namun masih banyak juga yang belum mengetahui apa saja kandungan vitamin dari susu kedelai yang satu ini.

Susu kedelai merupakan salah satu jenis minuman yang terbuat dari kacang kedelai atau kacang kuning yang proses pembuatan susu kedelai ini membutuhkan bahan utamanya yaitu kacang kedelai yang direndam, digiling dan disaring hingga menghasilkan cairan putih yang dinamakan susu kedelai.

Menurut ahli nutrisi yang menyatakan bahwa susu kedelai ini bukan termasuk ke dalam kategori susu, hal ini dikarenakan susu yang merupakan cairan yang diproduksi oleh kelenjar susu pada mamalia dan juga manusia.

Namun karena susu kedelai ini yang berwarna putih dan hampir sama dengan susu sapi sehingga dinamakan susu kedelai, dengan proses pembuatannya yang sederhana namun untuk kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya yang bermanfaat untuk kesehatan yang sangat luar biasa.

Susu kedelai ini yang biasanya dijadikan sebagai alternatif untuk mereka yang alergi atau tidak menyukai susu sapi, nah untuk kamu yang ingin tahu apa saja kandungan vitamin susu kedelai bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Kandungan Vitamin Susu Kedelai

Kandungan Vitamin Susu Kedelai

Susu kedelai yang memiliki rasa yang enak dan lezat bahkan susu kedelai juga yang memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh, dimana susu kedelai ini yang mengandung gizi yang sangat memiliki peran penting untuk tubuh.

Dimana susu kedelai yang merupakan sumber vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan juga provitamin A, selain itu juga sumber mineral seperti selenium, magnesium, fosfor dan kalsium, sumber lemak, sumber protein dan juga sumber karbohidrat.

Sehingga tidak heran jika susu kedelai ini yang memiliki manfaat yang sangat melimpah untuk kesehatan tubuh, nah dibawah ini ada beberapa manfaat dari mengkonsumsi susu kedelai untuk kesehatan tubuh manusia yaitu sebagai berikut.

Sumber Protein

Susu kedelai yang merupakan salah satu jenis minuman sumber protein dengan jumlahnya yang hampir sama dengan olahan susu sapi, bahkan selain itu susu kedelai juga yang mengandung protein nabati yang tinggi mampu untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau kerapuhan tulang belakang.

Anti Kanker

Ternyata susu kedelai yang merupakan salah satu jenis minuman kesehatan sumber mineral, vitamin seperti vitamin E, selenium, isoflavon, dan juga asam amino triptofan, zat senyawa ini yang memiliki peran sebagai antioksidan yang akan mengatasi paparan radikal bebas yang menjadi pemicu munculnya kanker.

Bahkan selain itu untuk kandungan antioksidan dan selenium pada susu kedelai ini yang merupakan vitamin E dan juga genistein yang dimana secara sinergi yang bisa membantu untuk mencegah atau menghalau terjadinya penyakit kanker.

Membantu Mencegah Penuaan

Dengan mengkonsumsi susu kedelai yang dipercaya bisa membantu untuk mencegah penuaan dini, dimana untuk mencegah penuaan yang paling ampuh yaitu dengan mengandalkan antioksidan yang bersumber dari makanan maupun minuman.

Salah satunya dengan mengkonsumsi susu kedelai yang mengandung berbagai macam zat senyawa anti aging didalamnya, susu kedelai merupakan sumber antioksidan berasal dari golongan kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, selenium, kalsium, magnesium, beta karoten, chromium, tembaga dan isoflavon.

Minuman untuk Orang Vegetarian

Orang vegetarian tentu saja sangat membutuhkan sumber gizi hewani yang menjadi sumber gizi yang tinggi untuk pertumbuhan dan juga perkembangan pada tubuh manusia, untuk susu kedelai ini yang bisa menjadi salah satu minuman untuk orang vegetarian hal ini dikarenakan susu kedelai sumber vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan provitamin A.

Selain itu juga susu kedelai yang merupakan sumber mineral seperti fosfor, kalsium, selenium dan magnesium, sumber protein, sumber karbohidrat dan juga sumber lemak, sehingga dengan kandungan dalam susu kedelai ini yang mengganti makan yang berasal dari hewan.

Kesehatan Jantung

Susu kedelai yang memiliki jumlah lemak jenuh yang sedikit di dalamnya sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung, dimana dengan jumlah lemak jenuh yang tinggi bisa meningkatkan kadar kolesterol yang naik atau memburuk dan ini bisa menyebabkan peningkatan risiko jantung.

Susu kedelai yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan juga lemak tak jenuh ganda di dalamnya dan tidak mengandung kolesterol, sehingga dengan begitu sangat aman dikonsumsi untuk kamu yang takut berat badan naik atau gemuk.

Tidak Akan Menyebabkan Alergi

Susu kedelai selain dijadikan sebagai salah satu minuman yang ideal untuk penderita galaktosemia dan laktosa intoleran, namun susu kedelai juga yang tidak akan menyebabkan alergi makanan hal ini dikarenakan susu kedelai yang bebas kacang, gluten, kasein dan juga MSG.

Mencegah Migraine

Tidak sedikit orang merasakan sakit kepala sebelah atau migrain dan biasanya ini yang bersifat kambuh lebih banyak menyerang pada wanita jika dibandingkan pria, susu kedelai yang kaya akan kandungan vitamin B komplek, mineral dan asam amino didalamnya yang bisa membantu untuk meredakan dan mencegah migrain atau sakit kepala sebelah.

Mencegah Kanker Prostat

Dimana susu kedelai yang kaya phytoestrogen yaitu hormon tanaman yang dipercaya bisa menghambat produksi hormon testosteron pada pria, dengan kadar testosteron yang berkurang secara signifikan yang bisa membantu mengurangi risiko kanker prostat.

Membantu Mencegah Diabetes Melitus

Tubuh yang kekurangan insulin yang mengakibatkan kelainan metabolisme karbohidrat, lemak, air elektrolit dan protein yang menyebabkan diabetes melitus, dengan mengkonsumsi susu kedelai yang akan menjaga keseimbangan hormon insulin hal ini dikarenakan mengandung asam amino arginin dan asam amino glisin.

Selain itu juga susu kedelai ini yang mengandung protein didalamnya yang akan lebih mudah diterima oleh organ ginjal jika dibandingkan dengan protein hewani, sehingga dengan begitu membuat susu kedelai ini sangat aman dan baik dikonsumsi untuk penderita diabetes melitus.

Baik Untuk Hati

Ternyata susu kedelai yang mengandung lemak jenuh yang sangat kecil terutama untuk lemak jenuh tunggal dan juga lemak tak jenuh ganda, bahkan selain itu juga susu kedelai ini yang tidak mengandung kolesterol didalamnya sehingga sangat aman dan baik dikonsumsi untuk penderita penyakit koroner.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai kandungan vitamin susu kedelai yang bisa kamu ketahui beserta dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan tubuh, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat konsumsi susu kedelai secara rutin untuk merasakan manfaatnya.