Wednesday, 17 Jul 2024

10 Makanan Anak Kucing Kecil Baru Lahir Tanpa Induk

7 minutes reading
Sunday, 20 Aug 2023 01:42 0 87 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apa saja makanan anak kucing kecil baru lahir tanpa induk? Agar tetap bisa mendapatkan asupan nutrisi untuknya. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait makanan apa yang cocok untuk anak kucing.

Sudah menjadi suatu hal yang umum terjadi, ketika induk kucing menelantarkan anak yang baru saja dilahirkan olehnya dan tidak mendapatkan asupan ASI sama sekali untuk anak-anak atau bayi kucing tersebut. Sehingga banyak sekali anak kucing yang baru lahir mati begitu saja.

Namun ada juga kasus dimana induknya tidak mau memberikan ASI atau menyusui anaknya, entah dengan suatu alasan yang mungkin membuat induknya tidak ingin menyusui. Sehingga bayi atau anak kucing tersebut tidak memperoleh nutrisi dari ASI dan tidak bisa tumbuh baik.

Lalu kalau begitu makanan apa yang cocok atau boleh diberikan kepada anak kucing yang baru lahir tanpa induk? Nah, disini akan memberikan beberapa rekomendasi atau saran tentang makanan untuk anak kucing. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Makanan Anak Kucing Kecil Baru Lahir Tanpa Induk

Makanan Anak Kucing Kecil Baru Lahir Tanpa Induk

Seperti yang kamu ketahui, bahwasannya anak kucing yang baru lahir tanpa induk ini pastinya akan sulit mendapatkan asupan ASI. Sedangkan anak kucing mulai dari usia 0-4 minggu perlu sekali asupan ASI secara eksklusif, artinya hanya boleh diberikan ASI dengan makanan lain.

Namun, beda cerita kalau memang anak kucing ini kamu temukan tanpa induk dan tidak mendapatkan asupan nutrisi, sehingga mereka bisa saja mati kelaparan dan kehausan. Dengan begitu kamu bisa memberikan mereka susu formula untuk ASI alternatifnya sebab tanpa induk.

Merawat anak kucing tidaklah mudah, memberikan makannya pun harus sesuai dengan seiring beranjak atau bertambahnya usia mereka. Hal itu agar si kucing mendapatkan kebutuhan  nutrisi dan gizi yang sesuai serta bisa tumbuh dan berkembang dengan baik sampai dewasa.

Banyak sekali produk susu dan makanan yang bisa kamu beli untuk si kucing yang masih kecil sesuai dengan kebutuhan yang anak kucing kamu perlukan. Pastinya akan cukup sulit mencari makanan yang sesuai atau yang cocok dengan usia kucing yang masih kecil baru lahir ini.

Tapi, jangan khawatir kamu bisa mencari makanan dan susu sesuaikan dengan usia si kucing untuk memenuhi asupannya yang tidak mereka dapatkan dari induknya. Dengan begitu mereka bisa tumbuh dengan optimal, berikut ada beberapa rekomendasi makanannya:

Susu Formula Yang Tepat

Sumber makanan dan minuman utama untuk kucing yang masih bayi atau baru lahir adalah ASI. Namun karena ini tanpa induk jadi tidak bisa memberikan ASI, kamu bisa berikan produk susu formula yang tepat dan berikan kepadanya mulai dari usia 0-4 minggu lamanya.

Di usia 0-4 minggu ini kamu perlu atau cukup dengan hanya memberikan mereka susu formula saja untuk asupan makanan dan minumannya. Karena mereka juga belum mampu mengunyah makanan dan mencernanya dengan baik. Nah, berikut ada beberapa produk susu formulanya:

  1. Ameri Pro Cat merupakan susu formula yang diformulasikan untuk kucing yang baru lahir atau anak kucing sampai berusia 1-3 bulan. Susu Ameri Pro Cat juga dapat kamu berikan sebagai susu pengganti jika memang tidak memiliki induk atau tidak mendapatkan ASI dari induknya. Kaya akan kalsium dan membantu recovery si kucing serta dilengkapi dengan protein dan lemak baik untuk pertumbuhan anak kucing kamu.
  2. Top Milk Cat merupakan susu formula yang diformulasikan untuk kucing yang baru lahir atau anak kucing dan termasuk susu pengganti jika si kucing tidak memiliki induk atau tidak mendapatkan ASI dari induknya. Top milknini diperkaya akan nutrisi yang seimbang seperti DHA, EPA, dan kolostrum yang baik untuk pertumbuhan anak kucing serta rendah akan laktosa jadi aman sekali untuk pencernaan anak kucing yang masih sensitif. Selain itu dapat membantu meningkatkan imun tubuh dan kesehatan intelektual.
  3. WI Milk merupakan susu formula yang diformulasikan untuk kucing yang baru lahir atau anak kucing dan termasuk susu pengganti jika si kucing tidak memiliki induk atau tidak mendapatkan ASI dari induknya. Diperkaya akan nutrisi dan vitamin A, D3, dan E yang bagus untuk pertumbuhannya serta dilengkapi dengan kalsium dan free lactose jadi aman untuk pencernaannya yang masih sensitif.
  4. Royal Canin Babycat Milk merupakan susu formula yang diformulasikan untuk kucing yang baru lahir atau anak kucing dan termasuk susu pengganti jika si kucing tidak memiliki induk atau tidak mendapatkan ASI dari induknya. Memberikan nutrisi eksklusif diperkaya akan DHA, FOS, protein yang bagus untuk pertumbuhan anak kucing dan aman untuk pencernaan si anak kucing yang masih sensitif.
  5. Champion Breed Premium Milk Replace merupakan susu formula yang diformulasikan untuk kucing yang baru lahir atau anak kucing dan termasuk susu pengganti jika si kucing tidak memiliki induk atau tidak mendapatkan ASI dari induknya. Memberikan nutrisi penting dan terbuat dari bahan-bahan alami pilihan serta diproses dengan teknologi tinggi sehingga menghasilkan susu berkualitas premium. Dilengkapi dengan Protein, vitamin E, B12, kalsium yang bagus untuk pertumbuhan anak kucing dengan optimal.

Produk Makanan Wet Food dan Dry Food

Nah, untuk makanan selain susu seperti wet food atau dry food, bisa kamu berikan kepada anak kucing yang sudah menginjak usia 5 minggu keatas sebagai bentuk pelatihan juga ketika mereka sudah mulai bisa mengunyah agar semakin terlatih dan terbiasa memakan makanan lain selain susu.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan memberikan produk makanan yang diformulasikan atau dikhususkan untuk anak kucing yang masih kecil dan mudah untuk dicerna serta memiliki tekstur yang mudah dikunyah oleh anak kucing dengan baik. Berikut ada beberapa produk wet food dan dry food, diantaranya:

  1. RC Mother and Babycat Wet Food Kaleng adalah makanan kucing yang diformulasikan untuk induk yang sedang hamil, menyusui, serta anak kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizinya. Memiliki tekstur yang lembut agar mempermudah proses mengunyah dan secara efektif mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. Dilengkapi dengan kandungan antioksidan, termasuk vitamin E yang dapat membantu menjaga imun tubuh anak kucing dengan baik.
  2. Vigor and Sage Wolfberry Wellbeing Kitten adalah makanan kucing yang diformulasikan untuk memenuhi nutrisi dan gizi anak kucing dengan maksimal. Dengan tambahan goji berry, seaweed, yang bagus untuk kesehatan dan pertumbuhan anak kucing serta diperkaya akan kandungan antioksidan termasuk vitamin C, A, E, D3, dan protein yang membantu meningkatkan energi si kucing dan meningkatkan imun tubuh si kucing.
  3. Bolt Kitten adalah makanan kucing yang diformulasikan untuk memenuhi nutrisi dan gizi anak kucing dengan maksimal. Menggunakan bahan pilihan yang mengandung antioksidan, taurine, vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan anak kucing serta membantu mempertajam penglihatannya, menjaga kesehatan bulu dan kulitnya, meningkatkan imunitas tubuhnya, dan mengurangi resiko FLUT.
  4. Whiskas Junior adalah makanan kucing yang diformulasikan untuk memenuhi nutrisi dan gizi anak kucing dengan maksimal. Menggunakan bahan utama ikan laut segar pilihan seperti tuna, salmon, mackerel dan daging lokal pilihan. Dilengkapi dengan 41 nutrisi, kolostrum yang memberikan nutrisi penting yang terdapat pada ASI, DHA serta omega 6 dan zinc untuk kesehatan bulunya.
  5. Felibite Mother and Kitten adalah makanan kucing yang diformulasikan untuk memenuhi nutrisi dan gizi anak kucing dengan maksimal. Dengan nutrisi lengkap omega 3 dan 6, vitamin, mineral, serta ekstrak yucca yang membantu mengurangi bau pesing dan bau feses si kucing. Selain itu membantu memperkuat gigi dan tulang si kucing, meningkatkan fungsi pencernaan, serta meningkatkan sistem imun tubuh si kucing.

Itulah beberapa rekomendasi makanan anak kucing kecil baru lahir tanpa induk yang perlu kamu ketahui, agar bisa merawat dan memberikan makanan yang tepat untuk si anak kucing supaya cepat tumbuh dan berkembang dengan baik serta sehat walaupun tanpa induk.

Pastikan untuk memberikan makanan yang sesuai dengan usia pertumbuhannya, agar tidak salah dalam memberinya makan. Jangan berikan makanan yang sulit dicerna untuk anak kucing yang masih kecil, karena pencernaannya masih sensitif. Good Luck semoga membantu.