Thursday, 20 Jun 2024

10 Makanan Khas Jawa Barat dan Daerah Asalnya

6 minutes reading
Thursday, 10 Nov 2022 19:07 0 381 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Jawa Barat yang merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan mempunyai keragaman nilai, budaya dan juga tradisi, dan provinsi Jawa Barat ini yang menjadi kota tujuan pariwisata di Indonesia dan selain itu juga terdapat beberapa makanan khas Jawa Barat dan daerah asalnya yang mungkin bisa kamu ketahui.

Provinsi Jawa Barat ini yang memang memiliki alam yang indah dengan berbagai tempat belanja dan juga aneka kulinernya yang mempunyai daya pikat yang tersendiri, untuk keanekaragaman makanan khas Jawa Barat ini yang tidak terlepas dengan dinamis masyarakat Sunda yang mendominasi pada wilayah tersebut.

Dimana berbagai olahan kuliner yang terdapat di Jawa Barat ini yang mempunyai ciri yang khas dengan rasa yang asam, manis, pedas, gurih dan juga asin, bahkan sudah banyak makanan khas Jawa Barat yang menjadi ikon wisata dan juga menonjolkan akan citra Jawa Barat.

Untuk kamu yang penasaran apa saja makanan khas Jawa Barat dan daerah asalnya yang mungkin pada saat berlibur ke Jawa Barat, maka dengan begitu kamu bisa dengan simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya.

Makanan Khas Jawa Barat dan Daerah Asalnya

Dimana terdapat banyak sekali makanan yang nikmat berasal dari Jawa Barat, makanan khas tersebut yang telah tersebar di berbagai daerah yang ada di Jawa Barat dan tentunya pada masing-masing daerah yang mempunyai keunggulannya yang tersendiri.

Di bawah ini ada beberapa daftar makanan khas Jawa Barat dan daerah asalnya yang wajib kamu coba pada saat berkunjung ke Jawa Barat diantaranya sebagai berikut.

Karedok

Karedok ini yang asal usul namanya berasal dari sebuah perkampungan yang bernama Desa Karedok yang terletak di seberang Sungai Cimanuk yang berada di wilayah Sumedang Larang, dan makanan karedok ini yang merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat dikonsumsi dalam keadaan masih segar.

Dimana karedok ini yang disajikan tanpa melalui pemasakan dan hal ini yang mempunyai kandungan gizi dan juga serat yang padat, makanan ini yang terdiri dari sayuran segar seperti tauge, kol, kacang panjang, mentimun, dan juga daun kemangi dan akan dilumuri dengan saus kacang pedang.

Mochi

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu makanan khas Jawa Barat yaitu mochi, dimana mochi ini yang merupakan salah satu makanan khas Sukabumi yang memiliki tekstur kenyal dan lembut serta mochi ini selain menjadi cemilan favorit masyarakat setempat saja tetapi para wisatawan juga.

Selain memiliki tekstur yang lembut dan juga kenyal mochi juga tersedia dalam tampilan yang warna-warni sehingga membuat mochi menjadi terlihat menarik untuk soal rasanya yang manis dengan tersedia beberapa varian diantaranya rasa original, kacang hijau, blueberry, kacang durian dan masih banyak lagi yang lainnya.

Rujak Cuka

Makanan khas Jawa Barat selanjutnya dari Bandung yaitu ada rujak cuka yang dibuat dengan bahan utamanya ada mangga dan juga nanas yang masih mentah serta dilengkapi juga dengan sayuran seperti bengkuang, kol, tauge dan juga mentimun.

Pembuatan rujak cuka ini yang dimana bahan-bahannya yang diparut terlebih dahulu sebelum dilumuri atau dipadukan dengan saus asam, dan rujak cuka ini yang mendominasi asam yang sangat menyegarkan karena saus rujaknya yang terbuat dari cuka, cabai dan juga gula aren.

Batagor

Batagor merupakan salah satu makanan atau jajanan khas Jawa Barat yang berasal dari Bandung yang sekarang ini sudah terkenal hampir di seluruh wilayah Indonesia, makanan batagor ini yang terdiri dari bakso, pangsit ikan goreng yang disajikan dengan menggunakan saus pasta tradisional.

Batagor ini yang menjadi salah satu camilan yang praktis dengan penyajian yang ringkas dengan menawarkan varian yaitu di goreng dan batagor kuah, untuk batagor goreng yang dimana pangsit dipotong menjadi kecil kemudian dilumuri dengan saus kacang, cabai, kecap dan juga perasan air jeruk nipis, sedangkan yang enak disajikan dalam kaldu bening yang berasal dari rebusan kaldu ayam.

Kupat Tahu

Kupat tahu merupakan makanan khas Jawa Barat yang berasal dari Solo dan kupat tahu ini yang biasa dikenal berasal dari Magelang, makanan ini yang berasal dari ketupat yang sejenis kue bera dan tahu dengan dilumuri oleh bumbu kacang.

Untuk bahan tambahannya yang dilengkapi dengan tahu, kacang tanah, tauge, cabai, bawang putih, gula merah kecap manis dan juga air, untuk kupat tahu yang disajikan dengan saus kacang dan juga kecap mani dan bisa juga dengan menambahkan perasan jeruk nipis dengan ditaburi kerupuk udang agar semakin lezat.

Empal Gentong

Empal Gentong merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang berasal dari daerah Cirebon dimana sup ini yang dimasak di dalam pot terbuat dari tanah liat, untuk bahan-bahannya yang kombinasi dari daging sapi, pala, santan, kunyit, kemiri, bawang merah, bawang putih, jeruk purut, kecap manis, cengkeh dan juga serai.

Empal Gentong juga yang tersedia dalam banyak varian sehingga untuk versi yang lainnya yang akan memiliki isian yang berbeda, untuk pembuatan makanan ini  yang dimana daging direbus hingga empuk dan mulai hancur kemudian dihiasi dengan daun bawang untuk menambah rasa pada empal gentong tersebut.

Cilok

Makanan khas Jawa Barat selanjutnya ada cilok atau aci dicolok yang dimana aci ini merupakan nama lain dari tepung tapioka, cilok ini yang memiliki ukuran yang mungkin berbeda-beda dengan berbahan dasar tepung tapioka ditambah dengan udang kering, bawang putih dan juga daun bawang.

Untuk cilok sendiri pada setiap daerah yang  ternyata berbeda-beda dalam cara penyajiannya dimana untuk cilok Bandung dengan memiliki rasa yang gurih, cilok goang yang berasal dari Tasikmalaya dengan rasa pedas, cilok gajahan dari Yogyakarta dan juga ada cilok dari Ciamis.

Tahu Sumedang

Sesuai dengan namanya tahu Sumedang ini yang merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang berasal dari Sumedang, dimana tahu ini yang memiliki rasa yang khas dipadukan dengan sambal yang bisa disajikan dalam berbagai suasana.

Untuk tahu Sumedang ini yang bisa didapatkan di semua daerah kabupaten Sumedang yang dari toko-toko kelontong atau kios-kios, bahkan kamu juga bisa mendapatkan tahu Sumedang ini dari luar daerah Sumedang juga sehingga mudah ditemukan.

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang merupakan makanan khas Jawa Barat yang berasal dari salah satu desa di Cirebon yaitu Desa Jamblang dan untuk orang asli Cirebon yang biasa nyebut dengan Sega Jamblang, dahulunya nasi jamblang ini yang disajikan untuk para pekerja paksa dalam membangun jalan pos besar dari Anyer sampai Panarukan dan melewati kabupaten Cirebon pada pemerintahan Belanda.

Nasi jamblang ini yang dibungkus dengan menggunakan daun jati yang dilengkapi dengan lauk pauk yang disajikan secara prasmanan diantaranya ada sambal goreng, tahu, tempe, ayam, paru-paru sapi, semur tahu, telur dadar, dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

Nasi Tutug Oncom

Terakhir makanan khas Jawa Barat selanjutnya ada tutug oncom yang berasal dari daerah Tasikmalaya, dimana makanan tutug oncom ini yang terbuat dari nasi yang akan diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar.

Kata tutug dalam bahasa Sunda yang berarti dicampur atau dihaluskan sehingga dengan begitu namanya yang menggambarkan untuk hidangan nasi yang dicampur dengan oncom yang ditumbuk, nasi tutug oncom ini yang dibungkus dengan daun pisang dan dilengkapi dengan berbagai lauk pauk.

Mungkin hanya itu saja beberapa makanan khas Jawa Barat dan daerah asalnya yang mungkin bisa kamu ketahui dan coba pada saat berkunjung ke Jawa Barat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.