Monday, 17 Jun 2024

Rekomendasi Makanan Untuk Kucing Susah BAB

6 minutes reading
Saturday, 19 Aug 2023 19:07 0 215 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apa saja makanan untuk kucing susah BAB? Agar kamu tidak salah dalam memberinya makanan yang akan membuatnya makin susah BAB. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu makanan apa yang cocok untuk kucing yang susah BAB.

Selain bisa mengalami mencret-mencret, ternyata kucing juga bisa mengalami permasalahan sembelit atau susah BAB dengan lancar. Hal itu memang sudah cukup sering terjadi kepada kucing-kucing peliharaan maupun kucing domestik atau kucing liar, karena suatu hal tertentu.

Banyak sekali penyebab si kucing bisa mengalami sembelit atau susah BAB, yang mungkin jarang kamu ketahui dan ternyata hal itu atau kebiasaan itu menjadi salah satu penyebabnya yang membuat si kucing susah BAB, yang tidak sengaja sering kamu lakukan kepada si kucing.

Lalu kalau begitu makanan apa yang boleh kamu berikan ketika si kucing sedang susah BAB? Nah, disini akan memberikan beberapa saran atau rekomendasi makanan yang boleh kamu kasih ketika kucing kamu sedang sembelit. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini!

Makanan Untuk Kucing Susah BAB

Makanan Untuk Kucing Susah BAB

Sebelum itu perlu untuk kamu kenali terlebih dahulu mengenai penyebab kucing susah BAB, dan bagaimana cara mengatasinya dengan baik agar mempermudah kamu dalam memilih makanan yang baik juga untuk si kucing mengalami susah BAB atau sembelit.

Kucing yang mengalami susah BAB ini bisa disebabkan karena adanya gangguan atau masalah pada usus si kucing seperti radang usus, sehingga membuatnya kesulitan untuk BAB. Selain itu bisa juga disebabkan karena faktor mental si kucing yang sedang stres berat dan kecemasan.

Adapun masalah penyakit ginjal yang membuat si kucing tidak mau minum, sehingga membuat si kucing dehidrasi serta kekurangan cairan di tubuhnya dan menyebabkan kucing susah BAB. Kamu bisa mengatasinya sendiri di rumah dengan memberikan obat sembelit untuk si kucing.

Hanya saja berlaku jika memang kucing kamu mengalami konstipasi atau sembelit ringan dengan memberikan obat sembelit seperti Lacto-B Probiotik, Fur You Sirup, Hairball anti sembelit dan Ambivert. Obat tersebut merupakan obat anti sembelit khusus untuk kucing.

Kalau kucing kamu mengalami hal tersebut atau susah BAB, pastikan untuk memberikan makanan yang sesuai atau makanan yang tidak akan membuat si kucing semakin susah untuk BAB. Berikut ada beberapa makanan yang bagus untuk memulihkan kucing dari susah BAB:

Beri Asupan Mineral

Selain makanan, kucing juga pastinya memerlukan air minum agar makanan mudah tercerna dengan baik. Salah satu penyebab kucing susah BAB juga karena kucing kekurangan asupan cairan, sehingga membuat feses yang bertumpuk di saluran pembuangan mengeras.

Kalau sudah seperti itu akan sangat sulit untuk dikeluarkan dan terjadilah sembelit. Maka dari itu perlu sekali untuk memberikan asupan mineral yang cukup untuknya, agar BAB lancar dan air mineral juga dapat membersihkan tubuh si kucing dari segala racun atau proses mendetox.

Sediakan minum di samping makanannya serta gunakanlah air mineral yang biasa kamu minum atau air yang sudah diproses agar lebih aman, jangan memberikan air keran karena air keran bisa saja ada bakteri dan tidak bersih sehingga dapat membuat kucing sakit perut.

Wet Food

Makanan yang cukup membantu kucing kamu ketika kesusahan BAB adalah wet food. Dibandingkan dengan dry food, wet food lebih membantu melancarkan BAB saat si kucing mengalami sembelit atau kesulitan BAB karena wet food mengandung banyak air tidak kering.

Selain itu wet food juga lebih mudah dicerna, dengan tekstur makanannya yang halus dan lembut serta terdapat air atau kuah karena sudah jelas wet food sendiri merupakan makanan basah untuk si kucing, jadi tidak heran akan terasa basah dan berair kebalikan dari dry food.

Usahakan untuk memberikan produk makanan wet food dari merek apa saja yang sekiranya cocok untuk si kucing, lalu pastikan memberinya dalam porsi yang cukup atau setengah porsi dari biasanya saja dengan rutin sampai si kucing bisa BAB dengan lancar kembali.

Produk Makanan Khusus

Selain wet food, ternyata ada juga makanan yang memang diformulasikan untuk kucing yang memiliki gangguan pencernaan seperti sembelit, mencret, diare dan permasalahan pencernaan lainnya. Hal ini mempermudah kamu mencari makanan yang tepat untuk si kucing yang sembelit atau susah BAB.

Biasanya makanan seperti ini dibuat khusus dengan bahan-bahan pilihan yang dapat memperbaiki sistem pencernaannya yang terganggu, sehingga membuat si kucing bisa pulih kembali dan sekaligus ternutrisi dengan baik karena tidak hanya mengobati saja tapi dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi untuk si kucing yang sedang sakit.

Berikut ada beberapa produk makanan yang bisa membantu kucing kamu dalam masalah susah BAB, diantaranya adalah:

  1. Royal Canin Gastrointestinal Fibre Response merupakan produk makanan kucing yang diformulasikan dengan dilengkapi kandungan probiotik dan serat yang mampu memperbaiki struktur feses dari keras dan kering menjadi bentuk yang normal. Sehingga dapat membantu melancarkan BAB dengan efektif.
  2. Royal Canin Digestive Care merupakan produk makanan kucing yang diformulasikan untuk menjaga dan memperbaiki pencernaan si kucing agar tetap sehat serta produk makanan ini dapat menunjukan hasil pembentukan feses yang baik dan padat dalam waktu 10 hari, sehingga dapat membantu feses si kucing yang kering dan mengeras untuk bisa BAB dengan lancar kembali.
  3. Happy Cat Vet Intestinal merupakan produk makanan kucing yang diformulasikan untuk kucing yang mengalami gangguan pencernaan akut maupun kronis serta membantu pertumbuhan bakteri normal usus dan menstabilkan konsistensi feses kucing. Dengan begitu feses si kucing yang kering dan susah sekali dikeluarkan akan dengan mudah diperbaiki sehingga membuat kucing lancar BAB seperti biasanya.

Berikan Cairan Atau Enema

Selain makanan dan minuman, penting sekali untuk membantu kucing yang susah BAB ini dengan memberikan cairan atau enema. Enema ini berupaya untuk merangsang mekanisme peristaltik kolon sehingga merangsang untuk bisa BAB dengan lancar.

Untuk memberikan cairan atau enema ini perlu diatasi langsung oleh dokter hewan dan tidak boleh dilakukan sendiri di rumah, karena takutnya kamu salah dalam pemberian enema untuk kucing. Soalnya ada beberapa jenis enema yang dirancang untuk manusia dan ternyata itu sangat beracun untuk kucing.

Jadi usahakan untuk konsultasi ke dokter hewan terlebih dahulu untuk memastikan dan mendapatkan resep obatnya dari dokter serta ditangani langsung oleh ahlinya supaya lebih aman. Dengan begitu kucing kamu bisa BAB dengan lancar kembali.

Itulah beberapa makanan untuk kucing susah BAB yang perlu kamu ketahui, agar si kucing bisa BAB dengan lancar kembali. Pastikan untuk selalu rutin memberikan makanan khusus untuk si kucing sampai bisa BAB lagi dengan baik dan lancar sampai kucing kamu benar-benar pulih.

Perlu diperhatikan untuk tidak terlalu sering memberikan dry food pada kucing yang sedang susah BAB, karena hal itu akan semakin membuat si kucing susah untuk BAB atau fesesnya semakin menggumpal dan kering sehingga susah dikeluarkan. Good Luck semoga membantu.