Thursday, 18 Jul 2024

Apakah Boleh Makanan Kering Kucing Dicampur Air?

5 minutes reading
Friday, 28 Jul 2023 21:43 0 1568 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Emang makanan kering kucing diampur air bisa? Apa saja sih manfaat atau kegunaannya. Penasaran? Langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu pengen tau tentang biar apa aja sih makanan kering atau dry food yang dicampur air untuk si kucing.

Ada saja akal dan idenya untuk memvariasikan makanan si kucing dengan cara mencampurkan air ke dalamnya. Entah apa tujuan serta maksud dari ngelakuin hal itu, masih belum diketahui dengan jelas. Kamu sebagai catlovers pernah juga kah mencampurkan air ke dry food si kucing?

Untuk kamu yang memang belum pernah atau bahkan pernah, tapi gak tau apa kegunaannya dan khasiatnya. Lebih baik mencari tahu terlebih dahulu supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi atau dapat mengakibatkan permasalahan kesehatan kucing kamu nantinya.

Nah, disini akan menjelaskan secara menyeluruh terkait makanan kering atau dry food yang dicampurkan dengan air guna untuk memberi makan si kucing. Jadi simaklah beberapa penjelasannya seputar makanan kering yang dicampur air ini untuk si kucing.

Apakah Boleh Makanan Kering Kucing Dicampur Air?

Sebelum itu, bolehkah makanan kering kucing dicampur air? Sebenarnya boleh-boleh saja jika dry food ini dicampur air, asalkan harus dengan perbandingan yang seimbang antara dry food dan air yang kamu tuangkan, dengan takaran yang pas dan tidak berlebihan.

Jadi gak ada salahnya kok dilakukan selama kucing kamu juga suka dan baik buat kesehatannya. Tapi sebenarnya ada cara yang lebih efektif dibandingkan dengan cara kamu mencampurkan air ke dry food si kucing, yaitu dengan memberinya wet food.

Wet food adalah makanan basah untuk si kucing. Jika kucing kamu memang sedang pengen makan makanan basah, tinggal berikan saja wet food yang enak buat si kucing. Banyak produk wet food yang bisa kamu temukan dan beli dimana saja, seperti pet shop atau olshop.

Bahan utama dalam pembuatan wet food ini menggunakan ikan laut segar, seperti tuna, salmon, mackerel, udang, dan ikan laut lainnya. Tapi selama kamu memang ingin mencari cara alternatifnya dengan mencampurkan air ke dry food juga gak masalah, bisa kamu coba.

Selain hemat dan irit pengeluaran, bisa saja hal itu memang dapat membantu kucing kamu untuk makan. Namun, kamu juga harus tau dulu nih apa saja manfaatnya dan efek atau dampak negatif dari makanan yang dicampur air, diantaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat Dicampur Air

Ada beberapa manfaat yang cukup membantu kucing kamu saat tidak mau atau bisa memakan makanannya dengan baik adalah dengan cara mencampurkan air ke dalam makanan keringnya. Seperti kucing yang sedang sakit dan tidak punya cukup tenaga untuk mengunyah makanan keringnya dengan baik, lalu dengan begitu kamu bisa mencampurkan sedikit air ke dalamnya.

Atau kamu juga bisa meneteskan air ke makanan keringnya sedikit-sedikit agar teksturnya lebih empuk dan mudah untuk kucing kamu makan, sehingga mempermudah memakannya. Atau bisa juga kamu lakukan untuk anak kucing yang sudah mulai bisa mengunyah, nah kamu bisa mencoba untuk memberinya sedikit air ke dry food agar lebih mudah tidak terlalu keras.

Gunakan air mineral, jangan menggunakan air keran ya! Karena kalau pakai air keran yang belum diproses sama sekali, bisa saja ada banyak bakteri di dalamnya yang dapat merusak cita rasa makanannya serta kandungan baik di dalam dry food tersebut. Selain itu menggunakan air mineral akan jauh lebih aman serta memberikan asupan mineral yang bagus untuk si kucing.

Dampak Negatif

Tidak semua kucing bisa menerima atau cocok dengan cara yang kamu lakukan seperti mencampurkan air ke dalam makanan si kucing. Bahkan sebenarnya makanan kucing itu tidak bisa seenaknya kamu campur-campurkan dengan berbagai jenis kandungan lain atau bahan yang memang tidak begitu diperlukan untuk dicampur dengan makanan kucingnya.

Hal itu bisa menyebabkan makanan kering nya menjadi tidak sedap, cit rasanya hilang, menjadi lembek dan hambar. Membuat si kucing gak mau untuk memakannya lagi serta nafsu makannya menjadi hilang. Bahkan jika kamu menggunakan air yang tidak bersih atau bukan air mineral, bisa-bisa kucing kamu jadi sakit perut dan mengalami masalah pencernaan.

Apalagi untuk kucing yang memang sensitif banget soal masalah pencernaannya. Dapat mengakibatkan kucing kamu diare dan mencret, lho! Bahkan resiko terburuknya adalah kucing kamu mengalami kerusakan dalam sistem pencernaannya. Bisa berakibat fatal, hingga kucing kamu menjadi sakit dan harus dirawat. Bukannya membantu tapi malah menambah masalah.

Maka dari itu berhati-hatilah dalam memberinya makan, jangan asal mencampurkan makanan keringnya dengan bahan lain. Walau memang ada kalanya hal itu bisa membantu, tapi tidak menjamin atau dianjurkan untuk melakukan dan memberinya setiap hari untuk si kucing. Lebih baik kamu konsultasi dulu ke dokter hewan agar lebih jelas dan mengurangi resiko.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan kering kucing dicampur air yang perlu kamu ketahui supaya tidak salah dalam memberinya makan sembarangan. Jika memang kucing kamu tidak mau makan atau tidak bisa makan lebih baik mencari produk makanan yang lain.

Jika kucing kamu mengalami masalah yang serius saat diberi dry food yang dicampur air, hentikanlah memberinya makan. Bawa ke dokter hewan untuk konsultasi lebih lanjut lagi agar si kucing tidak sakit, takutnya kucing kamu mendapatkan masalah pencernaan. Goodluck!