Monday, 17 Jun 2024

10 Keuntungan Memelihara Burung Hantu

6 minutes reading
Tuesday, 24 Oct 2023 09:20 0 167 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin untuk sebagian orang yang bertanya-tanya mengenai apa saja sih keuntungan yang bisa didapatkan dari memelihara burung hantu, memang hal ini yang masih belum banyak orang mengetahuinya untuk itu yang ingin tahu dengan keuntungannya bisa simak ulasannya dibawah ini dengan seksama.

Burung menjadi salah satu jenis hewan yang banyak dipelihara dan salah satu jenis burung yaitu burung hantu termasuk ke dalam jenis hewan peliharaan, burung hantu ini yang memiliki banyak jenis atau spesies yang berbeda beda.

Sedangkan untuk suku burung hantu yang dibagi menjadi 2 bagian yaitu burung serak atau burung hantu gudang dan juga burung hantu sejati, burung hantu yang memiliki ciri khasnya sendiri dengan bentuk mata bulat besar yang menghadap ke depan sangat berbeda dengan jenis burung yang lainnya.

Bentuk paruh burung hantu yang bengkok seperti paruh burung elang, pada bagian leher burung hantu yang dapat berputar hingga mencapai 180 derajat menghadap ke belakang, dimana burung hantu ini yang sering dianggap memiliki nilai mistis.

Untuk masyarakat Barat yang menganggap burung hantu ini sebagai hewan kebijaksanaan, tetapi di Indonesia burung hantu ini yang dianggap sebagai pertanda bencana atau maut sehingga akhirnya dinamakan dengan sebutan burung hantu.

Dimana burung hantu yang umumnya memiliki bulu burik, agak kecoklatan atau abu-abu dengan bercak putih atau hitam, dengan tingkahnya yang lebih banyak diam dan biasanya senang mematung ini membuat burung hantu tidak mudah terlihat khususnya pada saat tidur di siang hari di antara rimbunan daun.

Pada artikel kali ini kita akan membahas dengan keuntungan atau manfaat memelihara burung hantu bagi kehidupan manusia, untuk mengetahuinya untuk itu yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Keuntungan Memelihara Burung Hantu

Keuntungan Memelihara Burung Hantu

Burung hantu yang banyak mengaitkannya dengan kejadian horor padahal nyatanya tidak, sebagian orang yang tidak hanya pecinta burung berkicau saja namun ada juga sebagian orang yang memilih untuk memelihara burung hantu karena memiliki keunikan tersendiri.

Dengan memelihara burung hantu dirumah bukan karena suaranya tetapi memiliki burung hantu yang bisa membuat kharisma seseorang yang menjadi meningkat, untuk definisi terbaik pastinya merupakan pandangan dari perspektif masing-masing.

Banyak yang menganggap burung hantu yang satu ini menjadi sosok yang menakutkan karena sering dikaitkan dengan hal-hal yang mistis, namun untuk pencintanya burung hantu ini yang bisa menjadi burung terbaik yang dipelihara.

Lalu apa saja manfaat atau keuntungan memelihara burung hantu yang bisa kamu ketahui dan rasakan yaitu sebagai berikut:

Mengenalkan Hewan pada Anak-anak

Untuk keuntungan memelihara burung hantu lainnya yaitu pemilik burung hantu yang memiliki anak yang dimana jenis burung hantu ini bisa menjadi saran agar anak-anak menjadi semakin lebih mengenali banyak hewan sekaligus belajar cara merawat dan mencintai lingkungan.

Mereka yang akan lebih peduli dan juga akan lebih merasa bertanggung jawab yang sangat tinggi dengan ikut membantu dalam proses merawat burung hantu tersebut, hal ini tentu saja akan membuat anak-anak senang sekaligus mendapatkan pengetahuan mengenai burung hantu dan cara merawatnya dengan baik dan benar.

Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Burung hantu yang dijadikan sebagai peliharaan yang memiliki berbagai macam warna dan bentuk sangat cantik, dengan menatap burung tersebut yang ternyata bisa memberikan keuntungan yaitu bisa menjaga kesehatan mata.

Dengan melihat gerak dan tingkah laku burung ini yang secara otomatis mata kita juga dilatih untuk bergerak mengikuti pergerakan burung tersebut sehingga secara tidak langsung sama seperti melakukan senam mata, kebiasaan ini tentu saja merupakan hal yang baik untuk melatih otot-otot mata agar selalu bergerak dan juga menjaga kesehatan mata.

Membantu Meningkatkan Rasa Kasih Sayang

Dengan memelihara burung hantu yang bisa memberikan manfaat atau keuntungan bisa meningkatkan rasa kasih sayang pada lingkungan, hewan dan juga pada sesama manusia, pemelihara burung hantu yang diharuskan memberikan rasa kasih sayang pada burung hantu agar bisa lebih cepat jinak.

Bentuk kasih sayang yang dapat diberikan pada burung hantu ini seperti dengan menyentuh dan mengelus kepalanya, dengan memberikan kasih sayang pada burung hantu yang secara tidak langsung ini juga yang akan melatih pemiliknya menjadi lebih mencintai sesama mereka dengan lebih baik.

Sebagai Sahabat

Dimana untuk keuntungan memelihara burung hantu lainnya yaitu bisa dijadikan sebagai sahabat atau teman mengobrol untuk pemiliknya, walaupun burung hantu ini yang tidak seperti burung kicau yang lainnya yang mudah untuk dipelihara.

Tetapi memelihara dan juga berinteraksi dengan burung hantu yang bisa dijadikan sebagai teman atau sahabat, dan juga sumber energi tersendiri khususnya jika burung hantu yang dipelihara yang sudah jinak dan juga lulut pada pemiliknya.

Dapat Membasmi Tikus

Selain kucing ternyata dengan memelihara burung hantu yang bisa memberikan keuntungan untuk membantu membasmi atau mengusir tikus, burung hantu yang termasuk jenis burung nokturnal atau hewan beraktivitas di malam hari dengan penglihatan burung hantu yang semakin tajam di malam hari.

Sehingga burung hantu ini yang dapat melihat mangsanya dari jarak jauh salah satunya tikus dan ini yang sangat membantu upaya menjadikan jenis burung sebagai pengendali hama tikus di area perkebunan maupun di rumah, biasanya burung hantu lebih banyak digunakan di perkebunan kelapa sawit yang sangat efektif menurunkan hama tikus.

Penjelmaan Orang yang Sudah Meninggal

Dimana manfaat atau keuntungan memelihara burung hantu bagi sebagian penduduk suku Aborigin di negara Australia yang meyakini jika burung hantu ini merupakan burung yang suci sehingga dipercaya jika burung hantu ini sebagai jelmaan dari roh-roh yang telah meninggal.

Jenis Beragam dan Mudah Perawatannya

Dalam memelihara burung hantu ini yang tidak membutuhkan perawatan yang terlalu merepotkan, hanya saja membutuhkan perawatan yang lebih sedikit yaitu hanya cukup dengan memandikan, memberikan pakan atau di jemur di bawah sinar matahari pagi hari.

Bahkan selain itu juga jenis burung hantu yang beragam dimulai dari warna, ukuran dan klasifikasi burung hantu tersebut, sehingga kamu bisa mencocokan harga dan juga jenis burung hantu yang paling tepat dan sesuai untuk dipelihara, sedangkan untuk tempatnya yang tidak membutuhkan ruang khusus hanya cukup dengan merantai salah satu kakinya dengan bahan khusus untuk burung yang tidak menyakitkan dan letakkan dimana saja.

Membantu Meningkatkan Keterampilan Motorik

Menurut sebuah penelitian yang menyatakan dengan memberi pakan burung peliharaan seperti burung hantu yang akan memberikan dampak positif untuk pemelihara, pada saat memberikan pakan burung ini yang sama artinya dengan membantu melatih kemampuan motorik khususnya untuk orang lanjut usia.

Sehingga jari-jari mereka yang kaku dapat terlatih kembali, bahkan selain itu dengan kehadiran burung hantu yang dapat membantu menghilangkan rasa kesepian, menjadi sahabat, memberikan hiburan yang lucu dan menarik sekaligus terapi kesehatan dan mengambil manfaat dengan mempelajari anatomi burung hantu tersebut.

Menjadi Pertanda Kejadian Buruk

Untuk masyarakat dulu banyak orang yang beranggapan bahwa burung hantu terbang di sekitar rumah yang menjadi pertanda jika sesuatu yang buruk seperti kematian yang akan terjadi dalam sebuah keluarga, namun untuk hal ini yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya sehingga banyak yang beranggapan jika hal itu adalah mitos belaka.

Memiliki Nilai Ekonomis

Terdapat banyak sekali alasan tentang kegemaran seseorang dalam memelihara burung khususnya burung hantu, untuk sebagian orang yang beranggapan jika memelihara burung menjadi sebuah hobi yang menyenangkan, tetapi untuk sebagian lagi ada yang mengharapkan keuntungan material dalam memelihara burung hantu tersebut.

Bahkan mereka yang menjadi breeder dan juga menjadikan pekerjaan tersebut sebagai pekerjaan utama dapat memberikan keuntungan tidak sedikit mengingat harga burung hantu yang memiliki harga lumayan mahal untuk beberapa jenis burung hantu tertentu.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat atau keuntungan memelihara burung hantu yang bisa kamu dapatkan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.