Monday, 17 Jun 2024

Kenapa Induk Kucing Memakan Anaknya?

6 minutes reading
Saturday, 26 Aug 2023 22:21 0 124 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Kenapa induk kucing memakan anaknya? Apa yang menjadi induk kucing mengambil keputusan seperti itu? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait kenapa induk kucing memakan anaknya sendiri.

Hal yang sudah sering dan tidak lagi jarang terjadi, ketika dimana induk kucing memutuskan untuk memakan anaknya sendiri setelah mereka melahirkan anak-anaknya. Memang cukup terdengar mengerikan bukan? Tapi jangan terlalu cepat untuk menyimpulkan hal-hal negatifnya saja, mungkin ada suatu alasan tertentu.

Kucing merupakan hewan karnivora yang memakan daging-dagingan, namun kucing ini bukanlah hewan kanibal yang memakan sesama jenisnya sebagai sumber makanan utama. Hanya saja memang mereka terkadang memakan anaknya sendiri, tapi hal itu dilakukan bukan berarti kucing kanibal melainkan alasan lain.

Lalu kalau begitu kenapa induk kucing memakan anaknya? Nah, disini akan memberikan beberapa alasan tentang induk kucing yang memakan anaknya agar dapat kamu ketahui berbagai alasan-alasan jelasnya. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Kenapa Induk Kucing Memakan Anaknya?

Kenapa Induk Kucing Memakan Anaknya?

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai fakta-fakta tentang kucing, apakah kucing termasuk hewan kanibal atau bukan? Penting untuk kamu kenali, agar tidak salah dalam menanggapi perilaku-perilaku kucing yang selalu tak terduga.

Faktanya kucing ini memiliki emosi seperti halnya manusia dan kucing bukan termasuk ke dalam kategori hewan kanibal yang memakan satu sama lain sebagai hewan buruannya. Hanya saja memang kucing ini terkadang memakan anaknya yang masih satu jenis, yaitu anak kucing.

Tapi, kucing tidak pernah memakan kucing sepantaran lainnya seperti kucing dewasa yang memakan kucing dewasa lain. Mereka hanya memakan anak-anaknya dengan suatu alasan tertentu saja, mungkin memang ada penyebabnya yang membuat kucing bertindak demikian.

Lalu bagaimana dengan kucing yang memiliki emosi? Apa mereka tidak merasa kasihan kepada anaknya yang mereka makan? Jawabannya adalah iya memang benar kucing memiliki emosi sehingga mereka bisa merasakan sedih, emosi dan tentu saja mereka memiliki naluri kuat.

Kucing termasuk hewan yang penyayang dan memiliki naluri kuat untuk merawat anak-anaknya sampai dewasa dengan mengajarkan banyak hal untuk bertahan hidup di alam liar ketika sudah tidak lagi hidup bersama induknya. Sehingga anaknya akan semakin mandiri.

Jika memang seperti itu, lantas kenapa si induk tega memakan anaknya? Memang yang namanya hewan, mereka menggunakan insting liarnya, mungkin dilihat dengan mata kamu itu adalah hal yang kejam, namun nyatanya ada alasan di balik semua itu. Berikut ada beberapa alasan induk kucing memakan anaknya, yaitu:

Anaknya Terlahir Cacat Atau Sakit

Alasan kenapa induk kucing memakan anaknya adalah karena mereka terlahir cacat atau sakit yang bahkan kecil sekali kemungkinannya untuk bertahan hidup. Sehingga si induk lebih memilih untuk mengakhiri hidup anaknya, daripada harus menderita nanti kedepannya.

Bukankah sangat ironis sekali? Tapi, memang begitulah kenyataannya. Sebagai bentuk kasih sayang, namun ini versi dari hewan itu sendiri. Mereka menggunakan insting bertahan hidupnya tidak dengan perasaan yang nyata seperti manusia, walaupun sama-sama memiliki emosional.

Induk Kucing Merasa Stress

Induk kucing memang akan rentan terkena stress sehabis melahirkan, karena ketika melahirkan pastinya membutuhkan banyak tenaga, waktu, kehilangan cukup banyak darah, dan akhirnya merasa lelah selama melewati masa-masa kehamilan sampai melahirkan.

Tentu saja induk kucing akan merasa stress berat setelah melalui banyak hal, yang akhirnya dapat mengganggu naluri alamiahnya dan lepas kendali. Sehingga menganggap kehadiran anak mereka itu adalah sebuah ancaman untuknya, lalu pada akhirnya sebagai bentuk pertahanan diri mereka malah memakan anaknya.

Melahirkan Terlalu Banyak Anak

Alasan satu ini memang cukup menyayat hati ketika mengetahuinya, bagaimana tidak? Karena pastinya kamu berpikir tega banget induk kucing memakan anaknya hanya karena mereka melahirkan banyak anak. Namun, mau bagaimanapun juga hal itu sudah menjadi keputusan induk kucing itu sendiri.

Hal ini terjadi karena menurut induk hewan yang dimana mereka berperan sebagai ibunya yang akan merawat anak-anaknya nanti, tapi karena anak yang kucing ini lahirkan terlalu banyak sehingga induk pun berpikir untuk memakan beberapa anaknya agar si induk mampu membesarkan anak lainnya.

Karena induk kucing sendiri tau bahwa kedepannya nanti mungkin produksi ASI tidak akan begitu cukup banyak, terutama kepada kucing-kucing liar di luar sana yang sama sekali tidak mendapatkan asupan makanan yang layak dan cukup. Sehingga pada akhirnya produksi ASI mereka tidak banyak.

Anak Kucing Dalam Bahaya

Ketika si induk merasa kediamannya terancam dari adanya hewan liar lainnya atau karena ada manusia yang mengetahui tempat sarang mereka ketika sedang merawat dan menyusui anak-anaknya, tentu saja si induk akan lebih waspada serta merasa hal itu menjadi ancaman mereka. Hal ini karena mereka pikir keberadaan hewan lain menjadi sebuah ancaman untuk anaknya.

Walaupun memang ada kalanya manusia itu sendiri tidak bermaksud hal jahat, tetap saja kucing sebagai hewan memiliki naluri untuk bertahan hidup akan berpikir berbeda. Sampai akhirnya mereka bertekad akan mencari tempat baru, namun kalau masih merasa terancam si induk akan memakan anaknya yang berpikir anaknya bisa aman kalau mereka makan.

Induk Kucing Mengalami Malnutrisi

Biasanya kasus ini cukup jarang terjadi, apalagi untuk kucing peliharaan. Terkadang ada suatu momen yang dimana induk kucing ini sangat kurus sekali tidak mendapatkan makanan selama kehamilannya bahkan tidak bertenaga juga ketika mereka menjalani proses melahirkan.

Pada akhirnya si induk secara tidak sengaja memakan anak-anaknya ketika baru saja dilahirkan, karena sudah begitu tidak tahan dengan rasa laparnya yang membuat naluri mereka menjadi liar dan menyangka bahwa anaknya adalah hewan buruan yang bisa mereka makan.

Induk Tidak Dapat Mengenali Anaknya

Nah, buat kamu nih yang suka megang-megang anak kucing baru lahir segera hentikan ya! Jangan lagi melakukan hal seperti itu. Karena bau dari manusia akan dapat menempel pada tubuh anak si kucing yang dimana ketika induknya hendak akan memandikan mereka dengan menjilati dan mengendus-endus tubuh anaknya, dia jadi tidak dapat mengenali bau anaknya.

Sehingga induk kucing ini menyangka kalo itu bukan anak mereka dan tidak lagi memberi ASI atau menyusui si anak kucing tersebut, bahkan sampai memakannya karena takut mengancam atau mengganggu anak-anaknya yang lain. Maka dari itu usahakan ketika menemukan anak kucing atau anak kucing dari kucing peliharaan kamu untuk tidak menyentuh-menyentuhnya.

Itulah beberapa alasan kenapa induk kucing memakan anaknya yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, agar kamu bisa mencegah hal itu terjadi jika kamu pada kucing kamu yang sedang hamil dan akan segera melahirkan. Takutnya mengalami kejadian yang sama seperti kucing lainnya yang pernah memakan anaknya.

Usahakan untuk memantau kucing kamu ketika sudah melahirkan anaknya, perhatikan gerak geriknya siapa tau ada pergerakkan yang menunjukkan akan memakan anaknya. Supaya lebih aman kamu bisa memisahkan anak-anaknya dari si induk jika induk kucing tidak ingin menyusui anaknya. Good Luck semoga membantu.